LogoDIGINATION LOGO

Microsoft Power BI, Solusi Analisa Bisnis Lebih Interaktif

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 25 November 2022 | 13:55 WIB
Share
Share

 

Visualisasi data merupakan salah satu teknik yang memudahkan manusia untuk memahami data, termasuk dalam bisnis. Ternyata, visualisasi data juga merupakan bagian dari proses data science yang diolah menggunakan beragam tools dibaliknya.

Proses pengolahan data tersebut dilakukan dengan mengumpulkan datanya terlebih dahulu, kemudian mengubahnya secara visual agar mempermudah dalam pengambilan keputusan bisnis. Lalu, mengapa visualisasi data memberikan dampak yang signifikan bagi pertumbuhan bisnis?

Massachusetts Institute of Technology melalui penelitiannya menyampaikan, 90% informasi yang diterima otak manusia dan berbentuk visual akan lebih diingat dibandingkan yang didengar atau dibaca. Sama halnya dengan tujuan visualisasi data, yaitu mempermudah penyampaian informasi secara lebih efisien dan efektif melalui proses yang tepat.

Salah satu tools atau software yang sering digunakan untuk melakukan visualisasi data oleh praktisi data adalah Microsoft Power BI. Software milik Microsoft ini terintegrasi dengan produk lainnya, seperti Excel dan Azure. Hal ini tentu sangat berdampak dan memudahkan proses pengolahan data.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Microsoft Power BI dan keuntungan menggunakannya pada bisnis, yuk, simak artikel yang telah dirangkum oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara berikut

Seputar Microsoft Power BI

Microsoft Power BI merupakan software analisis berbasis cloud dan platform business intelligence yang menawarkan gambaran umum data perusahaan secara lengkap. Power BI menghubungkan berbagai data dari semua sumber dan menawarkan dashboard yang dapat diskalakan, sehingga bisa kamu manfaatkan untuk memilih berbagai visualisasi data.

Software ini juga bisa kamu gunakan untuk menggabungkan, menganalisis, membuat visualisasi hingga membagikan data dengan fitur yang dikemas dengan tampilan menarik. Microsoft menuliskan, Power BI memiliki beberapa versi yang tersedia, yaitu Power BI Dekstop yang berupa aplikasi windows, Power BI Service yang berbentuk layanan software online menggunakan browser, Power BI untuk pengguna handphone android dan IOS serta Power BI Report Builder dan Power BI Report Server, berupa tools khusus pembuatan laporan.

Baca juga : Rekomendasi Tools Visualisasi Data Terpopuler yang Bisa Kamu Pelajari

Variasi Fitur dan Komponen yang Menarik

Memiliki visualisasi menarik dan interaktif tentu sangat penting. Angka yang dihasilkan oleh pengolahan data sering sulit dipahami, sehingga perlu adanya visualisasi agar tren dan pola dapat terlihat. Variasi visual data dapat kamu temukan dan pakai menggunakan Power BI, seperti kolom, bar, matriks, garis, peta, diagram, meja atau pilihan lainnya sesuai dengan presentasi serta fungsi yang kamu inginkan.

Selain variasi visual data, Power BI juga mendukung laporan menjadi lebih interaktif dengan fitur responsif. Laporan yang terlihat pada layar laptop dan handphone bisa saja memiliki kondisi yang berbeda, seperti ukuran font yang kurang nyaman dibaca. Namun, dengan Power BI, kamu bisa menggunakan fitur responsif agar tampilan laporanmu bisa disesuaikan dengan gadget pembaca. Dalam Power BI, kamu juga bisa membuat membuat fitur tanya-jawab untuk menghasilkan laporan bisnis yang lebih interaktif.

Keuntungan Menggunakan Microsoft Power BI

Power BI tentu memberikan keuntungan utama berupa menyiapkan visualisasi data dengan canggih yang akan membantu menemukan pola, mengurangi biaya, mempercepat proses, dan menghasilkan kesimpulan. Software ini juga hadir dengan beragam variasi visual data dan fitur yang sudah dikemas untuk digunakan pada laporan interaktif bisnismu seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Memprediksi tren data juga menjadi keuntungan yang dapat kamu peroleh dengan menggunakan Power BI. Pengguna bisnis dapat memuat data yang berasal dari berbagai sumber berbasis cloud seperti Azure, Dropbox, OneDrive, hingga file CSV dan data yang terletak di database seperti SQL. Saat kamu menambahkan data dari beberapa sumber,

Power BI akan menghubungkan data-data tersebut secara otomatis. Selain itu, kamu juga dapat terhubung ke database Microsoft Azure dan layanan online seperti Salesforce dan Google Analytics. Dengan menghubungkannya ke berbagai sumber data, prediksi tren pun dapat dimanfaatkan dengan data forecasting.

Menghasilkan insight yang sederhana dan mudah diakses menjadikan software ini cocok digunakan oleh pemula maupun pakar.

Baca juga : Business Intelligence Software: Tableau vs Microsoft Power BI, Yuk Cari Tahu Software BI yang Paling Cocok untuk Bisnismu!

Harga Microsoft Power BI

Pada dasarnya, Microsoft Power BI merupakan software gratis dan bisa di-download versi desktopnya secara bebas.

Meski begitu, terdapat keterbatasan fitur apabila kamu menggunakan Power BI tersebut. Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak fitur, terdapat beberapa pilihan yang bisa dicoba, seperti Power BI Pro dan Power BI Premium

Melansir informasi yang diberikan Microsoft, Power BI Pro memiliki harga sekitar 9,99 dolar AS/bulan dengan fitur berupa visualisasi data, live dashboard dan live report. Akan tetapi, bagi pelanggan Microsoft 365, paket ini tersedia secara gratis.

Sedangkan Power BI Premium memiliki pilihan paket yang dapat kamu pilih, yaitu langganan berdasarkan jumlah pengguna dengan harga sebesar 20 dolar AS/bulan dan langganan berdasarkan kapasitas penggunaan, dengan harga mulai dari 4.995 dolar AS/bulan. Fitur yang bisa kamu dapatkan antara lain, semua fitur Power BI Pro, self-service data preparation untuk big data, advanced AI dan sebagainya.

Microsoft Power BI memang menjadi salah satu solusi bagi bisnis untuk membuat visualisasi data lebih interaktif. Berbicara mengenai visualisasi data, kamu perlu untuk memahami terlebih dulu tentang beragam bentuk visual yang bisa diesuaikan dengan kebutuhan bisnis, baik diagram, bagan, peta, dan lainnya.

DQLab sebagai media pembelajaran data science berbasis online, hadir memberikan solusi bagi kamu yang ingin belajar visualisasi data. Kabar baiknya, DQLab saat ini sedang memberikan kesempatan untuk kamu bisa belajar secara gratis! Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/giveaway-alert!-belajar-data-science-gratis-di-dqlab 

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB