LogoDIGINATION LOGO

5 Cara Jitu Membangun Kesan di Hari Pertama Kerja

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Senin, 4 Maret 2019 | 16:15 WIB
Share
Ilustrasi membangun kesan pertama yang baik (Shutterstock)
Share

Dalam dunia kerja, first impression atau kesan pertama adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Kesan pertama sangat menentukan, terutama saat pertama kali masuk kantor baru. Kesan yang baik dapat menjadi modal awalmu dalam merintis karier. 

Untuk itu Digination.id rangkum beberapa tips agar hari pertama kerjamu di kantor baru bisa memberikan kesan baik.

1. Datang tepat waktu

Datang tepat waktu menjadi awal untuk membangun kesan pertama yang baik. Sebagai karyawan baru, datang sedikit lebih awal akan memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang menghargai waktu, teratur dan disiplin. Sebaliknya, jika datang terlambat di hari pertama, rekan kerja yang lain akan berpikir bahwa kamu orang yang lamban, tidak disiplin dan tidak bisa diandalkan. 

Baca juga: 3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Kerja

Ilustrasi membangun kesan pertama (Shutterstock)
2. Berpakaian rapi 

Suka atau tidak, orang akan menilai dari penampilan. Sebelum berangkat ke kantor baru, cari tahu dulu budaya berpakaiannya. Jangan sampai saltum atau salah kostum karena apa yang kamu pakai di minggu pertama akan membuat kesan. 

Meskipun tidak ada aturan berpakaian resmi dari kantor, kenakanlah pakaian rapi dan sopan yang akan meninggalkan kesan profesional di hari pertama. Mengenakan pakaian formal seperti blus atau blazer bisa jadi pilihan jika perusahaanmu adalah institusi resmi. Sementara kemeja atau kaus berkerah untuk perusahaan yang lebih kasual atau startup.

3. Perbanyak mendengarkan dan mengamati

Sebagai fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman, gunakan minggu-minggu pertama untuk mendengar dan mengamati. Dengarkan penjelasan dari senior-senior, jangan malu untuk bertanya dan meminta bantuan untuk hal yang kamu tidak ketahui. Selain bisa membangun relasi, hal ini juga menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang bisa bekerja sama dan mudah bergaul.

Baca juga: Sst.. Ini Tips Datang ke Job Fair!

Ilustrasi membangun kesan pertama (Shutterstock)
4. Temukan mentor yang tepat

Temukan seorang senior yang bisa dijadikan tempat bertanya segala hal, baik tentang pekerjaan, tugas hingga politik kantor. Kolega yang berpengalaman ini, lazim disebut mentor, dapat memberikan bantuan yang sangat berharga untukmu memulai karier dan sukses menitinya ke depan.

Seorang mentor akan memandumu melalui situasi sulit dan dapat membagikan pengalaman serta wawasan yang berguna untuk kemajuan kariermu. 

5. Berani mengambil inisiatif

Setiap perusahaan tentu ingin karyawan yang kreatif, penuh ide dan inisiatif. Setelah menyelesaikan tugas, jangan hanya diam, ambil inisiatif pada hal-hal tertentu. Berani mengambil inisiatif tanpa harus disuruh terlebih dahulu akan meninggalkan kesan bahwa kamu adalah seorang yang bisa diandalkan.

Baca juga: Lulus Kuliah Masih Gabut? Coba Ikut Kelas Online

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: The Balance Careers, Careers Workopolis, Salary
TAGS
RECOMMENDATION

10 Tips untuk Mengalahkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaa ini terkesan sepele namun jika terus-menerus dibiarkan akan berdampak besar. Kebiasaan jelek ini bisa mengganggu karier dan kepercayaan dirimu.

Senin, 19 November 2018 | 14:00 WIB
LATEST ARTICLE

Startup dan Bayangan Hitam Resesi

Pandemi Covid-19 merubah tatanan usaha, termasuk perusahaan rintisan atau startup. Bagaimana kiatnya agar survive?

Selasa, 21 Juli 2020 | 15:58 WIB

Tips Sukses Interview Kerja Lewat Zoom

Saat pandemi, interview pekerjaan lebih mengandalkan video conference. Pelajari triknya agar sesi interview berjalan lancar.

Rabu, 15 Juli 2020 | 15:26 WIB

Ketahui Pentingnya Password Manager

Password menjadi bagian penting dalam kehidupan digital. Bagaimana Anda me-manage password-password Anda selama ini?

Kamis, 7 Mei 2020 | 12:21 WIB

2 Kriteria Wajib Dipenuhi Untuk Memilih Pekerjaan Baru

Setelah resign dari kantor lama yang tidak benefit untuk mengimprove kemampuanmu, saatnya mencari pekerjaan baru yang lebih baik. Tapi sebelumnya catat kriteria ini, agar kariermu semakin baik!

Senin, 7 Oktober 2019 | 08:19 WIB