LogoDIGINATION LOGO

Kecanduan Smartphone? Berikut Tips agar Kamu Tetap Produktif Tanpa Gangguan Smartphone

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 16 November 2020 | 15:45 WIB
Share
Share

Saat ini, smartphone telah menjadi teman dimanapun dan kapanpun kita berada dan kita butuhkan. Dalam banyak hal, teknologi sangat luar biasa membantu kita. Namun tak jarang, smartphone juga dapat menyebabkan "gangguan digital", yang menghambat belajar dan pekerjaan.

Di dunia serba cepat ini, kamu dituntut harus standby handphone setiap saat. Kamu dituntut untuk membalas chat teman, atasan, dan pelanggan, melihat berita viral di media sosial, bahkan mencari hiburan di waktu produktif yang memakan waktu dan mengurangi energi sehingga membuat kita merasa lelah dan tidak fokus untuk melakukan kegiatan lainnya.

Databooks menunjukan di tahun 2018 sendiri setengah dari populasi Indonesia atau sebanyak 56,2% telah menggunakan smartphone. Setahun setelahnya, sebanyak 63,3% masyarakat menggunakan ponsel pintar dan dalam kurun waktu enam tahun sejak 2019, penetrasi ponsel pintar di tanah air tumbuh 25,9%.

Hingga 2025, Databooks memprediksi setidaknya 89,2% populasi di Indonesia telah memanfaatkan ponsel pintar. Tentu semakin banyak pengguna smartphone, semakin banyak juga kemungkinan gangguan digital yang kita alami. Jika terus-terusan seperti itu, kamu bisa kehilangan ranking kelas bahkan pencapaian yang kamu inginkan di kantor. Jadi, apa yang dapat kamu lakukan untuk meminimalkan gangguan digital?

Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu menjalankan pendidikan, komunikasi, dan produktivitas lain sambil meminimalkan gangguan digital.

Gunakan pagi hari untuk belajar
Hal yang pertama harus lakukan adalah tanyakan pada diri kamu, apakah kamu cukup memiliki waktu senggang untuk membalas chat mereka? Jika kamu nggak punya jawabannya, kamu harus tau kapan waktu Prime Time untuk mereka. Ingat bahwa waktu terbaik untuk belajar adalah di pagi hari ketika orang-orang biasanya belum aktif dengan media sosial mereka bahkan belum bangun. Cek kembali smartphone kamu di jam 09.00 dan jam 12.00, serta cek kembali smartphone kamu di jam pulang kantor.

Membatasi waktu seperti ini akan mempermudah kamu untuk tetap fokus.

Matikan data atau notifikasi
Jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal untuk belajar atau bekerja, kamu harus tegas dengan diri kamu sendiri. Kamu bisa menonaktifkan semua notifikasi, atau uninstall media sosial kamu, namun jika menurut kamu itu terlalu ekstrem kamu hanya bisa matikan notifikasi kamu agar tidak kedistract saat ada notifikasi masuk. Jika semua notifikasi mati, kamu tidak akan terganggu dan fokus sepenuhnya pada apa yang kamu lakukan.

Ubah pikiran FOMO
Jika kamu memiliki rasa cemas jika melewatkan sesuatu yang viral, baik tren, news dan hal lain, maka kamu telah menjadi salah satu manusia FOMO (the Fear Of Missing Out). Fomo adalah salah satu penyebab utama gangguan digital. Kamu harus mencegah hal ini merayap ke dalam waktu belajar dan pekerjaan kamu.

Kamu dapat melakukan dengan memeriksa chat, media sosial dan email kamu sebelum kamu memulai masa studi atau pekerjaan kamu. Kamu perlu melupakan sesuatu dan tidak mengkhawatirkan apa yang akan menjadi pembicaraan orang-orang ketika jam istirahat. Jadi, sebelum kamu memulai, lakukan pemeriksaan email, chat dan media sosial kamu, ini akan memberi kamu pengetahuan akan dunia luar dan tidak mengganggu waktu produktif kamu.

Komunikasi
Saat kamu memberi tahu mereka apa yang kamu lakukan, mereka akan lebih menghargai waktu kamu. Komunikasi telah teruji ampuh untuk menghindari gangguan digital yang kamu alami. Tidak mungkin bukan mereka bilang, "kamu harus selalu ada buat aku setiap detik" pasti mereka akan memberi kamu kebebasan, dan kamu akan mudah mengerjakan segala pekerjaan dengan fokus.

Buatlah rencana harian
Kadang kita mengulur pekerjaan yang harus menjadi “tidak harus” mindset ini yang perlu diubah. Karena keasikan bermain smartphone kamu menganggap semua pekerjaan rumah bukan keharusan, nah disinilah tidak sepenuhnya digitalisasi salah, tapi pola pikir kamulah yang salah. Kamu harus tau mana yang benar-benar prioritas, mana yang masih ditunda, atau yang bisa ditunda hingga waktu lama. Kamu harus set alarm atau tulis di kalender jadwal harian kamu untuk beberapa hari ke depan.

Melakukan ini setiap harinya akan membuat kamu lebih terarah. Kamu jadi punya waktu membalas chat teman mu, membalas email rekan kerjamu dan melihat berita yang sedang hangat tanpa harus mengganggu pekerjaan rumahmu.

Itulah 5 Tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap fokus, ingatlah untuk mengalokasikan waktu belajar kamu di pagi hari.

Kedua, matikan semua notifikasi saat kamu dalam waktu belajar atau bekerja, beritahu teman, atasan, dan klien ketika kamu sedang sibuk. Dan terakhir, buatlah planning  di kalender kamu dan jadikan itu suatu keharusan, lakukan 5 tips ini, kamu akan mudah fokus dan menghindari gangguan digital yang selama ini menghambat kamu.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE