LogoDIGINATION LOGO

Nokia luncurkan generasi terbaru dari portofolio AirScale 5G

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 24 Juni 2021 | 19:19 WIB
Share
Share

Nokia hari ini mengumumkan peluncuran global dari rangkaian produk terbaru AirScale 5G, ini merupakan produk unggulan di industri.

Produk terbaru ini meliputi baseband, remote radio heads, dan massive MIMO active antennas dengan digital beamforming.

Solusi inovatif ini didukung oleh generasi terbaru Nokia ReefShark System-on-Chip (SoC) chipset yang bisa memberikan kapasitas dan kinerja jaringan tertinggi, sekaligus memungkinkan penerapan dan pengoperasian yang efisien.

“Portofolio baru Nokia memungkinkan penyedia layanan komunikasi untuk menawarkan pengalaman 5G mutakhir kepada konsumen dan pelanggan perusahaan dengan kecepatan, kapasitas, dan konektivitas premium yang didukung oleh penerapan 'plug-in' yang mulus, sederhana, dan efisien,” kata Tommi Uitto, President Mobile Networks, Nokia.

Baca juga : 5G Hadir di Indonesia, Ini Fakta dan Syarat Aktivasinya

Nokia memperkenalkan generasi baru dari AirScale bertenaga ReefShark, yaitu massive MIMO antennas dengan produknya 32TRX dan 64TRX, serta solusi remote radio head dengan produknya 8T8R.

Antena 32TRX merupakan produk yang paling ringan di industri, dengan berat hanya 17 kg, produk ini dapat menyederhanakan dan mempercepat penerapan solusi.

Catatan, dengan berat antenna ringan tetap dapat mendukung bandwidth frekuensi radio tinggi (high radio frequency bandwidth – 200 MHz occupied bandwidth dan 400 MHz instantaneous bandwidth) serta tetap memberikan output berupa frekuensi radio berkekuatan tinggi (high radio frequency power).  Kedua produk terbaru dari massive MIMO antennas yaitu 32TRX dan 64TRX semuanya mendukung spektrum terfragmentasi dan berbagai macam jenis jaringan.

Nokia juga memperkenalkan SoC-based baseband plug-in cards untuk meningkatkan kapasitas dari modul sistem AirScale (AirScale System Module). Plug-in cards bertenaga ReefShark yang baru ini dapat menghasilkan hingga delapan kali lebih banyak output dan melayani hingga delapan kali lebih banyak jaringan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Baca juga : 0G atau 5G Lebih Canggih Mana Sih?

Alat ini sangat mudah dipasang dan dapat menyederhanakan upgrade dan memperpanjang operasional dari semua penerapan AirScale. Nokia baseband module dapat mendukung 90.000 pengguna yang terhubung secara bersanaan dan memiliki ouput sebesar 84 Gbps.

Plug-in cards bertenaga ReefShark yang sangat efisien ini juga bisa mengurangi konsumsi daya hingga 75 persen. Modular Nokia AirScale baseband memungkinkan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas secara fleksibel dan efisien bersamaan dengan berkembangnya bisnis 5G mereka.

Software Nokia Single RAN kini sudah mencakup 5G, mempercepat peluncuran 5G dan mengurangi TCO (Total Cost of Ownership) dari jaringan akses radio secara keseluruhan dengan membuka efesiensi jaringan melalui transportasi umum, pengoperasian secara umum, pengiriman software secara umum dan peningkatan penggunanaan hardware secara bersama-sama.

Kombinasi dari software Nokia’s Singlge RAN dan baseband plug-in cards yang baru menawarkan berbagai model jaringan (2G, 3G, 4G, 5G) dan multi-band (banyak jaringan) serta mendukung juga interfaces fronthaul (eCPR) pada platform single baseband, menyederhanakan jaringan dan menurunkan biaya.

Nokia AirScale baseband dirancang untuk menjadi bukti masa depan dan mendukung peningkatan permintaan untuk lalu lintas nirkabel. Dengan menjaga komputasi L1 dan L2 (lapisan 1 dan lapisan 2) terpisah dari L3 (lapisan 3) dan memindahkan unit baseband plug- in, kapasitas dapat ditambahkan kapan dan dimana diperlukan dalam jaringan.

Chipset Reefshark Nokia juga akan memainkan peran penting dalam kemampuan Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) di masa depan. Nokia telah memperkenalkan fitur AI/ML di berbagai bidang seperti predictive load balancing, anomaly detection, dan intelligent traffic steering.

Semua platform Nokia Reefshark merupakan produk yang sudah siap AI/ML dan Nokia telah melakukan pembuktian konsep dengan para pelanggan pada tahun ini dibidang inovatif seperti pengoptimalan MIMO Massive beam pattern, penghematan energi, advanced traffic steering, advanced packet scheduling, dan alarm pattern discovery.

“Produk terbaru AirScale kami juga siap untuk O-RAN. Produk ini mengkonsumsi lebih sedikit energi dan menyoroti komitmen kami terhadap perubahan iklim. Kami senang melihat pelanggan kami menggunakan produk ini dan melihat dampak transformatif dari teknologi 5G,” ungkap Tommi Uitto, President Mobile Networks, Nokia.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE