LogoDIGINATION LOGO

Jangan Salah Langkah Jualan Online

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Jumat, 3 Mei 2019 | 10:16 WIB
Share
Ilustrasi digital marketing (shutterstock)
Share

Dengan perkembangan teknologi dan persaingan bisnis yang ketat, para entrepreneur dituntut cerdik dalam menyusun strategi pemasaran untuk tetap bertahan. Di era digital seperti ini, seorang pebisnis memerlukan digital marketing.

Mengapa digital? Digital dapat menjangkau audiens lebih luas dari pada cara-cara tradisional terdahulu, memungkinkanmu berinteraksi dengan target pasar secara real time. Sosial media memegang kunci untuk menjangkau pasar online yang luas ini.

Seberapa besar pasar online? Menurut laporan Digital Commerce 360 pada 2017, penjualan e-commerce mencapai USD 5 triliun. Pada tahun yang sama, Amazon menghasilkan USD 178 miliar secara online. Jumlah dan peluang pasar online sangat besar dan mengiurkan.

Baca juga: Rawat Dirimu Agar Bisnis Makin Sukses

Bisa jadi, pertumbuhan bisnismu ditentukan oleh seberapa besar usahamu memaksimalkan platform-platform online untuk marketing. Tidak bisa disangkal jika jumlah pelanggan potensial yang menggunakan internet untuk berbelanja akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Dengan begitu besarnya peluang di dunia digital mengapa masih banyak entrepreneur yang belum go online? Salah satu alasannya adalah mereka belum membangun audiens. Dan ini jugalah alasan No. 1 mengapa bisnis tidak mengalami pertumbuhan yang eksplosif. 

Ilustrasi digital marketing (shutterstock)

Bagun dan maksimalkan platform

Memiliki web dengan tampilan terbaik, software termutahir bisa jadi senjata utama menembus pasar online. Namun, perlu dicatat jika hal yang paling utama tetap produk atau layanan yang menarik dan berguna, sehingga orang mau untuk melirik.

Jika produk dan layananmu sudah menarik, sekarang saatnya membangun audiens. Untuk membangun audiens potensial, kamu bisa mulai dengan memaksimalkan media sosial yang ada, membuat daftar emailnya untuk memperoleh exposure.

Baca juga: Mmm, Pilih Kerja atau Bisnis, Ya?

Manfaatkan berbagai kanal

Beruntung sekarang kamu hidup di era serba online dan modern, mempermudah jalanmu membangun audiens. Jangan hanya fokus dalam membangun platform, produk atau layanan saja yang bisa menguras modal dan menaikan harga jual, tapi juga maksimalkan seluruh kanal-kanal yang ada.

Banyak kanal yang bisa kamu dimanfaatkan untuk menjangkau audiens potensial, antaranya:

  • Wawancara di podcast, dengan potensi didengar jutaan orang
  • Buat konten unik, cara ini efektif dapat menarik banyak pengunjung baru dan tentunya membawa labih banyak audiens potensial
  • Publikasikan konten seluas-luasnya melalui sosial media
  • Gunakan prinsip SEO
  • Bermitra dengan entrepreneur lain yang memiliki audiens lebih banyak

Baca juga: Bikin Bisnis, Kamu Butuh Hipster, Hacker atau Hustler?

Kamu bisa pilih beberapa atau semua cara yang telah disebutkan di atas untuk membangun audiens loyal dan bersedia membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan. Pertumbuhan eksplosif akan terjadi jika audiensmu sudah terbangun dan merespons startegi marketing.

Dimulai dari ide untuk membangun bisnis sendiri, kemudian membangun web, dan memaksimalkan media sosial adalah elemen dasar digital marketing. Setelah elemen dasar dipenuhi, sekarang saatnya untuk fokus membangun audiensmu sendiri.

Selamat mencoba!

Baca juga: Mengubah Logo Bisnis, Perlukah?

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, SEO Tribunal
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

2 Kriteria Wajib Dipenuhi Untuk Memilih Pekerjaan Baru

Setelah resign dari kantor lama yang tidak benefit untuk mengimprove kemampuanmu, saatnya mencari pekerjaan baru yang lebih baik. Tapi sebelumnya catat kriteria ini, agar kariermu semakin baik!

Senin, 7 Oktober 2019 | 08:19 WIB

Pliss, Berhenti Lakukan 4 Hal Ini, Ya...

Ada banyak rintangan yang harus dilalui entrepreneur untuk menggapai kesuksesan. Jangan lupa, Ini 4 hal yang harus berhenti kamu lakukan, ya...

Senin, 16 September 2019 | 08:15 WIB

5 Pondasi Membangun Startup

Jika kamu ingin memulai startupmu sendiri, bangun 5 pondasi ini agar startup sukses dan langgeng

Selasa, 11 Juni 2019 | 16:35 WIB

Ya, Pebisnis Juga Perlu Jadi Pendongeng!

Merebut perhatian pelanggan ternyata bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknik bercerita. Pebisnis pun perlu jadi pendongeng lho!

Selasa, 11 Juni 2019 | 08:15 WIB

Jurus Google Agar Karyawan Capai Target

OKR atau Objective and Key Results adalah metode pengukuran manajemen kerja yang diterapkan oleh Google. Dan membuatnya sukses seperti sekarang ini.

Jumat, 17 Mei 2019 | 10:36 WIB