LogoDIGINATION LOGO

Merintis Bisnis? Intip 5 Cara untuk Lakukan Marketingnya

author Oleh DQLab Rabu, 29 Juni 2022 | 16:43 WIB
Share
Share

 

Marketing menjadi role penting bagi bisnis, tidak hanya mempromosikan dengan cara menarik dan unik, tetapi juga dibutuhkan strategi agar mendapatkan perhatian pelanggan. Bahkan bisnis juga mendokumentasikan strategi marketing tersebut sebagai bentuk membantu menentukan goals, menyusun target yang dituju, dan bahkan menawarkan baruan bisnis berbeda dari sebelumnya.

Semakin spesifik strategi, maka akan semakin efektif berjalannya bisnis. Dalam mengukur bisnis perlu membuatkan pengukuran tetapi jangan membuatnya begitu tinggi dan luas, namun buatlah pengukurannya sesuai dengan kemampuan yang dapat kamu capai. DQLab pada artikel ini telah merangkum 5 cara strategi marketing yang dapat kamu implementasikan untuk bisnismu. Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Membangun Brand Awareness secara Online

Salah satu langkah pertama dan jelas yaitu adalah visibility atau menampilkan bisnis di depan pelanggan. Namun, untuk menampilkan bisnis juga tidak sembarang lho, dibutuhkannya strategi agar dapat dipastikan pelanggan memahami makna bisnis yang kamu jalani. 

Mebangun sebuah brand awareness tidak hanya sekadar warna, logo, tagline atau aspek lainnya yang populer, kamu juga harus dapat menawarkan apa yang menjadi keunggulan dibandingkan dengan bisnis lain yang sudah ada dan berjalan. Adanya ruang online membuka banyak peluang untuk menghubungkan merek bisnis dengan pengguna.

Pro tip: jika kamu ingin ditengah membangun brand awareness, aksesibilitas dan keunikan yang kamu bangun bisa menjadi langkah awal yang baik. Selain itu juga, dapat memberikan insight marketing untuk bisa meningkatkan perkembangan bisnis

Baca juga: Digital Marketing SEO untuk Meningkatkan Brand Awareness

  1. Optimasi Konten-konten yang Ada

Konten menjadi sebuah jembatan untuk pelanggan mengenal lebih dekat dengan bisnis kita, tanpa adanya konten besar kemungkinan pelanggan tidak dapat mengetahui (visibilitas) bisnismu. Mulai dari SEO, media sosial, atau bentuk konten-konten lainnya pada digital campaigns, konten marketing sangatlah penting. Melalui konten, pelanggan juga dapat melihat bisnismu dari segi visual, misalnya seperti konten artikel infografis di blog, konten video tips dan trik, atau kombinasi keduanya.

Pro tip: perlunya kamu menguasai target pelanggan sebelum membuat konten, karena dengan memahami cara penggunaan channel media dan perilaku mereka di ruang online tentunya bisnismu bisa dilirik oleh mereka.

  1. Gunakan Tools yang Tepat sesuai Target

Sebagai marketer, tentunya ketika melakukan campaign tidak semua strategi berhasil. Terdapat beberapa yang bisa diimplementasikan adapun juga yang tidak efektif baik dari segi biaya dan waktu. Menggunakan tools marketing dan diiringi dengan analytics, akan membantu kamu untuk memberikan sebuah solusi yang sangat menguntungkan.

Sebagai contoh, ketika kamu ingin mempromosikan produk-produk best seller atau produk terbaru, tentu cara mempromosikan akan berbeda-beda treat-nya dengan channel yang lain. Di media sosial menggunakan konten foto atau video dengan keterbatasan caption sehingga visual menjadi kunci penting untuk menarik pelanggan. Berbeda dengan SEO, kamu akan membuat sebuah konten artikel dengan topik yang sesuai keyword dan berpotensi konsumen akan mencarinya.

Pro tip: menentukan goals di setiap channel tools sangat penting, maka framework yang dapat kamu gunakan yaitu SMART (Sepsific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time-bound)

  1. Memahami Kompetitor Bisnis

Menganalisis kompetitif juga menjadi cara yang bisa kamu lakukan, kamu akan mendapatkan pemahaman yang baik tentang apa yang diharapkan dalam industri dan juga menetapkan target bisnismu. Semua bisnis di industri bisa saja menjadi kompetitornya, namun jangan berkecil hati karena dengan kamu menganalisis kompetitor dapat menghindarkan redundant pada bisnis serta kamu dapat menginovasikan bisnis baru atau memberikan penawaran produk dengan benefits yang berbeda sesuai kebutuhan pelanggan.

Baca juga:  Ini Dia Deretan 12 SEO Tools Gratis untuk Tingkatkan Traffic Website

  1. Melacak Kinerja dan Strategi Bisnis

Ketika kamu menjalankan bisnis perlunya hindari asumsi tanpa penjelasan atau bukti fakta, karena dalam praktik implementasinya strategi yang telah kamu buat akan menemukan hasil yang dapat bekerja atau justru sebaliknya. 

Data-driven bisnis di era digital ini memiliki segudang manfaat, tidak hanya memberikan prediksi analitik namun juga bisa membantu membuat keputusan yang tepat dan kamu bisa mengetahui performa metrik bisnimu! Yuk, mulai beralih bisnis digital cerdas dengan implementasikan data science. Kamu bisa coba di DQLab lho, karena pembelajarannya terbuka untuk umum bahkan NON IT sekalipun!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB