
Kamu Pikir Esports Cuma Soal Jadi Juara?
Kamu pikir kompetisi esports itu hanya soal jadi yang paling jago main game tertentu saja? Jangan salah!
Minggu, 10 Februari 2019 | 11:30 WIB
Dalam upaya memperluas ekosistem esport di Indonesia Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dan Indonesia Esports Premiere League (IESPL) mengungkapkan pentingnya peran orang tua untuk mendukung generasi muda menuju atlet esport kelas dunia.
Hal ini diungkap dalam acara bincang media dengan tema “Esports bagi Pelajar: Sinergi Peran Orang Tua dan Dukungan Sekolah”, Jumat (4/9).
Pada bincang tersebut, peran orang tua dan sekolah dinilai sangat penting untuk memberikan dukungan sekaligus pengawasan terhadap generasi muda yang menggemari game online. Tidak hanya untuk mencegah dampak buruk dari bermain game, namun juga menjadi bagian dalam proses pembinaan agar bermunculan atlet-atlet esports potensial yang bisa membawa prestasi bagi Indonesia di masa depan.
Kepala Bidang Olahraga Prestasi Internasional Kementerian Pemuda dan Olah Raga Jenal Aripin yang mewakili Kemenpora mengatakan bahwa upaya pemerintah dalam mengembangkan esports dilandaskan pada visi mencetak SDM Indonesia berkualitas unggul.
Esports layaknya cabang olahraga lainnya, untuk mencetak atlet berprestasi harus ditekuni dengan baik dan berlatih disiplin sejak usia muda.
“Anak-anak muda yang menekuni esports, sama seperti bidang-bidang lainnya, harus punya keseimbangan. Peran orang tua dan sekolah juga sangat penting. Harus dinamis bagaimana mengarahkan ke hal-hal yang positif, lalu pertegas regulasi dalam lingkup rumah dan sekolah,” ungkap Jenal Aripin.
Ia menambahkan, bimbingan yang tepat dari lingkup orang tua dan sekolah berkontribusi dalam proses melahirkan atlet-atlet esports berprestasi.
“Untuk mencetak atlet berprestasi itu ada proses. Mulai dari pemanduan bakat, kemudian identifikasi bakat atau memutuskan mana yang sekadar hobi mana yang bisa diarahkan prestasi. Maka itu kami setuju bahwa penguatan peran orang tua dan sekolah itu merupakan langkah yang sangat positif dalam pengembangan esports,” kata Jenal Aripin.
Psikolog Ghea Amalia Arphandy juga menjelaskan kajian psikologi tentang dampak esports khususnya terhadap generasi muda yang masih duduk di bangku sekolah dan kuliah.
Menurut Ghea, orang tua dan sekolah yang merupakan ekosistem tumbuh kembang anak menjadi kunci untuk memaksimalkan dampak positif dan memutus dampak buruk bermain game bagi anak muda.
“Peran keluarga sangat penting membentuk anak. Orang tua harus membaca dan menyelami seperti apa hobi dan permainan anaknya, sehingga memahami bagaimana menerapkan aturan yang kira-kira tepat bagi anak,” kata Ghea.
Hal serupa juga dikatakan Yohannes Paroloan Siagian Director Somnium Esports menurutnya, kegemaran anak muda dalam bermain game apabila dikelola dan dibina dengan baik, dapat memberikan manfaat positif bagi pelajar.
Esports, menurutnya, juga membuka ruang-ruang baru di masa depan bagi anak muda untuk meraih kesuksesan.
Dalam kesempatan yang sama Presiden IESPL Indonesia Esports Premiere League Giring Ganesha mengatakan potensi anak-anak muda Indonesia di bidang esports sangat besar. Oleh karena itu diperlukan wadah-wadah yang tepat bagi anak-anak muda yang ingin menekuni esports dengan serius, sehingga nantinya bisa sukses menjadi atlet profesional yang berprestasi.
Ia mengatakan Piala Menpora Esports 2020 Axis lahir dari pemikiran tersebut, sehingga memfokuskan pada peserta yang berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa.
Giring berharap semua stakeholder yang ada dalam ekosistem esports, termasuk orang tua dan sekolah bisa memberikan dukungan dan pengawasan yang tepat.
“Tujuan Piala Menpora Esports salah satunya adalah menjadi wadah anak-anak muda yang ingin menekuni esports. Dengan mengikuti turnamen mereka bisa mengenali potensinya sendiri, memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kemampuan. Tentunya peran orang tua dan sekolah tidak terlepas untuk memberikan dukungan dan bimbingan,” terang Giring.
Piala Menpora Esports 2020 Axis merupakan kompetisi esports hasil kolaborasi antara Kemenpora, IESPL, dan AXIS. Bertujuan untuk melahirkan talenta-talenta muda, kompetisi ini menyasar generasi muda yang masih duduk di bangku SMP, SMA dan universitas.
