LogoDIGINATION LOGO

Tanamduit Bisnis, Solusi UKM dan Institusi Optimalkan Pengelolaan Kas

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 21 September 2020 | 10:02 WIB
Share
Share

Platform digital wealth management tanamduit luncurkan inovasi layanan terbaru ‘tanamduit bisnis’ sebagai solusi mengoptimalkan imbal hasil dana kas operasional UKM, yayasan, koperasi, maupun institusi lain yang selama ini masih menggunakan produk perbankan seperti giro dan tabungan.

Co-Founder & CEO tanamduit (PT Star Mercato Capitale) Rini Hapsari, menyatakan dengan solusi tanamduit bisnis perusahaan dapat dengan mudah, cepat dan aman untuk mengalokasikan dana kas yang tidak terpakai, ke produk-produk reksadana pasar uang yang ada di tanamduit bisnis.

“Rata-rata UKM, yayasan, koperasi, maupun institusi lain dalam mengelola dana kas transaksional hanya memanfaatkan produk bank berbentuk giro dan tabungan, di mana bunga yang dihasilkan hanya sekitar 1 persen per tahun,” kata Rini.

Solusi ini diharapkan memudahkan pelaku bisnis seperti UKM, yayasan, koperasi atau institusi lainnya untuk menempatkan dana kas operasional di produk-produk reksadana pasar uang dengan proses yang mudah, cepat dan aman.

“Dengan menempatkan dana idle (dana belum terpakai) di reksa dana pasar uang yang memilih imbal hasil lebih tinggi, yakni sekitar 5-7 persen per tahun, pencairan dapat dilakukan kapanpun tanpa penalti, dan risiko rendah setara deposito, yayasan, UKM, koperasi, maupun institusi lain dapat memaksimalkan keuntungan yang diperoleh,” kata Rini.

Hingga saat ini tanamduit telah menawarkan instrumen investasi seperti reksa dana, Surat Berharga Negara (SBN), obligasi, emas dan produk asuransi yang tersedia di dalam satu aplikasi.

Dalam pengelolaannya instrumen reksa dana, tanamduit bisnis memiliki perizinan serta diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tercatat sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD).

Dalam fitur ini investor disajikan dengan data kinerja historis reksa dana, prospektus, dan fund fact sheet yang berfungsi untuk membantu investor dalam menemukan produk yang sesuai. tanamduit juga menyajikan produk reksa dana pasar uang yang beragam dari jenis konvensional maupun Syariah yang berasal dari berbagai Manajer Investasi yang terpercaya.

Semua produk reksadana pasar uang yang ditawarkan memiliki fitur dapat dicairkan sewaktu waktu dimana dana akan efektif pada  T+1 (hari kerja bursa) dari instruksi pencairan.

Muhamad Hanif, Co-Founder tanamduit menambahkan tanamduit bisnis menggunakan mekanisme maker dan checker dalam bertransaksi. Di mana maker adalah orang yang didelegasikan oleh yayasan, UKM, koperasi, maupun institusi lain untuk membuat keputusan sendiri berinvestasi atau transaksi jual beli reksa dana di platform tanamduit bisnis. Dengan fitur ini semua transaksi dapat dilakukan dari manapun dengan cepat, mudah dan aman.

Direktur PT Penata Ragam Selaras, William Setiawan selaku investor reksa dana tanamduit bisnis mengatakan platform ini sangat mudah dipergunakan untuk mengelola dana-dana idle secara mandiri.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang event organizer, produk baru tanamduit bisnis merupakan solusi mengoptimalkan pengelolaan dana di tengah pandemi covid-19.

“Dengan usaha yang bergerak di bidang Event Organizer di situasi pandemi saat ini, kami menaruh dana di reksa dana pasar uang untuk memaksimalkan dana yang masih ada. Dengan berinvestasi di reksa dana pasar uang ini kami membuat uang yang bekerja dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.” tuturnya.

 

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE