LogoDIGINATION LOGO

TikTok Shop Kembali Berkat Tokopedia, Tokopedia Pastikan Seller Tidak Terdampak

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 11 Desember 2023 | 16:28 WIB
Share
Share

Setelah desas desus TikTok Shop akan kembali ke Indonesia. Akhirnya, TikTok Shop resmi kembali lewat kemitraannya dengan PT GoTo Gojek Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Hal ini diumumkan langsung lewat siaran pers di situs resmi TikTok Indonesia. "PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan TikTok pada hari ini mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional."

Perusahaan platform berbagi video pendek ini bakal menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 23,4 triliun), sebagai komitmen jangka panjang untuk berinvestasi mendukung operasional.

Kesepakatan antara Tokopedia dan TikTok akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau keuangan digital melalui GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek. GoTo menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sesuai dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut. 

Baca juga: TikTok Bakal Gabung dengan Tokopedia

TikTok menjelaskan penjual bisa mengakses dan mengelola produk di Seller Center per Senin hari ini (11/12/2023). Sementara, pelanggan bisa menggunakannya, Selasa besok (12/12/2023).

"Mulai Senin, 11 Desember 2023 pukul 9:00 Wib, Seller dapat mengakses dan mengelola produk di Seller Center. Pelanggan juga bisa mulai membeli produk melalui Shop Tab, Video Pendek, dan sesi Live di aplikasi Tiktok pada Selasa, 12 Desember 2023," tulis TikTok dalam email yang di kirim ke Seller mereka.

Tokopedia pastikan Seller Mereka Tidak akan Terdampak

Tokopedia memastikan seller di platformnya tidak akan terdampak efek kerja sama dengan TikTok untuk kembali membuka layanan TikTok Shop. Aktivitas dan transaksi di Tokopedia tetap akan berjalan seperti biasanya.

"Untuk mitra penjual Tokopedia, kami ingin menegaskan bahwa seluruh aktivitas dan transaksi jual-beli akan tetap berjalan seperti biasa," tulis Tokopedia dalam unggahan di laman Pusat Edukasi Seller, dikutip Senin (11/12/2023).

Dengan kolaborasi tersebut, Tokopedia menjelaskan penjual bisa memperluas jangkauan penjual lebih luas lagi dan meningkatkan penjualan serta visibilitas pasar seluruh mitra penjual. 

Baca juga: Live Streaming di China Mulai Pakai AI

Tokopedia juga menambahkan para penjual tetap terus bisa menggunakan eksosistemnya. Termasuk seluruh fitur hingga memasarkan produk.

Lewat kerja sama baru yang dijalin dengan Tokopedia, TikTok Shop pun kembali beroperasi lewat marketplace lokal Indonesia tersebut. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh Tokopedia.

 

Sumber:

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20231211111303-37-496105/tiktok-shop-buka-di-ri-begini-nasib-pedagang-tokopedia 

https://tekno.kompas.com/read/2023/12/11/10210077/resmi-tiktok-shop-buka-lagi-di-indonesia-lewat-tokopedia 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE