LogoDIGINATION LOGO

Benefit & Inovasi Industri Game dengan Memanfaatkan AI

author Oleh DQLab Jumat, 24 Februari 2023 | 13:06 WIB
Share
Share

 

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) tengah menjadi pusat perhatian dunia teknologi karena kemunculan ChatGPT dan Bard. Nyatanya, sebelum kedua tren tersebut muncul, AI sudah banyak dimanfaatkan untuk membantu berbagai bentuk lini bisnis. AI memberikan peranan penting dalam inovasi IT masa depan.

Sebagai teknologi yang memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat komputer berpikir dan melakukan pekerjaan layaknya manusia, AI digunakan untuk memudahkan manusia dalam mengakses berbagai hal secara lebih mudah, cepat, dan praktis. Kini, teknologi AI telah ditemukan dalam banyak hal di kehidupan manusia, termasuk pada layanan video game.

Industri Game dan Artificial Intelligence

Permainan video online menunjukkan minat yang signifikan dan mendorong pertumbuhan sektor ekonomi hiburan interaktif. Industri game tersebut melibatkan banyak aktivitas seperti pengembangan, pemasaran, dan penjualan video game online. Banyaknya variasi game tersebut juga mendorong terbukanya peluang pekerjaan di seluruh dunia. Ada beberapa profesi yang sangat dibutuhkan pada industri ini. Beberapa diantaranya adalah Game Developer, Game Designer, Animator, Programmer, Engineer, Consultant hingga YouTuber.

Artificial Intelligence hampir selalu bisa kamu temukan dalam video game online. Banyak sekali penggunaan AI dalam berbagai jenis permainan seperti permainan yang berhubungan dengan komputer, logika, robot, tembakan, strategi, balapan, dan sebagainya. Teknologi AI membuat game bisa berkembang dan berbentuk 3 dimensi layaknya kehidupan nyata. Kehadiran teknologi ini juga membantu membaca teknik permainan user dan menyesuaikannya dengan tingkat level yang berbeda.

Baca juga: Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning

Keuntungan Menggunakan AI

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, AI memegang banyak peranan penting dengan berbagai keuntungan dibaliknya. Bukan hanya membantu pembuatan game dengan bentuk 3 dimensi layaknya kehidupan nyata, AI juga memberikan pengalaman permainan pada user dengan praktis dan cepat. Banyak karakter yang bisa dikembangkan dalam game online dengan bantuan AI seperti yang ada pada game DOTA, GTA, Mobile Legends, dan sebagainya.

Selain itu, AI juga dapat digunakan untuk membuat suatu lingkungan atau objek secara mandiri. Contohnya pada permainan The Sims dan Minecraft. Developer tidak mungkin membuat setiap dunia secara detail dengan jarak yang luas atau bahkan tanpa batas

Penggunaan AI nyatanya juga sangat bermanfaat bagi para developer. Alasannya, pembuatan game dengan teknologi tersebut dapat membantu developer menganalisa seluruh player yang memainkan game tersebut, dan mencari tahu hal apa yang disenangi oleh player, kemudian mengembangkannya berdasarkan data yang telah diperoleh.

Contoh Pemanfaatan AI dalam Industri Game

Banyak sekali contoh pemanfaatan AI dalam industri game. Beberapa diantaranya adalah NPC (Non-Player Characters) dalam game, world generator seperti yang terdapat dalam Minecraft, bahkan Quickdraw dengan analisa AI. Ada juga algoritma minimax sebagai algoritma yang digunakan pada permainan dua player AI atau pada zero sum games, seperti catur. 

Jika kamu pernah memainkan game dengan genre adventure dan puzzle, game tersebut tentu memerlukan sebuah AI (Artificial Intelligence). AI yang digunakan dalam pembangunan Game petualangan tersebut adalah AI dengan algoritma A* (A Star) dengan euclidean distance.

Baca juga: Penerapan Algoritma Artificial Intelligence Pada Game Online

Beberapa contoh diatas hanya sedikit dari banyaknya pemanfaatan AI dalam industri game. Teknologi tersebut tentu tidak dibangun secara mudah, melainkan dengan bantuan skill dan tools dibaliknya.

Kamu bisa mempelajari berbagai pengetahuan seperti algoritma, bahasa pemrograman, dan hal-hal yang berkaitan dengan AI bersama DQLab. Sebagai pelatihan Data Science berbahasa Indonesia, DQLab siap membantu kamu mempersiapkan karir di bidang data juga lho!

Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/live-class

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB