LogoDIGINATION LOGO

Mengenal Business Intelligence dalam Bisnis, Intip Fungsi dan Peran Pentingnya Yuk

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:03 WIB
Share
Share

 

Setiap bisnis baik nasional maupun internasional sudah memanfaatkan dataset serta data menjadi aset penting bagi pebisnis. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan akan memberikan wawasan yang berguna apabila tidak memiliki sistem operasi yang tepat untuk menangani dataset mengingat hampir setiap harinya volume data meningkat maka dibutuhkan kemampuan untuk mengelola dengan baik.

Dalam bisnis di era modern dan serba digital ini, Business Intelligence atau singkatnya adalah BI menjadi buzzword di kalangan pebisnis atau organisasi sekalipun. Business Intelligence memberikan pengaruh yang positif dalam kegiatan bisnis, karena kekuatannya sangat berdampak pada decision making yang lebih strategis.

Pada artikel DQLab kali ini, akan membahas lebih dalam peran Business Intelligence terutama dalam bisnis. Yuk, langsung saja simak artikel berikut ini! 

1. Apa itu Business Intelligence?

Business Intelligence merupakan sebuah proses analisis berbasis teknologi, menyampaikan informasi yang dapat ditindaklanjuti sehingga mendapatkan sebuah data yang berwawasan untuk membuat keputusan yang strategis.

Tujuan Business Intelligence sendiri yaitu untuk mendorong keputusan dalam bisnis menjadi lebih baik dan memungkinkan dapat meningkatkan pendapatan, mengundang pelanggan baru serta lebih unggul diantara kompetitor bisnis lainnya.

BI menggabungkan analitik, data mining, visualisasi data dan juga infrastruktur yang membantu organisasi dalam membuat keputusan yang tepat serta efisien untuk operasionalnya berdasarkan data yang didapatkan.

Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 

2. Peran Penting Business Intelligence dalam Bisnis

Setelah kamu mengetahui apa itu BI penting bagi kamu mengetahui pentingnya BI jika diaplikasikan pada kegiatan bisnis.

Business Intelligence sangat membantu decision making berdasarkan paparan presentasi dan juga data lama yang dimiliki perusahaan (dalam konteks yang sama), dengan demikian pebisnis memiliki benchmark baik dari data perusahaan maupun kompetitor serta membantu memprediksi masa depan sehingga mendapatkan wawasan untuk memperlancar kegiatan bisnis.

Diantaranya seperti dengan BI dapat mengidentifikasi cara untuk meningkatkan profit, melakukan komparasi data antar kompetitor bisnis, memprediksi dan juga melihat pola trends yang sedang terjadi, membantu optimalkan penggunaan data dengan efektif dan tepat, dan lainnya.

3. Seperti Apa Cara Kerja Business Intelligence?

Adapun beberapa tahapan cara kerja Business Intelligence, yang dimana mulai dari data mentah seperti data yang baru saja terkumpul menjadi data yang bisa dimanfaatkan serta diolah menjadi sebuah data yang berwawasan untuk para pebisnis. 

  • Mengumpulkan data dari berbagai sumber, pastinya setiap perusahaan memiliki aset data dan juga mendapatkan data dari sumber lainnya sehingga BI membutuhkan tools untuk mengekstrak data dan mengubah data menjadi data yang lebih terstruktur agar mudah untuk diolah dan diproses ke tahap selanjutnya.
  • Data mining dan analisis data lebih lanjut, pada tahap ini akan mendapatkan sebuah pola atau wawasan baru pada data yang berguna untuk bisnis. 
  • Visualisasi data, BI akan melakukan laporan kepada para pebisnis sehingga mengharuskan mereka untuk terampil dalam mengkomunikasikannya secara non verbal melalui grafik, charts atau tools visualisasi lainnya agar mudah dipahami.

4. Manfaat yang Didapatkan Dari Business Intelligence

Tentunya setiap bisnis memiliki tujuan yang dimana salah satunya bisnis dapat berjalan dengan skala yang besar dan juga peningkatan baik pada pendapatan maupun pelanggan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dan hampir seluruh perusahaan yang sudah mengimplementasikan BI diantaranya seperti:

  • Dapat meningkatkan ROI dalam bisnis
  • Dapat mengetahui perilaku, preferensi, dan tren user atau pelanggan serta menambah wawasan untuk menargetkan target mereka sesuai dengan kebutuhan user atau pelanggan.
  • Operasional dalam bisnis menjadi lebih efektif dan produktif, karena dengan adanya wawasan tersebut bisa memperbaiki atau mendapatkan peluang untuk inovasi

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

5. Business Intelligence Salah Satu Strategi Tingkatkan Bisnis di Masa Depan

Menjalankan bisnis tidaklah mudah, namun dengan mengaplikasikan Business Intelligence atau pembelajaran di bidang Data Science memungkinkanmu untuk mendapatkan jawaban yang tepat  dan juga strategi atas pertanyaan atau permasalahan dalam kegiatan bisnis.

Teknologi BI menyediakan teknik analisis yang bisa memberikan wawasan atau sumber kebenaran berdasarkan data. Di DQLab kamu bisa mempelajari sendiri BI yang dimana dapat membuat keputusan lebih strategis berdasarkan data karena dengan mengolah data yang benar maka akan mendapatkan wawasan yang bermanfaat. Selangkah lebih unggul dan bersiap menghadapi masa depan yang serba digital dengan mengimplementasikan ilmua-ilmu Data Science.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Menghadapi Resesi 2023

Akibat dari resesi masyarakat maupun ekosistem pada suatu negara itu pun bisa terkena imbasnya seperti :

Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:22 WIB