LogoDIGINATION LOGO

Belajar Excel Pemula untuk Business Analysis

author Oleh DQLab Kamis, 28 April 2022 | 16:25 WIB
Share
Share

 

Memasuki era digital, tidak dapat dipungkiri hampir seluruh bisnis telah mengimplementasikan Data Science. Bahkan, sudah banyak pebisnis yang turut mencari praktisi data untuk membantu mengumpulkan, menganalisis, mengoperasikan, hingga membuat visualisasi data agar mengetahui pola yang ada dalam data. Microsoft Excel merupakan salah satu software dari Microsoft Corporation berupa spreadsheet standar kerja untuk membantu mengolah data lebih terorganisir .

Sehingga tidak heran, mengapa Excel dijadikan tools analisis data dalam bisnis yang powerful karena dapat membantu untuk menganalisis, membuat strategi promosi berdasarkan data, melihat trend atau pola apa yang berdampak bagi bisnis, hingga mengoptimalkan budgeting bisnis. Mengingat Excel dapat dipelajari bagi pemula serta menjadi syarat standar di berbagai industri, maka perlu mengetahui rumus-rumus apa saja yang dapat membantu untuk business analysis. 

Berikut ini, DQLab sudah merangkum rumus serta penggunaannya secara lengkap yang bisa kamu implementasikan bisnis. Tentunya, cocok bagi kamu pemula lho. Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Fungsi Excel dalam Pengolahan Data

Excel memiliki beragam fungsi yang tersedia, seperti membuat, mengedit, mengorganisasikan data, data cleansing, dan visualisasi data menggunakan grafik charts yang ada di Excel. Umumnya, Excel juga dapat digunakan untuk pengolahan data melalui perhitungan seperti aritmatika dan statistika sehingga dapat membantu memecahkan permasalahan-permasalahan yang membutuhkan logika dan matematika.

Baca juga: Data Analysis Excel untuk Ketahui Fungsi Utama Excel dalam Bisnis

Dalam bisnis, biasanya fungsi Excel dapat digunakan dalam bidang keuangan seperti melihat laba-rugi dalam periode tertentu, menghitung gaji karyawan, dan kebutuhan lainnya dalam bidang keuangan bisnis. Adapun fungsi lainnya dalam bidang marketing seperti digunakan untuk menganalisis data pelanggan ke dalam bentuk statistik serta membuat sebuah laporan data menggunakan visualisasi data di Excel (menggunakan pie charts, diagram batang, dsb).

Keuntungan Menggunakan Rumus Excel

Keuntungan dari Excel tidak hanya mudah dan gratis penggunaanya, melainkan banyak fungsi-fungsi atau rumus yang bisa mempermudah pengolahan data secara sistematis dan terorganisir. Berikut beberapa rumus Excel yang dapat kamu gunakan:

  • SUMIF, dalam bisnis digunakan untuk mengolah penjumlahan data berdasarkan beberapa kategori yang ingin dilakukan penjumlahan. SUMIF sendiri menjadi rumus yang sangat mudah dan menghasilkan penjumlahan dengan akurasi yang tepat, terutama ketika kamu menentukan jumlah produk yang memberikan kontribusi untuk revenue terhadap bisnis.
  • VLOOKUP dan HLOOKUP, kedua rumus tersebut menjadi rumus untuk menemukan solusi pencarian data. VLOOKUP atau Vertical LOOKUP dan HLOOKUP atau Horizontal LOOKUP menjadi fungsi yang tepat ketika harus menemukan sebuah data dengan menggunakan “kata kunci” tertentu pada kolom sel di sebuah tabel. 

Baca juga: Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel Bagi Pemula

  • SUMPRODUCT, fungsi dari SUMPRODUCT sendiri akan menghasilkan satu rentan nilai dengan korespondensi baris yang sesuai dengan tujuan untuk menghasilkan output yang diinginkan oleh user. Hal ini, dalam business analysis menjadi sebuah ‘harta karun’ bagi data analysis karena kegunaannya yang bisa mengetahui harga jual produk, average return, dan margin penjualan bisnis.

Hal yang paling penting ketika kamu belajar Excel dan mengimplementasikan rumus-rumus real case bisnis yaitu adalah memperbanyak latihan dan konsisten dengan pembelajarannya. Bahkan untuk mulai belajarnya pun kini bisa dilakukan secara otodidak dengan menggunakan berbagai medium, salah satunya seperti belajar Excel di DQLab

Di DQLab sudah tersedia modul interaktif yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan minat pembelajaran mu lho. Yuk, mulai belajar Data karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB