LogoDIGINATION LOGO

Youtube Hadirkan Fitur Belanja Online, Sudah Ada di Indonesia?

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 22 Juli 2022 | 17:13 WIB
Share
Share

 

YouTube resmi menghadirkan fitur belanja online ke dalam platform-nya. Kehadiran fitur belanja di YouTube ini adalah hasil kerja sama dengan e-commerce asal Kanada, Shopify. 

Nantinya di halaman YouTube Studio akan ada tab “Shop” atau “Belanja”. Tab “Shop” ini ditujukan untuk mempermudah konten kreator mengelola dan mengontrol produk yang dijual. Misalnya, menandai produk yang dijual menggunakan tag dan memilih produk apa saja yang mau dimunculkan di channel mereka.

Menurut Vice President of Shopping Product di YouTube, David Katz, selama ini kreator telah menghabiskan banyak waktu untuk membangun dan mengembangkan bisnis mereka. YouTube ingin semakin mempermudah para kreator untuk mendapatkan pembeli langsung dalam konten mereka.

“Kreator (telah) menghabiskan banyak waktu untuk membangun bisnis dan mengembangkan produk mereka. Jadi, kami ingin mempermudah mereka untuk terkoneksi dan (dapat) mengelola toko mereka di YouTube dan membawa produk mereka langsung ke audiens mereka,” jelas Katz dalam blog resmi YouTube.

Baca juga : 5 Keuntungan Berjualan Online Live Shopping

Para kreator bisa mencantumkan tautan (link) Shopify mereka langsung ke YouTube. Tidak hanya itu, konten kreator yang memenuhi syarat untuk program merchandise di YouTube, bisa mengakses fitur "Belanja" secara langsung. Misalnya, untuk menjual produk langsung ke live streaming dari Live Control Room. 

Untuk bisa menikmati fitur ini, para kreator harus terlebih dulu memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan YouTube, salah satunya channel dari konten kreator harus setuju untuk dimonetisasi.

Dikutip KompasTekno dari The Variety, jika channel tersebut adalah channel musik, kreator tersebut harus memiliki sertifikat resmi sebagai artis. Kedua, bila channel yang dimiliki bukan soal musik, kreator harus punya lebih dari 10.000 subscriber. Ketiga, umur audiens dibatasi oleh “angka tertentu”, alias bukan ditujukan untuk anak-anak.

Baca juga : Kenali Pentingnya Social Media Marketing untuk Bisnis

YouTube akan mulai mengenalkan fitur ini di kolom “Explore” minggu depan. Artinya, mulai minggu depan YouTube akan menampilkan produk dari para kreator yang sudah bisa dibeli.

Namun untuk sementara tidak semua negara bisa menggunakan fitur ini. Hanya penonton yang di Amerika Serikat (AS), Brasil, dan India yang baru bisa membeli produk dari fitur "Belanja" ini. 

Kemungkinan akan ada tambahan dari negara lain yang muncul di akhir tahun. Belum dipastikan kapan konten kreator ataupun penonton dari Indonesia bisa menikmati fitur baru ini. 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE