
#BangkitBarengWarung, Tokopedia Kembangkan Usaha Tradisional Melalui Pemanfaatan Teknologi
Alternatif transformasi digital UKM dari Tokopedia
Selasa, 3 November 2020 | 18:28 WIB
Menjelang Ramadan, Tokopedia meluncurkan Bedug (Bersama Dapat Untung) Mitra Tokopedia untuk mendorong pegiat usaha tradisional dalam mengembangkan usaha serta melayani kebutuhan masyarakat di tengah Pandemi yang masih mewabah di Indonesia.
Kampanye ini merupakan inisiatif yang dapat mempermudah pegiat usaha, terutama pegiat usaha tradisional dan UMKM lokal, termasuk pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya - memaksimalkan penjualan menjelang bulan Ramadan.
“Kampanye ini merupakan bentuk apresiasi terhadap jutaan pegiat usaha tradisional yang telah memanfaatkan platform Mitra Tokopedia untuk mengembangkan usahanya sekaligus semakin semangat dalam melayani masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo.
Selama periode kampanye yang berlangsung dari 30 Maret-30 April 2021, para pegiat usaha tradisional bisa mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya cashback setiap hari untuk setiap transaksi produk pascabayar di Mitra Tokopedia.
Baca juga : UniPin Hadirkan Cashback Hingga 90% untuk Pembelian Voucher Game Pakai ShopeePay
Tersedia juga diskon grosir sebesar Rp500.000 dan bebas ongkir setiap hari, serta kesempatan mendapatkan undian Poin Hadiah sebesar Rp125 juta.
Selain itu Tokopedia juga akan menghadirkan Kurikulum #SIAPRAMADAN 2021, rangkaian materi edukasi yang bisa diakses para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal, untuk memaksimalkan penjualan selama Ramadan di platform Tokopedia.
Materi yang bisa didapatkan penjual mulai dari tips menarik perhatian calon pembeli, beragam fitur promosi yang bisa dimanfaatkan, cara membuat tampilan toko semakin menarik selama Ramadan, hingga tips terkait branding yang lebih relevan.
Bahkan tersedia materi berkaitan dengan strategi menghadapi persaingan, membuat kampanye dan memilih logistik untuk mendongkrak penjualan selama Ramadan.
Baca juga : #BangkitBarengWarung, Tokopedia Kembangkan Usaha Tradisional Melalui Pemanfaatan Teknologi
“Beragam materi ini disesuaikan dengan tingkatan penjual, yaitu beginner, intermediate dan advance. Selain itu, Tokopedia juga menyediakan pendampingan lainnya berupa kegiatan webinar atau talkshow virtual,” ungkap Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Pipit Indrawati.
Selain mengikuti Kurikulum #SIAPRAMADAN, para pegiat usaha lokal juga dapat memaksimalkan penjualan dengan mengikuti kampanye Parsel Ramadan mendatang.
Penjual cukup meng-upload produk parsel ke toko dengan rumus penamaan produk: Parsel Ramadan + Jenis Produk + Merek + Keterangan. Produk parsel penjual akan muncul di halaman khusus kampanye.
Alternatif transformasi digital UKM dari Tokopedia
Selasa, 3 November 2020 | 18:28 WIBTren beli gadget sekaligus asuransinya meningkat signifikan di Tokopedia
Rabu, 25 November 2020 | 16:24 WIBPelanggan Hypermart, Foodmart, Primo dan Hyfresh sekarang bisa belanja lewat Tokopedia
Jumat, 11 Desember 2020 | 11:14 WIBSejak Threads diluncurkan pada Juli 2023, banyak pengguna merasa ada satu fitur penting yang kurang, yaitu direct message. Kini, Meta luncurkan fitur DM di Threads.
Kamis, 12 Juni 2025 | 15:23 WIBGoogle DeepMind, pusat penelitian AI dari Google, saat ini sedang menggarap “next-generation email”. Apa saja kemampuan email generasi baru ini?
Rabu, 4 Juni 2025 | 10:00 WIBDengan teknik rekayasa sosial yang canggih, pengguna dibujuk untuk mengunduh dan memasang aplikasi palsu
Selasa, 3 Juni 2025 | 11:42 WIBWhatsapp untuk iPad ini memungkinkan pengguna melakukan video dan audio call, berbagi layar (share screen), dan menggunakan kamera depan maupun belakang.
Jumat, 30 Mei 2025 | 15:26 WIBManfaat Gemini Pro Gratis untuk Mahasiswa
Selasa, 27 Mei 2025 | 12:28 WIBPara podcaster yang mengisi panggung Super Podcast Show 2025 di Depok memang istimewa. Selain komika Andri Sakti, hadir pula ABG Siniar dan Podcast Seminggu.
Selasa, 20 Mei 2025 | 11:32 WIBMini Bootcamp ini fokus pada pengenalan konsep dasar analisis data, pemanfaatan tools yang mudah diakses dan penerapan langsung
Sabtu, 17 Mei 2025 | 10:05 WIBBelagu Podcast dan Podcast Explishit sukses menghibur para pendengar podcast dengan ciri khas mereka masing-masing.
Rabu, 14 Mei 2025 | 16:16 WIBDengan alat bertenaga AI yang baru, pengguna dapat dengan mudah membuat situs web dan bahkan mempublikasikannya.
Sabtu, 10 Mei 2025 | 10:00 WIBSkype, aplikasi video conference dari Microsoft, resmi ditutup per 5 Mei 2025. Apa yang mendasari keputusan Microsoft tersebut?
Jumat, 9 Mei 2025 | 15:48 WIBPerkembangan teknologi Neuralink milik Elon Musk ciptakan perubahan besar dalam bidang neuroteknologi.
Jumat, 2 Mei 2025 | 23:43 WIBTahun ini adalah penyelenggaraan ketiga Super Podcast Show, setelah sebelumnya sukses digelar pada tahun 2023 dan 2024.
Rabu, 30 April 2025 | 13:32 WIBJakarta E-Prix 2025 akan menampilkan mobil balap listrik generasi ketiga
Senin, 28 April 2025 | 11:12 WIBTeknologi Artificial Intelligence dan Augmented Reality belakangan mulai diterapkan dalam industri kecantikan. Hasilnya, konsultasi perawatan kulit jadi lebih akurat.
Rabu, 23 April 2025 | 12:31 WIBDalam menghadapi volatilitas rupiah pelaku usaha dapat mempertimbangkan strategi berikut:
Selasa, 15 April 2025 | 14:33 WIB