Piala Menpora Esports 2020 Axis mempertandingkan Mobile Legends: Bang Bang yang merupakan game besutan Moonton yang mengusung genre MOBA. Di babak kualifikasi, sebanyak 2.048 tim esports yang berkompetisi terbagi dalam 4 kloter dengan 512 tim per kloter.
Para pemain akan bertanding 5 vs 5 untuk terus melaju ke babak berikutnya. Babak Grand Final yang akan berlangsung pada 3 – 4 Oktober mendatang mempertemukan delapan tim terbaik dari 4 kloter untuk bersaing meraih gelar juara Piala Menpora Esports 2020 Axis.
Kamu pikir kompetisi esports itu hanya soal jadi yang paling jago main game tertentu saja? Jangan salah!
Minggu, 10 Februari 2019 | 11:30 WIBIndustri esports semakin menjanjikan bagi orang-orang yang ingin terjun ke dalamnya. Prediksi dari Newzoo sangat mengejutkan, yuk simak!
Kamis, 14 Februari 2019 | 11:15 WIBDukungan pemerintah terhadap industri esport nasional
Rabu, 5 Agustus 2020 | 16:20 WIBPiala Menpora ESport 2020 AXIS kembali digelar
Selasa, 18 Agustus 2020 | 21:11 WIBEVOS Membership akan terapkan transaksi cashless dari VIsa
Kamis, 27 Agustus 2020 | 11:43 WIBTahun ini adalah penyelenggaraan ketiga Super Podcast Show, setelah sebelumnya sukses digelar pada tahun 2023 dan 2024.
Rabu, 30 April 2025 | 13:32 WIBJakarta E-Prix 2025 akan menampilkan mobil balap listrik generasi ketiga
Senin, 28 April 2025 | 11:12 WIBTeknologi Artificial Intelligence dan Augmented Reality belakangan mulai diterapkan dalam industri kecantikan. Hasilnya, konsultasi perawatan kulit jadi lebih akurat.
Rabu, 23 April 2025 | 12:31 WIBDalam menghadapi volatilitas rupiah pelaku usaha dapat mempertimbangkan strategi berikut:
Selasa, 15 April 2025 | 14:33 WIBBelakangan ini lagi rame dengan tren mengubah foto jadi gambar ala Studio Ghibli. Meskipun seru, aktivitas ini ternyata menyimpan resiko yang nggak main-main.
Kamis, 10 April 2025 | 15:47 WIBOpenAI baru aja merilis fitur baru ChatGPT image generator yang bikin pengguna bertambah sampai satu juta orang hanya dalam satu jam!
Jumat, 4 April 2025 | 11:31 WIBxAI, perusahaan kecerdasan buatan milik Elon Musk, dikabarkan telah mengakuisisi X (sebelumnya Twitter) yang baru saja dibelinya pada Oktober 2022.
Rabu, 2 April 2025 | 13:19 WIBLantas berapa harga jajaran iPhone 16 setelah resmi masuk ke Indonesia?
Jumat, 28 Maret 2025 | 16:07 WIBAjang kompetisi kewirausahaan Skystar Youngpreneur Competition 2025 kembali digelar di UMN. Kompetisi diikuti oleh 93 siswa usia 12-18 tahun dari berbagai sekolah.
Rabu, 12 Maret 2025 | 14:13 WIBSertifikasi BNSP diakui secara nasional dan menunjukkan bahwa pemegang sertifikat memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar industri.
Kamis, 6 Maret 2025 | 15:44 WIBPosisi data scientist di perusahaan saat ini sedang booming. Untuk memulai karir di bidang data science, dibutuhkan pemahaman dasar mengenai pengolahan data, analisis statistik, dan teknik visualisasi data.
Rabu, 15 Januari 2025 | 17:24 WIBHuawei Pura70 Ultra menawarkan kemampuan fotografi terbaik dengan desain yang elegan. Fitur-fiturnya memberikan pengalaman fotografi dan videografi setara kamera profesional.
Selasa, 31 Desember 2024 | 15:02 WIBDalam peringatan HUT BRI ke-129, salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia ini mencatatkan laba sebesar Rp60,4 triliun sepanjang tahun 2023.
Senin, 16 Desember 2024 | 15:32 WIBFLOII Expo 2024 sendiri merupakan pameran tanaman hias pertama dan terbesar di Indonesia berskala internasional yang menjadi wadah berkumpulnya para pelaku usaha, peminat dan penggemar tanaman hias di Indonesia. Tidak hanya sebagai tempat bertemu dan
Kamis, 28 November 2024 | 10:21 WIBUnilever Food Solutions Hadirkan Cooking Hack di SIAL Interfood 2024
Jumat, 15 November 2024 | 17:38 WIB