LogoDIGINATION LOGO

Ini Tren Data Science 2024 yang Perlu Diketahui!

author Oleh DQLab Kamis, 30 November 2023 | 19:08 WIB
Share
Share

 

Data science telah mendapatkan popularitas karena penggunaannya berkontribusi dalam memberikan inovasi serta perkembangan menjadi lebih efisien dan pengambilan keputusan yang terbaik. Data Science menjadi ilmu yang akan terus mengalami evolusi cepat, dan tahun 2024 membawa sejumlah tren yang menjanjikan bagi berbagai lini industri.

Dalam dunia yang semakin terhubung dan berorientasi data, para profesional praktisi data dan stakeholders perlu tetap up-to-date dengan perkembangan terbarunya. Pada artikel ini, akan memberikan gambaran tentang tren Data Science 2024 secara potensial bisa membantu memajukan bisnis kamu. Yuk, langsung simak penjelasannya berikut!

  1. Pertumbuhan Explainable AI (XAI)

Dengan kebutuhan yang semakin meningkat untuk menjelaskan keputusan yang dihasilkan oleh model AI, Explainable AI akan menjadi lebih penting. Explainable AI adalah serangkaian proses dan metode yang memungkinkan pengguna manusia memahami dan mempercayai hasil yang dikeluarkan oleh algoritma Machine Learning.

Baca juga: Data Science untuk Bisnis di Bidang Pendidikan

Penggunaan dari XAI ini dapat membantu developers memastikan bahwa sistem berfungsi sesuai apa yang diharapkan, memenuhi standar peraturan, dan memungkinkan mereka menjadi dampak suatu keputusan untuk mengubah hasil. Sehingga, dengan adanya XAI mampu memberikan sebuah interpretasi yang lebih baik serta meningkatkan kepercayaan pengguna.

  1. Penggunaan Data untuk Keputusan Bisnis Strategis

Meskipun sudah banyak pebisnis yang telah mengimplementasikan data pada bisnis mereka, tentu di tahun 2024 akan terus mengalami peningkatan dalam integrasikan Data Science dan pengambilan keputusan bisnis strategis. Dengan memanfaatkan data analytics atau analitik data, membantu mengidentifikasi peluang,bisnis semakin fokus menghadapi tantangan bisnis, dan memahami pasar serta pesaing.

  1. Privacy & Etika Data

Salah satu tantangan yang biasa dihadapi ketika kita telah menggunakan Data yaitu privasi dan etika pada data. Data digunakan untuk meningkatkan penilaian dan memberikan dampak signifikan pada perusahaan atau organisasi, sehingga dibutuhkannya data informasi pribadi tentang individu agar pemangku bisnis dapat memahami kebutuhan user atau pelanggan tersebut. Oleh karena itu, penting tetap melindungi privasi data dengan cara menerapkan etika dalam penggunaannya. 

Etika dalam Data Science harus menjadi perhatian penuh, terutama bagi praktisi data profesional. Perlunya memiliki batasan ketika melakukan mengumpulkan data dari individu, agar terhindari dari kejadian seperti pencurian data, penyimpanan data yang tidak etis untuk digunakan, dan hal lainnya yang dapat melanggar privasi data seseorang. Dengan adanya etika, diharapkan regulasi praktik keamanan data terus meningkat. 

  1. Kemajuan Visualisasi Data

Ketika memanfaatkan sejumlah besaran data yang telah dikumpulkan, visualisasi data menjadi tugas penting. Hal ini dikarenakan, melalui visual dapat memberikan cara yang efisien bagi pengguna non-teknis di seluruh perusahaan atau organisasi bisnis memahami data. Kini, perkembangan dalam alat visualisasi data dan teknik interpretasi dapat memudahkan memahami hasil analisis data menggunakan berbagai tipe visualisasi data, mulai dari penggunaan charts hingga dashboard interaktif.

Baca juga: Pelatihan Data Science Gratis, Pemula Data Wajib Tahu!

  1. Kolaborasi Data Science dan Data Expert

Mengingat pesatnya kemajuan teknologi dan bidang Data Science, praktisi data perlu untuk mulai memprioritaskan pembelajaran berkelanjutan dan pengembangan agar tetap bisa mengikuti perkembangan tools ataupun metodologi terbaru. Penting untuk diingat bahwa bidang Data Science bersifat dinamis, dan tren yang muncul dapat mengubah lanskap seiring berjalannya waktu.

Agar dapat mengikuti dan siap dengan tren Data Science untuk industri yang maju, kamu bisa lho mulai belajar Data Science bersama DQLab.id. DQLab merupakan kursus online Data Science, memberikan modul interaktif dan proyek data aplikatif sesuai dengan kebutuhan industri! Ikuti pembelajaran Data dari dasar, mendaftar melalui Free Class Data Science Fundamentals. Informasi lengkapnya dapat kunjungi https://dqlab.id/free-class-data-science-fundamentals

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB