LogoDIGINATION LOGO

Terapkan Data Science di Era Digital, Strategi Jitu dalam Bisnis

author Oleh DQLab Rabu, 6 Oktober 2021 | 16:27 WIB
Share
Share

 

Di dunia yang serba canggih ini, Data Science sudah menjadi bagian penting dari sektor industri manapun. Data Science mengubah strategi berbisnis menjadi lebih mudah dan menguntungkan, karena dari olahan data tersebut menghasilkan wawasan yang berguna dalam meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya, hingga meningkatkan pengalaman pelanggan. 

Popularitasnya, kini semakin berkembang beberapa tahun belakang karena mengingat terjadi pandemi yang mengharuskan kita dirumah saja menjadikan semakin banyak peminat untuk belajar Data Science. 

Dengan kemajuan teknologi juga, menjadikan analisis dan pengolahan data mengandung nilai yang sangat besar dan menjadikan lahirnya praktisi data yang membantu keberlangsungan bisnis. 

Pada artikel DQLab kali ini, akan membahas manfaat apa saja yang didapatkan jika kamu mulai menerapkan ilmu Data Science. Penasaran? Yuk, langsung saja simak artikel berikut.

1. Memprediksi Trend Masa Depan

Dataset yang dimiliki oleh perusahaan nantinya akan dipilih dan dianalisis dalam skala yang besar, memungkinkan bisa mengidentifikasi trend yang sedang muncul. Melihat riwayat data pembelian data pelanggan, berdasarkan riwayat mesin pencarian pelanggan dapat mengungkapkan produk apa yang diminati mereka. Misalnya seperti menerapkan Machine Learning. 

Machine Learning sendiri merupakan salah satu sub penerapan Data Science, yang dimana memungkinkan bisnis untuk membuat sebuah ‘tebakan’ yang sangat akurat mengenai kemungkinan hasil dari sebuah pertanyaan atau masalah berdasarkan data historis. Dengan demikian, memberikan bisnis sebuah wawasan yang sangat menguntungkan dan juga dapat terhindar dari kerugian serta mencegah hilangnya pelanggan.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

2. Mendapatkan Data Pelanggan yang Efektif

Pada data, bisa mengungkapkan detail tentang kebiasaan mereka, karakteristik mereka, demografis, preferensi, dan lainnya. Dengan begitu adanya data menjadi banyak sumber potensial mendatangkan pelanggan baru. Misalnya seperti, dengan data kamu dapat mengumpulkan data tentang pelanggan setiap kali mereka melakukan transaksi atau seberapa sering mereka mengunjungi situs web kamu. 

Setelah kamu memastikan data tersebut akurat maka akan dilanjutkan dengan proses Data Wrangling. Data Wrangling sendiri merupakan proses Data Science yang kegiatannya menyeragamkan data atau transformasi data mentah menjadi format data yang lebih rapi. Pada contoh tersebut, kegiatan Data Wrangling akan melibatkan pencocokan alamat email pelanggan, media sosial yang dimiliki pelanggan. Dengan menggabungkan data, kamu dapat menarik kesimpulan serta membantu identifikasi tren pada perilaku pelanggan.

3. Menguji Data untuk Decision Making yang Tepat

Tentunya tidak semua yang dimiliki memiliki fungsi, terutama jika data tersebut mentah dan tidak terstruktur. Seorang Data Scientist akan melakukan tugasnya dengan mengolah data menjadi wawasan yang berguna, sehingga mewajibkan mereka memiliki skill seperti ilmu Matematika, Statistik dan komputer sains. 

Adapun bahasa pemrograman yang populer seperti R, Python, SQL, dan lainnya. Dengan demikian, pengerjaan dan pengujian data akan lebih maksimal dan juga tepat jika memiliki beberapa keterampilan tersebut. Sehingga dalam membawa kesuksesan pada bisnis, perlunya seorang praktisi data ikut serta melibatkan pengambilan keputusan. 

4. Mengurangi Resiko Penipuan

Pengenalan kesalahan secara dini dan menentukan penyebab kegagalan dalam membantu mencegah masalah yang lebih parah dan menghindari kerugian bagi beberapa pihak yang bersangkutan. Misalnya dalam industri finansial, menerapkan Data Science akan membantu kasus ‘kebobolan’ dan hal ini sering kita jumpai di era digital. 

Penggunaan Internet memudahkan pengaksesan data dari berbagai sumber dan sering kali lemahnya perlindungan privasi pengguna. 

Misalnya dalam industri finansial, ketika pelanggan membeli produk menggunakan kartu kredit dengan nominal transaksi yang besar dan beberapa jam setelahnya pengguna masih melakukan transaksi nominal yang sangat besar. Maka, transaksi tersebut terdeteksi adanya penipuan atau hal yang ‘tidak biasa’ yang dilakukan pengguna dan secara otomatis kartu kredit akan terblokir. Sehingga, untuk pencegahannya dapat menerapkan Data Science dan Data Scientist untuk membantu mencegah terjadinya kerugian yang besar.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

5. Yuk, Mulai Implementasikan Ilmu Data Science di Era Serba Digital!

Seperti yang sudah kamu ketahui pada beberapa poin diatas, Data Science memiliki banyak manfaatnya jika kamu terapkan terutama di era yang sangat digital ini. Mulai dari meningkatkan pengalaman pelanggan, menetapkan harga yang strategis dan kompetitif, mengembangkan produk, meningkatkan akurasi dan produktivitas, hingga mencegah penipuan. 

Data Science berperan penting dalam kemajuan bisnis, jadi mulailah implementasikan ilmunya bersama DQLab. Latar belakang pendidikan bukanlah menjadi masalah bagi kamu yang terus ingin berkembang, dengan tekun dan pantang menyerah pastinya kamu bisa unggul dalam berkompetisi di Revolusi Industri 4.0!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB