LogoDIGINATION LOGO

Google Bantah Terjadinya Down Hari Ini

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 8 April 2021 | 20:02 WIB
Share
Share

Google membantah terjadinya down yang menyebabkan sejumlah platformnya tidak bisa diakses. Pada keterangannya perusahaan mengklaim sistemnya bekerja normal pada hari ini (8/4).

Dilansir dari CNNIndonesia.com status lumpuhnya sistem Google dapat dilihat dari dasbor resmi Google https://www.google.com/appsstatus#hl=en&v=status dan bukan berdasarkan Down Detector.

Terlihat dasbor milik Google menunjukan warna hijau, yang berarti tidak ada kelumpuhan pada seluruh layanannya.

Dalam dasbor itu juga tertera riwayat deteksi kelumpuhan sistem yang dapat dilihat beberapa hari ke belakang. Namun dasbor menunjukkan ada masalah pada 19 Februari 2021, yaitu pada layanan Google Analytics. Hal itu ditandai dengan tanda berwarna oranye, yang artinya layanan terjadi disrupsi.

Seperti yang diketahui Google mengalami pemadaman atau down pada Kamis sejak Pukul 09.50. Hingga pukul 17.00 WIB terpantau laporan masih terus berlangsung dari pengguna Google.

Gangguan yang menyebabkan layanan Google down terpantau terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia dan sebagian wilayah Singapura dan Malaysia.

Pada pencarian mengenai informasi gangguan layanan Google, tampak Indonesia, Singapura, dan sebagian kecil Malaysia, hingga Brunei Darussalam terdampak gangguan yang ditandai dengan warna merah dan kuning.

Baca juga : Hari Internet Aman Sedunia 2021, Google ajak Pengguna Periksa Keamanan Akun

 

Di Indonesia sendiri laporan banyak disampaikan pengguna yang tinggal di DKI Jakarta, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Berdasarkan peta Down Detector, masalah terbanyak pada mesin pencarian Google yang dilaporkan adalah kendala login 54% dan Search 45%.

Adapun layanan yang terdampak dari gangguan itu adalah Gmail, Google Meet, Google Drive, hingga YouTube.

Baca juga : IDA Resmi Memilih Similarweb Sebagai Standar Pengukuran Audiens Online di  Indonesia

Layanan Gmail dilaporkan sebanyak 57% mengalami kendala saat login, 32% kendala pada website, dan 9% pada receive message. Sementara, Google Drive dilaporkan 86% mengalami App Not Loading, 10% login, dan File Syncing.

Kendala pada Google Meet adalah 50% kendala dalam gabung rapat, 27% kendala saat login, dan 21% terkendala pada kualitas Video.

Sementara pada layanan Youtube pengguna mengeluhkan adanya, 66% kendala saat menonton video, 28% kendala saat login melalui website dan 4% kendala ketika login.

Terpantau Down Detector juga menyebutkan adanya kendala pada beberapa provider di Indonesia, beberapa di antaranya adalah Indosat Ooredoo, Telkom, dan koneksi internet Biznet.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE