LogoDIGINATION LOGO

Baru Gajian? Begini Cara Memanage Gaji Bulananmu

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 22 Oktober 2020 | 20:36 WIB
Share
Share

Sudah masuk tanggal tua nih, berarti satu atau dua minggu lagi, jerih payah mu selama sebulan akan terbayarkan.

Bicara soal spending atau pengeluaran, pasti setelah gajian, kamu akan memanjakan diri kamu dengan membeli barang yang kamu suka sebagai self reward. Sebenarnya, tidak ada salahnya kamu memberi reward kepada diri kamu, tapi jangan sampai pengeluaran melebihi gaji yang kamu tunggu selama sebulan.

Jika kata Relix Arnold N. Rocky, Head Equity and Alternative Assets BNI Life Insurance, masa-masa produktif adalah masa kamu mengumpulkan pundi uang untuk masa depan. Tetapi, kadang kita tidak bisa membedakan mana barang yang ‘dibutuhkan’ dan kita ‘inginkan’. Alhasil, ketika tanggal tua, kamu harus mati-matian menghemat dan tidak bisa menabung.

Agar kantong mu tetap tebal hingga akhir bulan, dan sukses mengumpulkan pundi uang untuk masa depan, kamu harus bisa memanage gaji bulanan mu dari sekarang. Ini dia 5 hal yang harus kamu lakukan ketika baru gajian:

Buat Anggaran Belanja
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat anggaran belanja. Tentukan setiap bulan berapa jatah belanja yang bisa dihabiskan. Jika jatah belanja mu telah habis, maka tahan keinginan kamu untuk bulan depan.

Cek Prioritas Pengeluaran
Lebih baik beli peralatan memasak atau baju baru ya? Jika budget terbatas, maka pilihlah sesuai kebutuhan kamu. Jika budget kamu cukup, Stop! lihat apa kedua barang tersebut benar-benar dibutuhkan? Pilihlah produk yang sekiranya benar-benar menjadi prioritas kamu serta membuat kamu lebih produktif dan menghasilkan.

Pisahkan Dana
Setelah menyusun anggaran dan mengutamakan prioritas, kemungkinan kamu belanja melebihi anggaran sudah pasti bisa terjadi kapan saja. Pisahkan gaji bulanan kamu ke beberapa bagian, pertama biaya harian, belanja bulanan, self reward, dana darurat, dan tabungan masa depan.

Jika jatah bulanan kamu masih tersisa, anggaran tersebut bisa kamu gunakan untuk biaya self reward, namun jika biaya self reward dan belanja kamu sudah habis terkuras, waktunya kamu menghemat dan memanfaatkan biaya harian kamu semaksimal mungkin. Jangan gunakan dana darurat dan tabungan masa depan, percaya atau tidak kedua alokasi dana ini yang membawa mu menjadi sukses kelak.

Kurangi Nongkrong yang Tidak Produktif
Tidak ikut nongkrong, bukan berarti kacang lupa kulit. Kamu harus mulai mengurangi nongkrong bareng teman-teman yang hanya sekedar untuk ngerumpi. Batasi diri kamu untuk ikut nongkrong maksimal 3 kali dalam sebulan, agar gajimu tidak cepat terkuras. Tidak mungkin dong, baru ketemu semalam, lalu hari ini ketemu lagi? selain anggaran, prioritaskan kegiatan mu juga harus diperhatikan ya.

Pikirkan Rencana Usaha
Jika empat hal diatas sudah kamu lakukan, waktunya kamu pikirkan rencana usaha. Memikirkan rencana usaha ampuh untuk kamu menghemat gaji bulanan. Masa iya? Ya, karena ketika kamu menyusun sebuah usaha, kamu akan fokus membeli barang produktif untuk keberlangsungan bisnis. Kamu akan mulai memikirkan keuntungan dari bisnis, dan mengabaikan kebiasaan hura-huramu.

Nah, itu dia 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat gaji bulanan mu. Menikmati gaji bulanan memang tidak ada salahnya, namun di masa produktif lebih baik kamu memikirkan bagaimana melipatgandakan uang gajimu untuk self reward yang lebih membanggakan.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB