LogoDIGINATION LOGO

Intip Kiat Penggunaan Visualisasi Data dalam Bisnis Yuk

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 22 Desember 2021 | 18:29 WIB
Share
Share

Data Scientist kini menjadi profesi yang diincar dan primadona bagi data enthusiast sekalipun, karena profesinya sendiri memiliki prospek kerja yang cemerlang terutama bagi data-driven company. Namun, untuk mendapatkan praktisi data ini tidaklah mudah karena jika dilihat dari sudut pandang pebisnis maka Data Scientist menjadi bentuk investasi penuh pertimbangan karena gaji Data Scientist sendiri sangatlah besar. 

Kini, tidak perlu khawatir untuk merekrut seorang Data Scientist atau tidak karena pembelajaran untuk mendapatkan skillnya pun sudah bisa dilakukan secara otodidak dan mandiri.

Adapun skill yang sangat penting tetapi terkadang banyak orang skill non-teknis ini dimiliki oleh semua orang, yaitu skill visualisasi data. Visualisasi data sendiri digunakan untuk mendukung dan memperkuat hasil laporan agar dapat dipahami bagi orang awam sekalipun. 

Pada artikel DQLab kali ini, ada beberapa kiat untuk menggunakan visualisasi data dengan cerdas dan optimal saat menyampaikan strategi data atau hasil analisis data bagi bisnis. Yuk, intip pembahasannya!

  1. Laporan untuk Menyusun Strategi Menggunakan Data

Pada dasarnya, meskipun semua lini bisnis telah menjadi data-driven company namun tak banyak dari pemimpin bisnis memahami data dengan benar. 

Salah satu menggunakan analisis data untuk bisa digunakan yaitu melakukan visualisasi data sebagai bentuk pitching atau melaporkan hasil analisis data. Dengan memberikan visualisasi data dan melaporkan akan menunjukkan bagaimana analisis merupakan metode yang menguntungkan. 

Data Science dalam visualisasi data juga membantu melakukan revolusi pada bisnis kamu, karena dalam penerapannya kamu akan mendapatkan sebuah hasil yang tepat dan terhindari dari bias atau insting manusia. Dengan kebutuhan berdasarkan data, akan membantu menyusun strategi yang tepat serta memberikan pengaruh secara signifikan karena dari visualisasi data bisa terlihat progres pada bisnis.

Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis

  1. Digunakan untuk Menunjukkan Strategi Kompetitor

Untuk menjadi business leader, sering kali kamu akan melihat perbandingan dengan beberapa kompetitor terutama ketika kamu sedang menyusun keputusan bisnis. Untuk mempersiapkan lebih baik dan mudah dimengerti maka visualisasi data menjadi salah satu bentuk yang bisa meningkatkan performa bisnis. 

Hal ini juga bisa memberikan sebuah pola untuk membantu support tujuan bisnis. Dengan menggunakan visualisasi seperti grafik, teks, video, atau bentuk visualisasi lainnya memberikan sebuah insight yang lebih dan membantu memahami data lebih dalam.

  1. Menggunakan Bahasa Langsung dan Menghindari Bahasa Jargon

Praktisi Data pada dasarnya sudah lekat dengan istilah “data mining”, “cluster computing” dan lainnya. Namun, tentunya tidak semua memahami istilah-istilah tersebut maka dengan menggunakan visualisasi data dapat membahasakan langsung berdasarkan visual yang sudah ada dan dibuat sedemikian rupa menggunakan teks, grafik, gambar atau bentuk visual lainnya. 

Dengan demikian, visualisasi data juga akan membantu kamu dan orang awam yang tidak paham tentang data memiliki satu pemikiran. Maka, dengan visualisasi akan terbantu pemaham pada hasil analisis data dengan benar.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

  1. Meningkatkan Skill Presentasi

Tidak hanya skill secara teknisnya saja, namun pada skill non-teknis seperti mempresentasikan hasil laporan menjadi skill penting yang harus dimiliki oleh praktisi maupun pebisnis. Karena dengan visualisasi data juga membantu meyakinkan serta mendapatkan perhatian kepada para pemimpin atau tim eksekutif. 

Adapun cara mudah dan dapat dilakukan secara otodidak untuk melakukan visualisasi data dengan tepat dan mudah untuk dipelajari, kamu bisa memulainya bersama DQLab.  Memasuki era digital dan data-driven pada industri, kini perlunya kamu untuk bersiap dan tingkatkan skill Data Science lainnya dalam real case industry. Yuk, mulai belajar Data Science selangkah lebih maju dalam berkompetisi di industri! 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Begini Fakta Generasi Sandwich

Generasi sandwich masih berhak happy meski terhimpit dua tanggungan ekonomi sekaligus, apa rahasianya?

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:13 WIB

Industri Gaming di Dunia Metaverse 

Jika gaming Indonesia berhasil sukses di dunia Internet, apakah metaverse juga membawa pengalaman yang sama bahkan bisa lebih berpotensi?

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:52 WIB