LogoDIGINATION LOGO

AIIB Dukung Transformasi Digital Indonesia melalui Proyek Satelit Multifungsi PPP (Public-Private Partnership)

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 18 Agustus 2021 | 20:00 WIB
Share
Share

 

Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) bekerja sama dengan PT Satelit Nusantara Tiga (PSNT) membangun proyek pengembangan satelit telekomunikasi untuk memberikan konektivitas yang lebih luas bagi sekitar 45 juta masyarakat Indonesia yang berada di area paling terpencil.

Dewan Direksi AIIB telah menyetujui dana sebesar 150 juta dolar AS untuk Proyek Satelit Multifungsi PPP (Public-Private Partnership) Indonesia. Program pengembangan infrastruktur berbasis satelit pertama yang didanai oleh AIIB, akan meningkatkan konektivitas masyarakat Indonesia sebagai salah satu anggota AIIB, agar dapat menjalin komunikasi hingga ke pelosok nusantara.

Program ini selaras dengan misi pendanaan Infrastruktur untuk Masa Depan atau Infrastructure for Tomorrow, yang akan menghubungkan orang-orang di berbagai sekolah, rumah sakit, dan Pemerintah Daerah di wilayah-wilayah yang masih sulit dijangkau, dengan warga dunia lainnya.

Rencana ini diharapkan dapat membuka akses bagi pengetahuan, peluang perdagangan, peningkatan layanan kesehatan dan pemerintahan, untuk mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik.

“Proyek ini dapat memberi inklusi digital bagi para siswa di sekitar 94 ribu sekolah melalui pembelajaran daring, meningkatkan konektivitas bagi 3.700 pusat kesehatan, dan menghubungkan 3.900 pemerintah daerah dengan pusatnya di Jakarta,” kata Adi Rahman Adiwoso, Chief Executive Office PSNT.

Baca juga : Nokia luncurkan generasi terbaru dari portofolio AirScale 5G

Proyek ini dilaksanakan dalam bentuk kemitraan inovatif antara sektor publik dan swasta (atau public private partnership, PPP) yang menyatukan pemerintah Indonesia dan sektor swasta melalui dukungan AIIB.

Dukungan dan jaminan Pemerintah Indonesia terhadap PPP ini menjadi sangat penting bagi keberlangsungan proyek, mengingat skala dan total biaya proyek sebesar 540 juta dolar AS.

Program ini diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika karena tantangan kondisi geografis Indonesia terhadap penetrasi internet.

Konektivitas berbasis satelit merupakan satu-satunya pilihan teknologi yang memungkinkan akses komunikasi bagi lokasi-lokasi terluar di Nusantara.

Satelit ini sedang diproduksi oleh Thales Group di Perancis dan akan memiliki kapasitas 150 Gbps dengan frekuensi Ka-Band.

PSNT bertanggungjawab untuk mengawasi pembangunan dan peluncuran satelit, memastikan orbit satelit, dan mendapatkan lokasi gateway dan stasiun bumi, mendapatkan asuransi dan mengoperasikan, serta memelihara satelit, serta stasiun gateway dan bumi.

“AIIB memiliki peran sangat penting dalam proses ini. Institusi pendanaan swasta lain telah memberikan pinjaman, namun AIIB secara konsisten telah mendukung investasi strategis bagi negara-negara anggota, dalam kasus kami, hal ini tidak mungkin dimulai tanpa dukungan AIIB tersebut,” ungkap Ravi Talwar, Executive Vice President dan Direktur Keuangan PSNT

Pendekatan PPP juga tidak kalah penting dalam kesuksesan proyek, lanjut Ravi, dengan jaminan Pemerintah sebagai pelanggan tunggal dari produk akhir, sembari memberikan bantuan dalam menyediakan lisensi, pembebasan lahan, konstruksi, dan insentif pajak.

Sebagai proyek pertama AIIB dari pasar pembiayaan yang sangat khusus, prosesnya sendiri merupakan “kurva pembelajaran yang tajam,”. Namun, proyek ini telah memberikan AIIB pengalaman yang kuat untuk turut terlibat dalam proyek satelit telekomunikasi lainnya di masa depan.

Baca juga : 5G Hadir di Indonesia, Ini Fakta dan Syarat Aktivasinya

Hal ini penting bagi para penerima manfaat termasuk pemerintah dan end user, karena pada skala ini akan sangat rumit dan memakan biaya yang besar jika harus sepenuhnya bergantung pada pembiayaan sektor swasta.

Asim Rana, AIIB Principal Investment Officer, menyebut bahwa ada beberapa “tantangan unik” dari proyek ini, namun menekankan pentingnya proyek ini karena “infrastruktur merupakan salah satu pendorong utama upaya pengentasan kemiskinan.”

“Karena ini merupakan proyek yang akan digunakan Pemerintah, dari perspektif resiko, pendanaan terbaik adalah melalui skema PPP,” kata Chris Box, AIIB Senior Investment Officer.

Membiayai sepenuhnya proyek seperti ini dari sektor swasta melalui bank komersial akan sangat menantang, mengingat panjangnya jangka waktu pembiayaan yang dibutuhkan untuk mewujudkan proyek bagi para investor swasta. Oleh sebab itu, dipilihlah solusi terbaik, yakni pembiayaan gabungan dari AIIB, Bank-bank umum yang dijamin oleh Badan Kredit Ekspor, serta bank komersil swasta lainnya.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE