LogoDIGINATION LOGO

Balada Fresh Graduate, Ini Dia Cara Mendapatkan Uang Saku

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 2 September 2020 | 17:45 WIB
Share
Share

Bagaimana jadi fresh graduate, senang bukan? Senang dong, karena sudah berhasil menjalani satu tingkat pendidikan menuju kehidupan yang sebenarnya, nahlo.. kehidupan yang sebenarnya? Ya kehidupan, dimana mau nongkrong nggak punya uang, mau minta orang tua tapi sungkan.

Jadi fresh graduate itu enak nggak enak, enaknya bisa bebas dari pelajaran, nggak enaknya kita udah nggak dapet asupan uang saku setiap bulannya.

Nah, biar bisa nongkrong tanpa uang orang tua, yuk mulai cari uang saku mu sekarang..

Mencari pekerjaan
Walau mencari pekerjaan tidak semudah membalikan telapak tangan, kamu tetap harus mencari pekerjaan dan belajar dari kesalahan saat melamar kerja atau ketika interview.

Selain itu, jangan takut melamar pekerjaan yang tidak sesuai jurusan. Jika kamu berhasil mendapat pekerjaan yang tidak sesuai jurusan, kamu bisa menambah pengalaman dan portofolio untuk mengembangkan karirmu kedepannya.

Namun, jika kerja keras mu tidak juga membuahkan hasil, coba cari peruntungan mu di usaha lainnya, kamu bisa menjadi volunteer, riset online, bikin konten, dan membuka usaha sendiri.

Jadi volunteer
Yang bisa kamu lakukan setelah melepas masa pendidikan mu, selain mencari pekerjaan adalah menjadi volunteering atau yang biasa disebut volunteer. Volunteer adalah kegiatan sukarela guna membantu terlaksananya kegiatan acara suatu organisasi.

Walau kegiatan sukarelawan atau terkesan “tidak di bayar”, tapi banyak event organisasi yang memberi uang terimakasih dan uang transport untuk volunteernya kok, sekitar Rp 200 – 1,5 juta/ hari tergantung lama kegiatan dan seberapa besar event tersebut.

Selain mendapat uang saku, kamu juga bisa mendapat banyak pengalaman dan teman baru ketika menjadi volunteer lho.

Ikut riset online
Seiring berkembangnya teknologi dan penggunaan internet di seluruh dunia, terdapat berbagai macam cara untuk kalian mendapatkan penghasilan tanpa melakukan pekerjaan konvensional, salah satunya riset online.

Saat ini banyak perusahaan yang kepo sama kebiasaan masyarakat untuk meningkatkan produk dan inovasi mereka. Nah dengan bantuan agensi atau platform online untuk menyebarkan kuesionernya, perusahaan bakal kasih uang terima kasih karena sudah bantu mengisi kuesioner miliknya. Biasanya untuk sekali riset online, kamu bisa mendapat Rp200 - Rp700 ribu.

Bikin konten
Di era serba digital ini, banyak usaha yang dapat kamu lakukan dengan mengandalkan internet, salah satunya bikin konten. Sudah banyak platform digital yang memonetisasi karya bagi orang-orang kreatif. Kamu bisa membuat konten, video, foto, podcast, blog, apapun itu dan bisa kamu sebar di platform tersebut.

Ingat ya, selain menghibur, buatlah konten yang mengedukasi, dan jauh dari unsur sara, kekerasan, dan hate speech, agar viewers mu bertambah dan uang saku mu semakin banyak.

Buka usaha sendiri
Nah, opsi terakhir ini lah yang sangat disarankan bagi kamu fresh graduate.

Walau banyak cara untuk mendapatkan uang, tapi membuka usaha sendiri baik untuk melatih kamu membuka lapangan kerja lho.. Kamu bisa membuka kedai kopi, clothing, atau membuka jasa fotografi atau desain yang sedang banyak dicari orang di era digital ini.

Itulah 5 cara mendapatkan uang saku untuk menghindari ke-bokek-an. Oh iya.. jangan minder ketika teman-teman mu lebih dulu mendapatkan pekerjaan. Itu bukan karena kamu tidak memiliki keterampilan kok, mungkin jalan hidup mu bukan untuk kerja sama orang tapi untuk membuka lapangan pekerjaan. Tetap semangat ya!

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION

Takut Jadi Entrepreneur? Jangan!

Menjadi entrepreneur adalah impian sebagian besar orang. Tapi nyatanya tidak banyak orang yang berani mengambil langkah ini karena ketakutan-ketakutan yang ada.

Sabtu, 15 Desember 2018 | 15:00 WIB

3 Skill IT yang Wajib Dikuasai para Entrepreneur

Ilmu bisnis dan manajemen saja tak cukup membuat bisnis bertahan. Zaman now, pengetahuan tentang bisnis digital dan IT menjadi yang utama. Apa saja yang harus dipelajari para entrepreneur?

Rabu, 16 Januari 2019 | 11:15 WIB
LATEST ARTICLE