LogoDIGINATION LOGO

Bekraf Perkenalkan Sektor Ekonomi Kreatif Melalui Bekraf Habibie Festival

author Oleh Ana Fauziyah Rabu, 16 Agustus 2017 | 07:38 WIB
Share
Sebagai Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Bekraf berusaha memperkenalkan sektor ekonomi kreatif atau akrab juga dikenal dengan creative economy
Share

Sebagai Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Bekraf berusaha memperkenalkan sektor ekonomi kreatif atau akrab juga dikenal dengan creative economy. Salah satunya melalui acara seperti Bekraf Habibie Festival. Tahun 2017 ini, Bekraf Habibie Festival diselenggarakan di JI Expo Kemayoran pada tanggal 7 – 13 Agustus.

Di tahun keduanya, Bekraf Habibie Festival mengusung tema “Lihat, Sentuh, dan Rasakan  Teknologi Indonesia”. Dengan tantangan inovasi teknologi yang semakin tinggi, Bekraf berusaha untuk merangsang sektor ekonomi kreatif untuk menjadi lebih maju. Terbukti, sejak tahun 2010, pendapatan negara dari sektor ekonomi kreatif rata-rata naik sekitar 10% setiap tahunnya. Oleh karena itu, Bekraf dibentuk untuk menggenjot lagi sektor ini agar Indonesia semakin siap menghadapi kemajuan teknologi di masa depan.

Selain sebagai ajang perayaan atas kontribusi Bapak BJ Habibie pada kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Indonesia, Bekraf Habibie Festival juga bertujuan untuk menghadirkan para pelaku ekonomi kreatif serta inovasi hasil karya anak bangsa.

Mengenal Sektor dan Sub-Sektor Ekonomi Kreatif yang Sedang Berkembang di Indonesia

Menurut Bekraf, tiga sektor creative economy yang sedang berkembang di tanah air adalah fashion, kerajinan tangan, dan kuliner. Di tiga sektor tersebut, Bekraf memberi dukungan untuk menyalurkan hasil produk anak bangsa ke pasar internasional. Beberapa negara sasaran untuk ekspor produk tersebut adalah Amerika Serikat, Taiwan, dan Jepang.

Sementara itu, sub-sektor dari ekonomi kreatif masih butuh banyak dukungan dari segi fasilitas serta kesiapan tenaga kerja. Sub-sektor tersebut mencakup desain produk, animasi dan video, teknologi aplikasi dan perangkat lunak, film, musik, desain komunikasi visual, dan penerbitan. Diharapkan, keseluruh sektor dan sub-sektor creative economy tersebut segera mempersiapkan diri untuk menjadi salah satu pemasukan untuk perekonomian bangsa.

Oleh karena itu, lewat Bekraf Habibie Festival, Bekraf mengharapkan semakin banyak generasi muda yang tertarik untuk terjun langsung menjadi pelaku ekonomi kreatif. Di acara yang digelar selama 7 hari itu, para pengunjung bisa menghadiri talkshow dengan berbagai tema, melihat pameran berbagai karya inovasi, mengikuti kompetisi, serta menikmati makanan dan bazaar yang kesemuanya berhubungan dengan karya dan kreativitas bangsa.

Belum sempat datang ke Bekraf Habibie Festival 2017? Tenang, acara ini rencananya akan dilakukan setiap tahun dengan tema acara yang berbeda dan tentunya akan selalu menarik bagi penggiat bidang kreatif di Indonesia.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB