LogoDIGINATION LOGO

Bagaimana Machine Learning Digunakan Dalam Blockchain?

author Oleh DQLab Kamis, 24 Maret 2022 | 11:28 WIB
Share
Share

 

Memasuki era digital, setiap harinya manusia akan menciptakan sebuah ekosistem digital baru yang  menggunakan mesin canggih dan diprogram berulang kali tanpa campur tangan saat mengolah database. Konsep AI/ Machine Learning menjadi sorotan bagi para entrepreneur untuk memudahkan serta optimalkan kelancaran bisnis mereka. 

Dengan adanya kemajuan teknologi yang mengharuskan menjaga data dengan baik dan efisien serta terjaga keamanannya, maka kini penggunaan ML telah mengkombinasikan teknologi blockchain. Blockchain dirancang khusus untuk dapat mempercepat dan menyederhanakan transaksi data yang telah tercatat. Namun, apa yang menjadikan ML dan Blockchain dapat digunakan dan diterapkan pada bisnis? Apa keuntungannya jika kita melakukan investasi teknologi ini? Untuk mencari tahu informasi lebih lanjutnya, simak artikel yang telah dirangkum DQLab ini yuk!

Mengenal Machine Learning dan Teknologi Blockchain

ML atau dikenal Machine Learning yaitu mesin teknologi yang menggunakan jumlah data besar dan digunakan untuk membuat sebuah model dan prediksi yang akurat. Proses sederhananya dari Machine Learning yaitu berfokus pada pembelajaran komputer yang bertindak seperti otak manusia. Dengan menyadari kecanggihan ML maka banyak developer atau praktisi data mengembangkan pemahaman dan sistem lebih jelas dan dapat berfungsi di kehidupan sehari-hari salah satunya yaitu Machine Learning dan Blockchain.

Blockchain merupakan salah satu inovasi teknologi yang sedang naik daun di dunia Data Science. Blockchain dikenal sebagai sistem yang dasarnya adalah database sistematis, yang dapat menyimpan informasi kedalam beberapa block dan menghubungkannya satu sama lain. Data merupakan sebuah sumber daya yang sensitif dalam ekosistem digital, sehingga membutuhkan teknologi blockchain untuk mendistribusikan dan menyimpan data dengan aman, mudah dan efisien.

Kelebihan dari blockchain juga dapat membantu menghilangkan inkonsistensi pada manajemen data dan memberikan sebuah transparansi tentang bagaimana data pelanggan ditangani. Hal ini, menjadi salah satu alasan mengapa sudah banyak bisnis yang melakukan investasi di blockchain.

Baca juga: Belajar Machine Learning dalam Dunia Bisnis

Benefit Mengkombinasikan Keduanya

ML dan bentuk variannya melibatkan beberapa penggunaan algoritma yang mampu untuk membuat model ML, sehingga hal ini melibatkan penggunaan Big Data yang dapat menciptakan titik konvergensi dengan blockchain. Keduanya sangatlah dekat dan memiliki kelebihan yang sempurna, karena dari keduanya dapat mengintegrasi dan mengubah perubahan cara dalam menganalisis, menghasilkan dan menggunakan. Berikut beberapa benefit mengkombinasikan kedua teknologi ini:

  • Meningkatkan perbaikan secara lebih lanjut dengan baik tanpa campur tangan manusia, hal ini karena blockchain dan ML ketika bekerja sama akan menghasilkan peningkatan sistem yang berkelanjutan tanpa adanya campur tangan manusia. 

ML sendiri akan melacak perilaku pelanggan berdasarkan data yang telah dimiliki dan ditindaklanjuti untuk membuat sebuah prediksi selanjutnya secara akurat. Dengan demikian, hasil analisis yang didapatkan terhindar dari bias atau prasangka.

  • Manajemen data secara umum, beberapa perusahaan besar yang terkenal seperti Facebook, Google akan menggunakan sebuah teknologi canggih AI agar dapat mendeteksi sebuah data yang tidak dapat terbaca. Dengan adanya bantuan blockchain, maka data tersebut dapat diakses kembali dengan baik secara real-time.
  • Maintenance data dengan harga yang lebih rendah, bagi start-up atau kamu yang sedang merintis bisnis tentunya akan mengeluarkan biaya pemeliharaan yang tidak sedikit. Hal ini karena pemeliharaannya dilakukan secara teratur, dengan blockchain akan ditugaskan untuk melacak kapan harus bertindak dan dengan ML akan membantu memprediksi kerangka waktu yang tepat dan harus dilakukan berdasarkan data yang dikumpulkan.
  • Data trading, perusahaan yang menggunakan blockchain untuk data trading secara global dapat membuat layanan menjadi lebih cepat karena dibantu dengan model ML. Model ML akan mengelola rute data tersebut dan kemudian dilakukannya enkripsi data dan validasi data.

Baca juga: Kenali Penerapan Data Science pada Bisnis di Era Digital

Pengaplikasian ML dan Blockchain di Industri

Menggabungkan kualitas antara ML dan juga blockchain, sangatlah membantu eksplorasi data secara meluas dan tidak hanya lini industri tertentu saja. Mulai dari logistik, manufaktur, kesehatan dan perawatan, hingga e-Commerce sudah menginvestasikan teknologi blockchain dan ML. Keduanya menjadi sebuah bentuk revolusioner dan terbukti lebih efisien dibandingkan hanya digunakan secara individual. 

Dengan penggabungan ML and blockchain dalam operasi bisnis, akan dibutuhkannya praktisi data perusahaan agar dapat membantu mengambil keputusan yang lebih baik dan terinformasi secara informatif berdasarkan basis prediktif. Bersama DQLab, kamu bisa lho belajar dan mengenal Machine Learning lebih lanjut dan cara mengaplikasikannya di bisnismu. Tunggu apalagi? Yuk mulai belajar Data Science di era 4.0!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB