LogoDIGINATION LOGO

RIOT GAMES Memperluas Bisnis Publisher Ke Asia Pasifik

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 24 Februari 2022 | 19:53 WIB
Share
Share

Riot Games telah mengumumkan penyusunan ulang bisnisnya di wilayah Asia Pasifik (APAC) yang berkembang pesat. Dengan fokus kuat pada komunitas setempat, merek game, hiburan, dan gaya hidup terkemuka ini akan memperluas jangkauan penerbitannya.

Riot telah menjalankan bisnis Asia Tenggara dari kantor hubnya di Singapura dan memiliki satu kantor di Jepang. Kini, Riot akan membuka kantor penerbitan baru di Filipina, India, Indonesia/Malaysia, dan Thailand.

Untuk memimpin upaya penerbitan di Asia Pasifik, Riot juga membawa Alex Kraynov, mantan Managing Director of Emerging Markets (Asia Tenggara, India, Amerika Latin, Brasil, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Jepang), menjadi Managing Director baru untuk Asia Pasifik.

Di penyusunan ulang ini, juga akan ada diversifikasi model operasional Riot, dengan Publishing berada di garis depan, didampingi pilar-pilar bisnis lainnya, yaitu Games, Entertainment, Esports, dan Enterprise.

“Ini adalah langkah natural dalam kemajuan bisnis penerbitan kami di Asia Tenggara, dan Riot mengakui bahwa Asia Pasifik memiliki potensi untuk menjadi wilayah terbesar di dunia untuk Riot. Wilayah ini sangat beragam, dengan komunitas game masif yang memiliki kebutuhan beragam serta kegemaran tinggi akan game seluler," kata Managing Director untuk Riot Games Asia Pasifik, Alex Kraynov.

Baca juga : 7 Game ‘Metaverse’ yang Bisa Kamu Mainkan Saat Ini

Dengan tujuan menjadi perusahaan game yang paling memprioritaskan pemain di dunia, dalam beberapa tahun terakhir Riot telah meluncurkan beberapa judul game baru termasuk VALORANT, League of Legends: Wild RiftLegends of Runeterra, serta game dari Riot Forge berjudul Ruined King dan Hextech Mayhem. Game-game Riot di dalam semesta League of Legends telah mengumpulkan lebih dari 600 juta pemain di seluruhdunia selama satu dekade terakhir.

Di luar ruang gaming, Riot juga telah merilis Arcane, seri animasi Netflix yang menuai pujian di seluruh dunia, serta memperluas upaya dalam grup Riot Games Music dengan perilisan musik bebas royalti di bawah Riot Sessions, dan EP comeback band metal virtual Pentakill, Lost Chapter. Riot juga terus memperluas ruangnya dalam bidang fashion, bekerja sama dengan merek seperti Uniqlo untuk merilis koleksi UT t-shirt League of Legends . Baru-baru ini, Riot juga berkolaborasi dengan merek pakaian kasual urban Filipina, Team Manila untuk koleksi busana eksklusif dalam rangka merayakan peluncuran Neon, agen Filipina pertama di game tembak-menembak taktis VALORANT.

Baca juga : Masa Depan eSport lebih Immersive di Metaverse

Sejak pendirian kembali Kantor Pusat untuk Asia Tenggara di Singapura pada tahun 2018, Riot telah menambah tenaga kerjanya secara signifikan dan sekarang menggandakan penerbitan di wilayah ini.  Perluasan organisasi ini diwujudkan dengan pendirian kantor-kantor lokal dan perekrutan Country Manager di pasar-pasar utama, seperti Filipina, Thailand, Indonesia, Malaysia, dan India, yang bergabung dengan penerbitan di kantor Riot Jepang, serta meningkatkan hub penerbitannya di Singapura menjadi lebih dari 80 orang di seluruh wilayah.

Departemen utama dalam Publishing Asia Pasifik meliputi Country Operations, Publishing Partnerships, Brand Marketing, Growth Marketing and Services, Business Development, dan Regional Tech

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE