LogoDIGINATION LOGO

Apakah Bahasa Python Digunakan untuk Bisnis?

author Oleh DQLab Rabu, 11 Mei 2022 | 16:43 WIB
Share
Share

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang biasanya digunakan oleh praktisi data guna mengembangkan sebuah situs web ataupun membuat sebuah aplikasi mobile. Python dikenal dengan bahasa pemrograman yang tergolong bahasa tingkat tinggi, tetapi tidak menutup kemungkinan ternyata Python juga bisa dipelajari dan dipahami oleh pemula yang ingin belajar mengolah data.

Sehingga, hal ini menjadikan Python sebagai bahasa pemrograman yang sangat populer dan menjadi salah satu skill yang dibutuhkan di berbagai lini industri. Mengingat di era digitalisasi semakin banyak menggunakan Big Data, pada artikel yang telah dirangkum oleh DQLab akan membahas Python dalam Bisnis serta manfaatnya ketika kamu menerapkannya untuk real case bisnis. Yuk, langsung saja simak artikelnya!

‘Memang pebisnis perlu belajar Python?’ 

Tentu saja! Dengan belajar python, kamu akan terbantu memecahkan sebuah masalah atau membantu menemukan sebuah solusi yang siap pakai untuk diterapkan dalam bisnis. Dengan Python, kamu bisa menggunakannya untuk pengembangan sebuah proyek dengan merancang sebuah kode sederhana dan mudah dibaca sehingga dapat digunakan frontend dan backend dan pada semua sistem operasi dan platform utama.

Baca juga: Belajar Python Pemula: Panduan Belajar Python yang Efektif

Selain itu juga, Python dalam bisnis memberikan berbagai pilihan pengembangan bisnis dengan menggunakan data analytics, AI, dan Machine Learning untuk membuat aplikasi yang luar biasa. Berikut beberapa keunggulan dari bahasa Python dibandingkan beberapa bahasa pemrograman lainnya:

  • Bahasa Python merupakan bahasa yang mudah dipahami karena memiliki keyword dan struktur yang sederhana, sehingga cocok bagi pemula sekalipun.
  • Python bisa dipakai di berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, MacOS, dan lainnya.
  • Python memiliki banyak library dan bersifat open source sehingga bisa digunakan oleh siapa saja secara gratis.

Manfaat Menggunakan Python untuk Case Bisnis

Sebagian besar, perusahaan bisnis nasional maupun global sekalipun sudah menghasilkan cukup data yang besar, diperkirakan dari data tersebut dapat berguna dan mendapatkan sebuah wawasan dari data. Sehingga, bisnis tidak lagi menggunakan cara yang tradisional melainkan perusahaan akan bekerja sama dengan praktisi data untuk mendapatkan jawaban dari data tersebut. Praktisi data akan menggunakan Python untuk memudahkan memecahkan masalah serta menghemat biaya dan waktu untuk mencari solusi atau decision making.

Berikut beberapa manfaat python diimplementasikan dalam bisnis:

  • Database accessibility, ketika perusahaan menggunakan python akan memiliki akses yang lebih mudah ke database-nya. Kerangka kerja python akan membantu kamu menyesuaikan titik awal interface di berbagai database seperti MySQL, Oracle, dsb. Operasional Python juga sudah berbasis standar dan tersedia untuk diunduh secara gratis.
  • Python untuk NLP (Natural Language Processing), NLP sederhananya adalah kemampuan program komputer untuk memahami bahasa manusia seperti yang diucapkan dan ditulis. Dengan Python akan membantu operasi NLP dengan baik, contohnya seperti Google Home Assistant dengan mengatakan ‘OK Google, putar lagu John Mayer’.

Baca juga: Mau Belajar Python Gratis? Kenali Dasar Bahasa Pemrogramannya

  • Solusi Data Science, salah satu contoh sederhananya yaitu aplikasi streaming musik. Python menjadi tools untuk sebuah solusi berbasis data yang disesuaikan berdasarkan histori atau pengalaman pengguna. Dalam aplikasi streaming musik akan menawarkan sebuah fitur playlist musik atau podcast yang telah personifikasi berdasarkan data yang digerakkan oleh Python.

Secara praktis, memang untuk belajar coding atau pemrograman tingkat tinggi tidaklah mudah namun dari belajar Python tidak menutup kemungkinan juga memberikan benefit untuk goals bisnis yang serbaguna.
Jika kamu ingin mulai belajar Python, kamu bisa lho coba mulai pembelajaran gratis di DQLab.id Module yang tersedia di DQLab sudah disesuaikan real case industry serta terdapat fitur live code editor. #MulaiBelajarData!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB