LogoDIGINATION LOGO

Jadi Online Educator, Buka Peluang bagi Para Ibu untuk Mendukung Ekonomi Keluarga

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 13 Januari 2023 | 16:29 WIB
Share
Share

Jutaan wanita Indonesia telah meninggalkan dunia kerja dengan alasan yang beragam dan kompleks. Tetapi, menikah dan memiliki anak adalah dua alasan utama rendahnya partisipasi pekerja wanita di dunia kerja.

Sebuah penelitian pada tahun 2021 membuktikan bahwa melahirkan anak dan kewajiban mengurus rumah tangga menyebabkan wanita memilih untuk meninggalkan dunia kerja setelah mereka menikah.

Padahal, para ibu Indonesia memiliki sejumlah prestasi dalam berbagai bidang, termasuk di bidang teknologi, kewiraswastaan, dan pendidikan. Mereka memiliki banyak keahlian dan pengetahuan untuk membantu pekerja Indonesia lainnya meningkatkan keterampilan (upskill) dan melatih kemampuan (reskill), serta mendapat kebebasan dalam menentukan jalan karir mereka guna meningkatkan kualitas hidup melalui pembelajaran.

Udemy, platform terdepan untuk belajar dan mengajar online, memungkinkan para ibu untuk berbagi pengetahuan dan keahlian mereka, sekaligus mendapatkan penghasilan pasif sambil tetap mengerjakan pekerjaan rumah tangga mereka.

Baca juga : UMKM Wajib Simak! 5 Tips Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

Giri Suhardi, Head of Indonesia Market di Udemy, mengatakan “Berbagi pengetahuan dengan membuat kursus online adalah salah satu cara yang paling populer untuk memperoleh pendapatan pasif, termasuk untuk para ibu Indonesia. Udemy memiliki komunitas yang dinamis dengan lebih dari 74.000 instruktur, termasuk ibu rumah tangga yang dapat memperoleh penghasilan dengan memanfaatkan keterampilan dan pengetahuan mereka yang sudah sangat terasah sambil tetap melakukan pekerjaan rumah tangga dan fokus pada peran sebagai ibu.”

Salahsatu ibu rumah tangga yang sudah membuktikan ia mampu menambah penghasilan lewat Udemy adalah Heni Prasetyorini.

Heni adalah seorang ibu dengan dua anak yang yang memiliki startup di bidang edukasi teknologi yang juga membagikan pengetahuannya dengan membuat kursus di Udemy yang dimulai pada tahun 2021.

Ia memulai perjalanan di Udemy dengan memberikan kursus gratis mengenai coding atau programming untuk anak-anak, dimana para orangtua dan guru juga dapat menggunakan materi pembelajaran tersebut untuk mengajarkan anak-anak dan murid mereka.

Setelah berhasil dengan kursus gratisnya, ia membuat lagi dua kursus berbayar. Kini, Heni telah membantu ratusan pembelajar dalam mempelajari coding dan mengubah kehidupan mereka menjadi lebih kreatif dengan teknologi.

Baca juga : Siap Hadapi Tantangan Ekonomi 2023, Sirclo Paparkan 4 Jurus Jitu Perkuat Strategi Bisnis

Para instruktur yang sukses di Udemy merencanakan kursus online mereka sebelum merekamnya untuk memastikan bahwa kursusnya telah memenuhi ekspektasi para pembelajar dan memungkinkan mereka untuk mempelajari sesuai dengan tujuan dan kebutuhan mereka. 

Untuk menjadi seorang online educator, Heni menyarankan agar para ibu berfokus mempersiapkan materi dan membuat video-video pembelajaran. “Semua proses sudah disiapkan dan didukung dengan baik oleh Udemy”, katanya.

Heni merekomendasikan topik-topik seperti digital parenting, pengembangan ibu rumah tangga, atau coding mom untuk para ibu yang ingin membuat kursus online di Udemy.

Ia sendiri berencana akan membagikan keahliannya dalam membuat toko online atau perhiasan handmade, selain keahliannya pada coding. 

Selain itu, Heni juga menyarankan para ibu untuk bergabung atau melibatkan komunitas jika mereka mengalami kesulitan dalam proses pembuatan kursus online seperti mengoperasikan kamera atau mengedit video. Dengan bergabung pada komunitas, maka para ibu yang ingin mengajar secara online di Udemy ini akan dapat saling membantu dalam menyelesaikan video pembelajaran.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB