LogoDIGINATION LOGO

Mengenal DeFi dan Serba-Serbinya Yuk!

author Oleh DQLab Jumat, 4 Maret 2022 | 19:32 WIB
Share
Share

 

Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih dan memudahkan melakukan transaksi ataupun kegiatan dalam bidang keuangan, memasuki tahun 2022 keuangan terdesentralisasi atau dikenal DeFi merupakan salh satu aplikasi modern yang semakin diminati dari teknologi blockchain. Namun meskipun trend DeFi sudah terkenal dan berkembang, tidak jarang memahami DeFi dan mengapa dibutuhkan atau digunakan dalam finansial digital marketplace?.

Pada artikel yang telah dirangkum oleh DQLab kali ini akan mengenalkan apa itu DeFi, mengapa penting untuk kita ketahui, dan apa yang bisa digunakan dari aplikasi tersebut. Yuk langsung saja simak artikelnya sampai habis!

Mengenal Apa Itu DeFi

Tidak hanya NFT , bitcoin, blockchain saja, salah satu buzzword dan tren terbaru yaitu DeFi. Decentralised Finance atau dikenal dengan DeFi merupakan infrastruktur keuangan digital yang muncul dan secara teoritis menghilangkan kebutuhan bank sentral. Sederhananya DeFi menjadi inovasi layanan keuangan dan konsepnya menggambarkan layanan keuangan yang dibangun di atas blockchain publik. Sehingga secara kolektif, DeFi tidak memiliki izin atau tidak menggunakan pihak ketiga seperti alih-alih perantara keuangan karena semua telah diotomatisasikan ke dalam protokol melalui smart contact.

Singkatnya smart contact adalah sebuah kode komputer yang bertindak sebagai perjanjian secara digital antara kedua pihak. Sehingga transaksi peer-to-peer yang terjadi dilakukan secara tertutup dan tidak dapat diubah. 

Baca juga: Yuk Kenali Peran Penting Data Scientist Dalam Industri Finansial!

Mengapa DeFi itu Penting?

Adanya eksplosif pada sektor DeFi yang telah menciptakan sebuah ekosistem keuangan yang sepenuhnya terjamin baik mencakup pinjaman, asuransi, perdagangan, hingga pasar prediksi, hal ini menjadikan semakin banyaknya ekosistem yang kompetitif di DeFi. Semakin berkembangnya teknologi dan transisi perilaku masyarakat akan berubah dari tradisional menuju DeFi akan berdampak juga dalam cara kita berinteraksi dengan bentuk mata uang. 

Sebagai contoh yaitu, di zaman sebelumnya ketika kita ingin melakukan transfer uang melalui bank tradisional akan memakan banyak waktu dan berpotensi mahal sehingga biasanya biaya transfer akan bertambah. Dengan DeFi tidak memiliki kerentanan, karena pengguna dapat memunkinkan untuk membuat, memodifikasi, mencampurkan dan mencocokannya tanpa izin karena DeFi yang bersifat ‘open’ atau terbuka. 

Apa yang Bisa Digunakan dari DeFi?

Mengetahui adanya kemudahan dan kenyamanan secara digital, berikut beberapa cara orang yang terlibat dengan DeFi:

  • Loan/ Pinjaman, DeFi menjadi salah satu platform yang dapat dikatakan bisa melakukan pinjaman terdesentralisasi dengan sistem demokrasi pada pinjamannya. Dengan menggunakan smart contact sebagai pengganti perantara (seperti bank) maka memungkinkan untuk peminjam dan pemberi pinjaman bisa berpartisipasi dalam sistem secara terbuka. Pemberi pinjaman akan mendapatkan bunga atas aset kripto berdasarkan aktivitas meminjamkan. Beberapa platform pinjaman DeFi yang terkenal yaitu seperti Compound, Aave, dan Maker.
  • Trading, dengan aplikasi perdagangan (trading) DeFi memungkinkan pengguna dalam terlibat investasi kripto tanpa menggunakan pertukaran yang terpusat (centralized). Dengan melakukan perdagangan secara peer-to-peer dari aset kripto maka seolah-olah kamu dapat membeli dan menjual saham tanpa perantara apapun.

Baca juga: 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan

Keamanan Data DeFi

Penting untuk diketahui dan kamu perhatikan bahwa meskipun blockchain yang bertanggung jawab sistem terdesentralisasi seperti DeFi, NFT, telah meningkat dalam transaksinya, hal ini juga dapat berpengaruh pada keamanan DeFi dan peretasan dompet crypto. Data DeFi tentu harus dijaga dengan sistem keamanan yang tinggi, dari data tersebut nantinya dapat digunakan untuk melakukan sebuah analisis prediktif menggunakan AI dan Machine Learning agar dapat mengetahui platform dan aset mana yang harus didapatkan agar mendapatkan investasi terbaik. 

Jika kamu ingin belajar ilmu Data Science lebih dalam untuk mendapatkan model dan cara bisnis di era digital, yuk bergabung bersama DQLab dan nikmati pembelajaran secara fun dan aplikatif!



  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE