![](https://assets.digination.id/crop/0x0:0x0/750x500/photo/2024/07/25/3766244017.jpg)
Waspada Malware Mematikan “Cluster Bomb”
Bisnis dan organisasi tampaknya menjadi target utama
Kamis, 25 Juli 2024 | 16:34 WIB
Peran data sudah tidak diragukan lagi bagi pertumbuhan suatu bisnis. Berbagai keputusan bisnis saat ini diputuskan dengan mengandalkan data. Data science menjadi ilmu yang tengah bersinar seiring perkembangan dunia digital. Relevan dengan e-commerce, data science dapat digunakan untuk banyak hal, termasuk memberi rekomendasi produk atau layanan bagi pelanggan.
Terdapat beberapa proses yang dilakukan oleh e-commerce untuk memasarkan produk mereka, sesuai dengan profil serta ketertarikan pelanggan. Saat ini, setiap e-commerce perlu menerapkan data science agar bisnis bisa mengalami peningkatan penjualan.
Peran Data Science di Marketplace
Ada banyak peran data science yang bisa ditemukan, khususnya pada industri e-commerce. Beberapa peran umum yang sering ditemui, yakni sistem rekomendasi, personalisasi pelanggan, dan hasil pencarian serta meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan beberapa peran umum data science tersebut, e-commerce mampu mengalami peningkatan penjualan.
Secara khusus, promosi dan rekomendasi bisa menjadi salah satu cara paling efektif bagi e-commerce untuk meningkatkan penjualan. Mengapa? Saat ini, pelanggan sangat bergantung pada rekomendasi, seperi produk, restoran yang akan dikunjungi, atau layanan yang tersedia.
Baca juga: 3 Contoh Penerapan Data Science Paling Populer
Algoritma yang Digunakan
Proses yang dilakukan e-commerce dengan memanfaatkan data science setidaknya menggunakan dua algoritma, yaitu content based filtering dan collaborative filtering. Content based filtering merupakan algoritma dengan memberi rekomendasi barang yang mirip, sesuai apa yang kamu cari dan inginkan. Sedangkan collaborative filtering dilakukan dengan user yang memiliki ketertarikan serupa.
Teknik content based filtering sering digunakan dalam sistem pemberi rekomendasi, yaitu dirancang untuk mengiklankan atau merekomendasikan sesuatu kepada pengguna berdasarkan akumulasi pengetahuan tentang pengguna.
Berbeda dengan content based filtering, cara kerja teknik collaborative filtering mengarah pada data komunitas dengan mencari kemiripan antar pengguna. Asumsi yang digunakan pada teknik ini adalah preferensi serupa di masa lalu cenderung sama dengan masa depan. Pada dasarnya, kita akan lebih percaya dengan rekomendasi yang diberikan oleh orang yang memiliki preferensi sama dengan kita.
Rekomendasi Barang Sebagai Bentuk Marketing Plan
Setelah mengetahui setidaknya dua algoritma data science yang kerap diimplementasikan dalam e-commerce, rekomendasi barang sebagai bentuk content based filtering dan collaborative filtering juga termasuk dalam marketing plan bisnis. Sebagian besar website atau aplikasi e-commerce memiliki tim data science yang mempertimbangkan data-data pengguna untuk menerapkan sistem rekomendasi e-commerce.
Algoritma data science mempelajari berbagai atribut dan korelasi di antara produk dan mempelajari selera pelanggan untuk memprediksi kebutuhan pelanggan. Hal ini juga termasuk dalam rencana pemasaran karena harus didasarkan dengan kebutuhan pelanggan.
Pemasaran yang baik dan didukung dengan implementasi data science akan mendorong terjadinya peningkatan penjualan bagi e-commerce.
Baca juga: Tips Belajar Data Science Secara Otodidak untuk Pemula
Data science memiliki peran yang sangat besar untuk meningkatkan penjualan berbagai bentuk lini bisnis, termasuk e-commerce. DQLab sebagai pelatihan Data Science berbahasa Indonesia, siap membantu kamu untuk mempelajari data science dan mempersiapkan karir di bidang data.
Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/live-class
Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!
Bisnis dan organisasi tampaknya menjadi target utama
Kamis, 25 Juli 2024 | 16:34 WIBBagaimana AI menjadi kunci inovasi dan mendorong pertumbuhan bisnis di berbagai sektor?
Jumat, 19 Juli 2024 | 16:58 WIBNgobrol Pakai Bahasa Asing Lebih Mudah
Kamis, 18 Juli 2024 | 12:48 WIBBerikut beberapa pilihan shortcutnya yang penting kamu ketahui:
Rabu, 3 Juli 2024 | 11:00 WIBGangguan server di PDN disebabkan oleh ransomware.
Selasa, 25 Juni 2024 | 13:44 WIBBerikut beberapa contoh bagaimana AI digunakan dalam berbagai aspek kehidupan
Jumat, 21 Juni 2024 | 17:57 WIBBagaimana Machine Learning digunakan untuk personalisasi iklan dalam digital marketing?
Kamis, 13 Juni 2024 | 10:41 WIBLensa kontak pintar membutuhkan baterai yang aman dan ringkas
Jumat, 7 Juni 2024 | 11:00 WIBBagaimana personalisasi AI membentuk asistensi digital marketing dan manfaat yang dapat diperoleh dari penerapannya.
Senin, 3 Juni 2024 | 10:08 WIBUntuk menghadirkan lebih banyak keseruan bagi pengguna setiap bulannya, UniPin akan terus menghadirkan berbagai diskon
Senin, 27 Mei 2024 | 21:46 WIBIni dia fakta-fakta armada taksi CNG Bluebird yang selama ini wara-wiri di jalanan Jabodetabek
Sabtu, 25 Mei 2024 | 14:23 WIBData ini mengungkap pengaruh kreator konten digital dan mengidentifikasi apa yang diinginkan oleh masyarakat
Rabu, 22 Mei 2024 | 16:53 WIBMemahami Database Marketing, Yuk!
Selasa, 21 Mei 2024 | 18:04 WIBBerikut ini keunggulan Starlink dibandingkan layanan internet satelit lainnya:
Senin, 13 Mei 2024 | 18:17 WIBPenasaran dengan pekerjaan apa saja yang memiliki prospek cerah di tahun 2031? Yuk simak informasinya
Jumat, 10 Mei 2024 | 17:25 WIB