Digital Economy: Solusi Cerdas Memakmurkan Masyarakat di Era Globalisasi

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 21 Agustus 2017 | 07:14 WIB
Share
Sejak awal kemunculannya, teknologi informasi dianggap sebagai terobosan yang dapat mempengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat
Share

Sejak awal kemunculannya, teknologi informasi dianggap sebagai terobosan yang dapat mempengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat. Salah satu bidang yang terpengaruh oleh keberadaan TI adalah ekonomi dan bisnis. Keberadaan teknologi informasi dalam bidang ini pun melahirkan banyak istilah-istilah baru.

Seperti ekonomi informasi, ekonomi teknologi, ekonomi baru, ekonomi pengetahuan, dan ekonomi jaringan. Semuanya merujuk pada dampak yang timbul akibat keberadaan teknologi informasi disektor ekonomi. Salah satu istilah ekonomi modern yang saat ini sedang banyak dibahas adalah Digital economy atau ekonomi digital?

Menurut Encarta Dictionary, ekonomi digital memiliki pengertian “transaksi bisnis yang ada di internet.” Ekonomi digital juga berarti, penggunaan teknologi informasi secara luas meliputi pemanfaatan software, hardware, aplikasi, serta telekomunikasi pada setiap aspek perekonomian.

Aspek perekonomian yang dimaksud meliputi pengadaan, pendistribusian, penjualan barang dan jasa serta transaksi keuangan. Istilah awamnya, jual beli secara online. Meskipun kelihatannya rumit, keberadaan ekonomi digital bukanlah hal yang aneh. Saat ini hampir setiap lapisan masyarakat memanfaatkan teknologi informasi untuk melakukan berbagai hal, termasuk jual beli.

Selain karena pasar ekonomi digital cenderung lebih luas, kepraktisan merupakan alasan kenapa sistem ini begitu sering dimanfaatkan masyarakat. Apalagi pengguna internet aktif yang juga menggunakan smartphone di Indonesia cukup banyak. Tidak heran jika ekonomi digital juga dianggap sebagai salah satu solusi untuk mengatasi masalah keuangan penduduk Indonesia saat ini.

Selain itu, digital economy juga memiliki beberapa kelebihan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Di antaranya:

1. Mudahnya aktivitas jual beli barang dan jasa

Inovasi yang dilakukan oleh pelaku ekonomi digital membuat masyarakat memiliki banyak platform untuk melakukan aktivitas jual beli. Bagi penjual, keberadaan platform tersebut memudahkan mereka mencari konsumen. Sedangkan bagi pembeli, kemudahan tersebut bisa dirasakan saat ingin mecarai barang yang jarang ditemukan di toko konvensional.

2. Pengembangan ukm di Indonesia

Keberadaan ekonomi digital dipercaya dapat menjembatani kebutuhan masyarakat dan menggerakkan berbagai sektor usaha, salah satunya adalah ukm. Jika pada pasar konvensional ukm sulit mendapatkan kesempatan untuk berkembang. Melalui ekonomi digital, mereka dapat berinteraksi langsung dengan konsumen melalui e-commerce yang saat ini sedang menjamur.

Segala bentuk inovasi pada dasarnya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik lagi. Begitu pula dengan keberadaan digital economy. Adanya inovasi dalam bidang ekonomi ini diharapkan menjadi solusi yang tepat untuk memakmurkan dan meningkatkan potensi anak bangsa.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB