LogoDIGINATION LOGO

Ngabuburit Belajar Data untuk Jago di Era Digital

author Oleh DQLab Rabu, 29 Maret 2023 | 10:59 WIB
Share
Share

 

Seiring dengan berkembangnya teknologi di era digital, data dihasilkan dengan jumlah yang sangat besar setiap harinya. Tingginya tingkat penggunaan data yang dihasilkan di setiap waktu, membuat banyak perusahaan membutuhkan lebih banyak seseorang bisa mengolah data.

‘Apakah belajar Data Science sult?’ ‘Biar jago Data pasti lamakan belajarnya?’ pertanyaan tersebut pasti muncul dalam benakmu, namun tak perlu khawatir karena dengan kamu giat belajar setiap harinya tentu akan semakin jago dan bisa menguasai ilmu Data. Dilansir dari DQLab Universitas Multimedia Nusantara, adapun hal produktif di sela-sela kegiatan di bulan Ramadhan ini yang bisa unlock skill baru kamu! Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Mempelajari Materi Dasar

Sebelum memasuki ilmu Data Science lebih jauh, alangkah baiknya kita mempelajari materi/kompetensi dasar terlebih dahulu. Data Science merupakan multidisiplin ilmu yang mempertemukan matematika, statistik, machine learning, pemahaman bisnis, pengenalan bahasa coding (pemrograman) tertentu, dan lainnya. 

Di era digital saat ini tidak perlu bingung dan repot lagi untuk memulai belajar, mengapa demikian? karena sudah tersedia banyaknya kursus online tidak perlu menginstal software di komputer kalian atau menghemat waktu belajar dan banyak materi yang open-source pembelajarannya.

Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis 

Belajar Basic Ms. Excel

Salah satu keterampilan yang mulai wajib kamu miliki di era digital ini adalah Excel. Dalam bentuk sederhananya, Excel membantu menghitung ratusan hingga ribuan angka serta menyimpan data tersebut ke dalam suatu spreadsheet. Di Excel juga memberikan berbagai rumus/formula untuk mengolah data mentah yang belum diolah, setelah itu nantinya akan berubah menjadi format data yang dapat dipahami dan dibaca.

Di Excel, kamu bisa melakukan data cleansing, data manipulation, data clustering, dan masih banyak lagi. Adapun basic rumus yang bisa kamu pelajari seperti LOOKUP, VLOOKUP, Pivot Table, atau filtering.

Bahasa Coding Data Science

Setelah mempelajari dan memahami materi dasar, sudah saatnya kamu untuk mulai belajar coding atau belajar bahasa pemrograman. Bahasa coding ini nantinya akan membantu kamu dalam menangani data-data yang dimiliki dan tidak bisa diolah oleh Excel. Bahasa coding seperti Python, R, atau SQL menjadi bahasa coding yang sering digunakan oleh praktisi data profesional dan sering dijumpai di beberapa kursus online yang tersedia. 

Memiliki skill bahasa coding atau pemrograman menjadi suatu kelebihan yang dapat kamu banggakan, karena di era digital ini sudah banyak perusahaan besar yang membutuhkan seseorang membantu mengolah data menggunakan bahasa pemrograman agar bisa mendapatkan hasil data statistik secara maksimal.

Visualisasi Data & Storytelling

Ketika kamu belajar data, skill atau keterampilan terakhir yang perlu kamu mulai pelajari yaitu menampilkan dan menceritakan hasil analisis yang telah didapatkan. Pada dasarnya, semua lini bisnis akan menggunakan visualisasi data sebagai bentuk pitching atau melaporkan hasil analisis data, dengan memberikan visualisasi data dan melaporkan akan menunjukkan bagaimana analisis merupakan metode yang menguntungkan. 

Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis

Data Science dalam visualisasi data juga membantu melakukan revolusi pada bisnis kamu, karena dalam penerapannya kamu akan mendapatkan sebuah hasil yang tepat dan terhindari dari bias atau insting manusia. Dengan kebutuhan berdasarkan data, akan membantu menyusun strategi yang tepat serta memberikan pengaruh secara signifikan karena dari visualisasi data bisa terlihat progres pada bisnis.

Guna membangun industri melek data, saatnya kamu mempelajari ilmu Data Science di era digital menggunakan metode HERO bersama DQLab! Melalui metode belajar HERO kamu akan mendapatkan kesempatan belajar menggunakan module sesuai real case industry dan langsung mempraktekannya. Yuk mulai bergabung belajar bersama DQLab atau kunjungi laman https://dqlab.id/ .

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB