LogoDIGINATION LOGO

8 Cara Raih Follower di Instagram dan Cara Mengoptimalkannya

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Selasa, 21 Mei 2019 | 10:30 WIB
Share
Ilustrasi followers instagram (shutterstock)
Share

Instagram sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan dan lebih dari 500 juta penggunanya aktif setiap hari. Dilaporkan juga, 80 persen pengguna instagram pasti mengikuti satu atau lebih akun onlineshop. 

Bagi kamu seorang entrepreneur, instagram memiliki potensi pasar besar yang tidak bisa diabaikan.

Jika kamu ingin melebarkan pasarmu dengan Instagram, ikuti 8 taktik jitu ini dan raih audiens potensial lebih besar untuk bisnismu!

1. Posting secara konsisten (setidaknya sekali sehari)

Pada 2017 lalu, perusahaan intelijen pemasaran sosial media, Tailwind mempelajari lebih dari 100.000 profil Instagram dan menemukan bahwa frekuensi posting mempengaruhi pertumbuhan followers dan engagement.

Semakin sering kamu memposting, semakin cepat pertumbuhan followers dan like yang didapat.

Dilaporkan bahwa akun yang memposting setidaknya sehari sekali mendapatkan lebih banyak like dan memiliki pertumbuhan followers lebih cepat daripada yang jarang memposting.

Baca juga: Ini Dia, 10 Tools Terbaik Instagram 2019

 

Semakin sering memposting semakin cepat pertumbuhan followers (Doc: Tailwind)

 

2. Gunakan video, live video dan stories

Instagram tidak hanya sebagai media sosial berbagi foto, lebih dari itu telah muncul fitur-fitur baru seperti video, live video dan stories. 

Sebagai entrepreneur kamu bisa mengoptimalkan fitur ini untuk mengembangkan brand dengan membuat konten yang melibatkan audiens dan tentunya dapat menumbuhkan followers.

Mengapa penting untuk membuat konten dengan fitur-fitur tersebut?

Baca juga: Pilih Mana: Instagram Stories atau Facebook Stories?

3. Gunakan hashtag

Hashtag yang tepat dapat mengekspos konten ke audiens yang lebih besar dan tertarget. Bahkan konten-konten bisa jadi viral dengan hashtag!

Simply Measured menemukan bahwa post Instagram dengan hashtag dan tag lokasi mendapatkan engagement yang tinggi. Dan tentunya dapat menumbuhkan followers lebih cepat. 

TrackMaven melaporkan bahwa sembilan hashtag sudah cukup untuk mendapatkan engagement yang maksimal. Walaupun sebenarnya Instagram menyediakan maksimum 30 hashtag per post.

Bingung bagimana menemukan hashtag yang tepat? Coba gunakan Display Purpose, Focalmark, dan AutoHash. Gratis!

Baca juga: Instagram Akan Bikin Aplikasi eCommerce?

4. Berkolaborasi

Cara lain untuk menumbuhkan follower sekaligus memperluas jangkauan Instagrammu adalah dengan kolaborasi, baik kemitraan atau sponsor.

Kolaborasi adalah bentuk kerjasama saling menguntungkan dan efektif menjangkau audiens potensial baru. Jika perlu, kamu bisa coba dengan melibatkan influencer yang cocok dengan brandmu.

Seperti yang dilakukan perusahaan jam tangan, Daniel Wellington yang berhasil menumbuhkan followers Instagramnya dari 850.000 menjadi 2.1 juta dalam satu tahun dengan influencer.

Baca juga: Tinggalkan Facebook, Pengguna Remaja Pilih Instagram dan Snapchat

Ilustrasi influencers (shutterstock)

 

5. Gunakan analitik

Memposting konten berkualitas yang disukai banyak orang adalah cara utama untuk mengembangkan followers Instagram.

Tapi bagaimana kamu bisa tahu apa yang followers kamu sukai? Tenang, ada Instagram Insights yang menyediakan berbagai data untuk membantumu memahami postingan mana yang paling disukai.

Caranya:

  • Pada aplikasi Instagram, ketuk foto profilmu
  • Ketuk ikon Instagram Insights, gambar grafik batang
  • Scroll ke bawah bagian "Posting" dan ketuk "See more"

Baca juga: Ditinggal Pendirinya, Bagaimana Nasib Instagram?

7. Melibatkan followers

Dalam algoritma Instagram, engagement merupakan salah satu pertimbangan utama saat mengepost sesuatu.

Semakin banyak engagament yang dimiliki sebuah post, semakin banyak pula orang yang akan melihat.

Dengan engagement yang tinggi, post akan tampil di top posts of hashtag atau di explore. Artinya akan menjangkau lebih banyak audiens dan mungkin mendapatkan lebih banyak followers.

Untuk itu, libatkan followermu dengan menyukai atau membalas komen yang mereka tinggalkan di postinganmu. Ini sebagai bentuk apresiasi, karena followersmu sudah mau untuk melihat, mengomentari postinganmu.

Baca juga: Jurus Dapatkan 1000 Follower di Instagrammu

Ilustrasi instagram (shutterstock)

 

8. Cross-post

Terakhir, pastikan bahwa followersmu tahu bahwa akun bisnismu ada di Instagram melalui cross-post. Instagram memberi kemudahan untuk membagikan post ke Facebook, Twitter, dan Tumblr yang bisa menjadi taktik bagus untuk mendapatkan tambahan eksposur.

Ada keuntungan melakukan cross post. Sebuah studi yang dilakukan Buzzsume terkait lebih dari satu miliar post Facebbok dari tiga juta halaman brand menemukan bahwa gambar yang di posting ke Facebook melalui Instagram menerima lebih banyak engagament.

Baca juga: Belum Menarik? Coba Posting Instagram Dengan Cara Ini

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Buffer, Hootsuite
TAGS
RECOMMENDATION

Ayo UMKM Jualan Online Libatkan Relawan TIK

Momen Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk berjualan, mengingat tingkat konsumsi dan transaksi pesanan berada di level paling tinggi dibandingkan dengan bulan biasa

Senin, 28 Mei 2018 | 16:47 WIB
LATEST ARTICLE

2 Kriteria Wajib Dipenuhi Untuk Memilih Pekerjaan Baru

Setelah resign dari kantor lama yang tidak benefit untuk mengimprove kemampuanmu, saatnya mencari pekerjaan baru yang lebih baik. Tapi sebelumnya catat kriteria ini, agar kariermu semakin baik!

Senin, 7 Oktober 2019 | 08:19 WIB

Pliss, Berhenti Lakukan 4 Hal Ini, Ya...

Ada banyak rintangan yang harus dilalui entrepreneur untuk menggapai kesuksesan. Jangan lupa, Ini 4 hal yang harus berhenti kamu lakukan, ya...

Senin, 16 September 2019 | 08:15 WIB

5 Pondasi Membangun Startup

Jika kamu ingin memulai startupmu sendiri, bangun 5 pondasi ini agar startup sukses dan langgeng

Selasa, 11 Juni 2019 | 16:35 WIB

Ya, Pebisnis Juga Perlu Jadi Pendongeng!

Merebut perhatian pelanggan ternyata bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknik bercerita. Pebisnis pun perlu jadi pendongeng lho!

Selasa, 11 Juni 2019 | 08:15 WIB

Jurus Google Agar Karyawan Capai Target

OKR atau Objective and Key Results adalah metode pengukuran manajemen kerja yang diterapkan oleh Google. Dan membuatnya sukses seperti sekarang ini.

Jumat, 17 Mei 2019 | 10:36 WIB