LogoDIGINATION LOGO

Ajang Cari Talenta Digital Ala Tokopedia

author Oleh Alfhatin Pratama Rabu, 4 September 2019 | 08:15 WIB
Share
Seluruh pemenang kompetisi DevCamp 2019 | Foto istimewa
Share

Meningkatnya minat generasi muda terhadap bidang teknologi diharapkan berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah developer handal demi menghadirkan beragam inovasi digital yang dapat mempermudah kehidupan sehari-hari masyarakat, terutama dalam berkontribusi terhadap perekonomian digital negara.

Untuk itu Tokopedia, salah satu perusahaan teknologi Indonesia menggelar kompetisi Developer Camp 2019 Hackathon (DevCamp 2019) dan mengumumkan pemenangnya Minggu lalu.

Acara ini merupakan puncak dari  rangkaian pelatihan intensif di bidang backend dan mobile serta kompetisi hackathon, yang digelar selama enam hari berturut-turut. Kompetisi diikuti oleh puluhan mahasiswa tingkat akhir, yang memiliki ketertarikan dalam bidang teknologi dan telah melalui tahap seleksi dari puluhan universitas di Indonesia.  

Aswin Tanu Utomo, VP of Engineering Tokopedia, mengungkapkan, "Tokopedia percaya bahwa talenta merupakan investasi terbesar dalam mengakselerasi terwujudnya pemerataan ekonomi secara digital. Lewat DevCamp 2019, kami berharap bisa mendorong lahirnya lebih banyak talenta berbakat khususnya developer yang nantinya juga punya kesempatan berkarya untuk Indonesia lewat Tokopedia," ujar Aswin.

Baca juga: Mau Jadi Developer Meski Awam? Ikuti Pelatihan Google, Yuk!

Aswin Tanu Utomo, VP of Engineering, Tokopedia (kiri) bersama Juara Pertama DevCamp 2019 | Foto Istimewa
Tahun ini, pemenang pertama kompetisi adalah grup yang terdiri dari Dion Saputra (Institut Teknologi Bandung), Ridwan Afwan Karim Fauzi (Universitas Gadjah Mada), dan Azzam Jihad Ulhaq (Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Mereka menciptakan produk bernama Artpedia yang berfungsi mempertemukan seniman dengan para kolektor karya seni, misal lukisan.

Dalam pengaplikasiannya, Artpedia didukung oleh teknologi Augmented Reality (AR), dimana pengguna dapat melihat langsung karya seni dengan mengarahkan kamera ke lokasi yang mereka inginkan. Inovasi ini memberikan pengalaman interaktif dan imersif kepada pengguna ketika menggunakan aplikasi tersebut.  

Kompetisi DevCamp 2019 merupakan ajang kompetisi tahunan yang digelar Tokopedia sejak tahun 2018. Peserta yang mengikuti kompetisi DevCamp akan diberikan kesempatan untuk menjalankan program magang selama tiga bulan yang dimentori langsung oleh Head of Engineering Tokopedia. Selain itu, para pemenang akan menerima total hadiah uang tunai sebesar Rp69 juta, sekaligus mendapat kesempatan besar untuk bergabung menjadi salah satu karyawan di Tokopedia setelah lulus nanti.

Di tahun kedua kali ini, kompetisi DevCamp 2019 berhasil menarik lebih dari 1.600 pendaftar yang diseleksi secara ketat hingga tersisa sebanyak 39 peserta. Selama enam hari masa pelatihan dan kompetisi, peserta dibagi ke dalam 13 grup beranggotakan tiga orang yang dimentori oleh 13 Engineering Manager dari Tokopedia. 

Baca juga: Mau Belajar Machine Learning dan Jadi Developer Bersama Google? Gratis!

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Siaran Pers Tokopedia
TAGS
RECOMMENDATION

Tokopedia Duduki Puncak Apps Store

Membawa festival belanja online terbesarnya ke masyarakat Indonesia untuk menyambut bulan Ramadan, Tokopedia berhasil memuncaki Top Charts sekaligus Trending Topic di Apple Apps Store

Senin, 28 Mei 2018 | 02:18 WIB
LATEST ARTICLE

DISRUPTO 2019, Mengeksplorasi Tantangan Masa Depan Umat Manusia

DISRUPTO 2019 menjadi momentum untuk mengeksplorasi masa depan manusia dari berbagai aspek dan akan memperlihatkan bagaimana kemajuan teknologi yang telah dicapai manusia saat ini dapat membantu keberlangsungan hidup manusia di masa depan.

Selasa, 12 November 2019 | 08:15 WIB