LogoDIGINATION LOGO

Ingin Lebih Bahagia di Tempat Kerja? Lakukan 7 Hal ini

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Senin, 30 September 2019 | 11:30 WIB
Share
Bahagia di tempat kerja (shutterstock)
Share

Apa kamu sering bosan bekerja di kantor? Dan ingin merasakan bekerja lebih bahagia tanpa harus resign?

Bisa, lho. Hanya dengan sedikit perubahan dalam rutinitas bisa memberikan rasa lebih bahagia dalam bekerja. Lalu, apa saja yang harus dirubah? Ini dia...

1. Stop Sering Memeriksa e-mail

Riset menemukan bahwa email bisa menghasilkan dopamin di otak, saat pesan bersifat positif dan bermanfaat. Namun, sebagian besar email tidak positif dan cenderung mengecewakan. 

Karenanya, yuk kurangi kebiasaan terlalu sering memeriksa email dengan menjadwalkan waktu khusus menerima dan memeriksa email.

Baca juga: Mau Bahagia? Digital Detox Aja!

Ilustrasi mengecek email (shutterstock)
2.  Jalan-jalan Keluar Kantor

Ini mungkin salah satu tips klasik yang sering kamu dengar tapi kebanyakan orang tidak melakukannya. Duduk seharian di meja kerja tentu membosankan. Maka sempatkanlah saat jam makan siang keluar sebentar, temui matahari dan cari udara segar. Dijamin, setelah itu harimu bisa lebih bahagia di tempat kerja.

3. Beri Feedback Positif

Memuji atau memberi feedback positif pada orang lain bisa berdampak baik untuk membentuk lingkungan kerja yang positif dan tentunya membahagiakan.

4. Makan Makanan Sehat

Sebenarnya ini adalah aturan umum dalam hidup: kebahagiaan bisa dipengaruhi oleh makanan yang kita makan. Memakan fast food terlalu sering bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Yuk, makan makanan sehat mulai sekarang! Karena makanan sehat bisa mendatangkan pikiran yang sehat pula, lho.

Baca juga: 3 Cara Ubah Kantor Jadi Tempat Seru dan Menyenangkan!

Ilustrasi memakan makanan sehat (shutterstock)
5. Tertawa

Dalam bekerja memang harus serius tapi jangan terlalu serius ya. Boleh lah sewaktu-waktu bercanda, berbagi lelucon dan tertawa dengan rekan kerja lain. Biar kerja bisa bahagia, enggak tegang terus.

6. Batasi Waktu Melihat Handphone

Ada satu lagi terkait efek dopamin. Seperti halnya email, kamu pasti sering melihat atau memeriksa handphone sepanjang hari. Mengharapkan ada kabar baik, yap ini bisa merilis dopamin ke otak. Tapi riset menemukan bahwa hal ini juga menyebabkan kekecewaan ketika pesan, email atau bahkan postingan sosial media tidak terlalu positif.

7. Minum Lebih Banyak Kopi

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Institute of Health menemukan bahwa mereka yang minum empat atau lebih cangkir kopi memiliki kemungkinan 10 persen lebih rendah mengalami depresi daripada mereka yang tidak pernah meminum kopi.

Eits, bukan karena tingkat kafein yang tinggi, tapi karena antioksidan yang terkandung dalam kopi yang bisa membuatmu lebih bahagia.

Kalau kamu bahagia, pekerjaan bisa lancar. Coba yuk tips diatas!

Baca juga: Coworking Space vs Kantor Konvensional, Mana yang Lebih Nyaman?

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: INC, Huffington Post
TAGS
RECOMMENDATION

Ingin Bahagia? Belanjalah

Belanja online sering menjadi cara praktis yang digunakan banyak orang dalam memenuhi kebutuhannya

Minggu, 15 Juli 2018 | 05:27 WIB
LATEST ARTICLE

2 Kriteria Wajib Dipenuhi Untuk Memilih Pekerjaan Baru

Setelah resign dari kantor lama yang tidak benefit untuk mengimprove kemampuanmu, saatnya mencari pekerjaan baru yang lebih baik. Tapi sebelumnya catat kriteria ini, agar kariermu semakin baik!

Senin, 7 Oktober 2019 | 08:19 WIB

Pliss, Berhenti Lakukan 4 Hal Ini, Ya...

Ada banyak rintangan yang harus dilalui entrepreneur untuk menggapai kesuksesan. Jangan lupa, Ini 4 hal yang harus berhenti kamu lakukan, ya...

Senin, 16 September 2019 | 08:15 WIB

5 Pondasi Membangun Startup

Jika kamu ingin memulai startupmu sendiri, bangun 5 pondasi ini agar startup sukses dan langgeng

Selasa, 11 Juni 2019 | 16:35 WIB

Ya, Pebisnis Juga Perlu Jadi Pendongeng!

Merebut perhatian pelanggan ternyata bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknik bercerita. Pebisnis pun perlu jadi pendongeng lho!

Selasa, 11 Juni 2019 | 08:15 WIB

Jurus Google Agar Karyawan Capai Target

OKR atau Objective and Key Results adalah metode pengukuran manajemen kerja yang diterapkan oleh Google. Dan membuatnya sukses seperti sekarang ini.

Jumat, 17 Mei 2019 | 10:36 WIB