LogoDIGINATION LOGO

5 Hal yang Patut Diketahui Sebelum Memberi Nama Startupmu!

Oleh Ana Fauziyah Senin, 18 Februari 2019 | 16:15 WIB
Share
Panduan memilih nama startup. (Foto: Pexels)
Share

Saat sudah memiliki ide bisnis atau startup yang keren, langkah selanjutnya adalah menentukan nama. Ini harus dipikirkan dan dipertimbangkan secara matang, karena hal tersebut sangat penting ke depannya.

Memilih nama startup sama halnya dengan memilih nama untuk bayi: penuh pertimbangan emosional dan sangat subyektif. Kenapa? Karena nama yang disandang akan membawa imej startupmu dan dibawa selamanya-lamanya.

Salah memilih nama bisa membuat gagal terhubung dengan pelanggan. Apalagi jika nama tersebut memiliki arti yang buruk. Sebaliknya, nama yang jelas dan kuat bisa sangat membantu upaya pemasaran dan branding.

Namun, terkadang sulit sekali mencari nama yang cocok dan ini menghabiskan banyak waktu. Nah, panduan di bawah bisa membantu menemukan nama yang tepat untuk startupmu.

Baca juga: Jangan Sampai Bisnismu Gagal Hanya Karena Nama

Hindari nama yang sulit dieja. (Foto: Pexels)
Hindari nama yang sulit dieja

Kamu tentu tak ingin pelanggan kesulitan menyebut nama bisnismu, kan? Apalagi jika mereka harus membutuhkan waktu untuk mengejanya dengan benar. Jadi, hindarilah nama yang sulit dieja. Misalnya menggunakan singkatan seperti DGHTK atau memakai bahasa asing yang tidak populer.

Carilah nama yang sederhana, mudah dibaca dan diucapkan. Sebaiknya nama terdiri antara 2-5 suku kata. Jika lebih dari itu akan terkesan panjang dan sulit diingat. Selain itu, nama juga harus terdengar bagus jika diucapkan dengan nyaring.

Pilih nama yang langsung menjelaskan bisnismu

Sebuah nama harus memuat pesan tentang apa itu produk atau layananmu. Carilah nama yang jika disebut orang akan langsung memahami produk atau layanan yang kamu jual. Misalnya nama Traveloka, masyarakat secara langsung akan tahu bahwa perusahaan tersebut berkecimpung di industri perjalanan.

Idealnya, nama bisnis harus menyampaikan sesuatu yang bermakna dan positif. Jadi, pilihlah nama yang memiliki arti dan menyampaikan manfaat. Pastikan bahwa nama itu tidak memiliki konotasi negatif dalam bahasa apapun.

Baca juga: Bingung Menciptakan Nama Usaha? Ikuti Kaidah Berikut

Pilih nama yang mudah diingat. (Foto: Pexels)
Jangan memilih nama yang membatasi

Memilih nama yang terlalu sempit dapat menyebabkan masalah di kemudian hari. Karena itu, sebaiknya jangan menggunakan nama yang membatasi bisnismu berkembang dan tumbuh. Nama seperti Grosir Baju Anak Surabaya, misalnya, akan membatasi area jangkauan bisnis. Kamu tidak ingin membatasi bisnis untuk produk tertentu atau spesifik kota, kan?

Pastikan kamu menyukainya

Sebagai pemilik bisnis, kamu harus menyandang nama tersebut dalam jangka waktu yang lama. Buatlah 5 atau 10 opsi nama dan kemudian mintalah tanggapan anggota keluarga, teman, dan rekan kerjamu. Dapatkan juga umpan balik dari pelanggan yang menjadi target bisnismu. Yang terpenting, pastikan kamu sendiri menyukai nama yang telah dipilih.

Pastikan domain-nya tersedia

Jika telah memilih sebuah nama, segera cari tahu apakah domain nama tersebut masih tersedia atau tidak. Kamu dapat memeriksa ketersediaan nama domain di situs-situs seperti GoDaddy.com atau NetworkSolutions.com.

Pastikan juga apakah nama  tersebut masih bisa digunakan di situs media sosial populer seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Mengapa? Karena media sosial terbukti ampuh menjaring pelanggan sehingga bisa kamu jadikan tempT pemasaran dan sarana komunikasi dengan pelanggan.

Sudah dapat ide?

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Startup

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, Forbes, Condensed
TAGS
RECOMMENDATION

Tips Anti Stres untuk Startup

Menjadi seorang pengusaha juga bisa stres atau depresi, lho! Lalu, bagaimana cara mengatasinya, ya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Selasa, 8 Januari 2019 | 08:45 WIB

Bikin Startup Masih Ribet, Ini Sebabnya!

Peluang membangun startup di Indonesia selalu terbuka lebar. Namun, apakah birokrasi menjadi faktor bergugurannya startup di tengah jalan?

Selasa, 15 Januari 2019 | 08:15 WIB

Pendiri Startup, Jangan Asal-asalan dengan Media Dong!

Seperti apa sih cara membangun hubungan baik dengan media? Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan relasi yang harmonis dengan media agar bisa mengangkat citra baik perusahaan.

Minggu, 10 Februari 2019 | 08:05 WIB
LATEST ARTICLE

Jurus Google Agar Karyawan Capai Target

OKR atau Objective and Key Results adalah metode pengukuran manajemen kerja yang diterapkan oleh Google. Dan membuatnya sukses seperti sekarang ini.

Jumat, 17 Mei 2019 | 10:36 WIB

Cegah Karyawan "Hangus" dengan Metode Ini

Burnout adalah masalah serius dan bisa berakibat buruk bagi karyawan, organisasi dan bisnis. Namun semuanya bisa dikenali, dicegah dan dikelola dengan 4 langkah sederhana ini.

Senin, 6 Mei 2019 | 10:04 WIB

Jangan Salah Langkah Jualan Online

Di era serba digital ini, para entrepreneur dimudahkan dalam memasarkan produknya dengan digital marketing. Tapi, jangan salah langkah ya.

Jumat, 3 Mei 2019 | 10:16 WIB

Rawat Dirimu Agar Bisnis Makin Sukses

Memulai bisnis memang butuh kerja keras dan perjuangan ekstra, namun merawat diri sendiri atau self care adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan.

Jumat, 26 April 2019 | 15:52 WIB

Belum Dapat Investor? Coba Crowdfunding Aja!

Sulit cari modal? Coba gunakan crowdfunding. Dengan langkah-langkah ini kamu bisa cepat mendapatkan pendanaan tanpa harus menunggu angel investor datang

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:00 WIB

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB