LogoDIGINATION LOGO

Menunggu dan Ditolak Bikin Stress? Lakukan 5 Hal Ini!

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Senin, 25 Februari 2019 | 16:35 WIB
Share
Ilustrasi mencari pekerjaan (shutterstock)
Share

Setelah lulus dari bangku perkuliahan, para lulusan baru atau fresh graduate berlomba-lomba mencari pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Namun sayang, mencari pekerjaan memang tidak semudah yang dibayangkan. Rasa takut, frustrasi dan tertekan terkadang muncul di tengah pencarian pekerjaan.

Tenang saja, kamu tidak sendiri. Banyak juga orang yang merasakan stress serupa, dan hal ini adalah wajar. Laporan dari American Psychological Association menemukan bahwa 61 persen stress disebabkan karena urusan terkait pekerjaan. Nah, sekarang yang harus kamu ketahui adalah bagaimana cara menangani rasa stress ini. Dikutip dari Forbes, berikut beberapa solusi yang bisa dicoba.

Buat to do list dan jadwal

Gunakan kalender, buatlah to do list untuk melacak hal yang akan kamu lakukan setiap hari. Setiap pagi, lihat jadwal dan lakukan tugas yang sudah terdaftar seperti rencana mengirim lamaran ke perusahaan mana, jadwal wawancara di mana dan lain-lain. Ketidakteraturan bisa menyebabkan beban pikiran hingga stress yang menyebabkan pencarian kerjamu tidak efektif. Dengan melakukan hal ini, kamu akan merasa setiap hari kamu makin mendekati tujuan yang kamu impikan.

Baca juga: 4 Tips Cari Kerja ala Marie Kondo



Berjalan-jalan keluar

Terlalu fokus mencari pekerjaan kadang malah membuatmu terasing dari dunia luar. Agar tidak stress, berjalan-jalanlah keluar, ikut komunitas dan temui banyak orang. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan softskill hingga membangun relasi dan jaringan. Mengikuti kelas, seminar, workshop atau menjadi sukarelawan bisa jadi pilihan.

Waktunya olahraga

Melakukan aktivitas yang membuat tubuhmu bergerak dapat membantumu mengurangi stress dalam mencari pekerjaan. Olahraga dipercaya dapat meningkatkan hormon endorfin yang membuatmu bahagia lho.

Setidaknya luangkan waktu 30 hingga 60 menit untuk berolahraga setiap hari. Cukup dengan jogging atau senam di rumah, maka hari akan lebih positif, enerjik dan pikiran jadi jernih. Tak hanya itu, olahraga  dapat membantu menurunkan berat badan dan tampil menarik saat interview nanti.

Baca juga: Ssst... Ini Bocoran Wawancara Kerja yang Yahud!

 

 

Istirahat dan tidur cukup

Mencari kerja, mengirim lamaran ke banyak perusahaan, bisa sangat melelahkan. Untuk menjaga kesehatan, tidur dan istirahat yang cukup. Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh mudah lelah, tidak produktif hingga stress. Atur waktu tidur dengan bijak. Mencari pekerjaan memang penting, tapi kesehatan fisik dan mental: jauh lebih penting. 

Selalu bersyukur

Dalam mencari pekerjaan, penolakan adalah hal yang wajar dan biasa. Jangan menganggap penolakan sebagai suatu musibah, tetapi jadikan penolakan ini sebagai pembelajaran. Pelajari hal apa yang membuatmu belum diterima dan lakukan perbaikan.

Baca juga: Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Melamar Kerja! 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Forbes, Careers Workopolis
TAGS
RECOMMENDATION

10 Tips untuk Mengalahkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaa ini terkesan sepele namun jika terus-menerus dibiarkan akan berdampak besar. Kebiasaan jelek ini bisa mengganggu karier dan kepercayaan dirimu.

Senin, 19 November 2018 | 14:00 WIB
LATEST ARTICLE

2 Kriteria Wajib Dipenuhi Untuk Memilih Pekerjaan Baru

Setelah resign dari kantor lama yang tidak benefit untuk mengimprove kemampuanmu, saatnya mencari pekerjaan baru yang lebih baik. Tapi sebelumnya catat kriteria ini, agar kariermu semakin baik!

Senin, 7 Oktober 2019 | 08:19 WIB

Pliss, Berhenti Lakukan 4 Hal Ini, Ya...

Ada banyak rintangan yang harus dilalui entrepreneur untuk menggapai kesuksesan. Jangan lupa, Ini 4 hal yang harus berhenti kamu lakukan, ya...

Senin, 16 September 2019 | 08:15 WIB

5 Pondasi Membangun Startup

Jika kamu ingin memulai startupmu sendiri, bangun 5 pondasi ini agar startup sukses dan langgeng

Selasa, 11 Juni 2019 | 16:35 WIB

Ya, Pebisnis Juga Perlu Jadi Pendongeng!

Merebut perhatian pelanggan ternyata bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknik bercerita. Pebisnis pun perlu jadi pendongeng lho!

Selasa, 11 Juni 2019 | 08:15 WIB

Jurus Google Agar Karyawan Capai Target

OKR atau Objective and Key Results adalah metode pengukuran manajemen kerja yang diterapkan oleh Google. Dan membuatnya sukses seperti sekarang ini.

Jumat, 17 Mei 2019 | 10:36 WIB