LogoDIGINATION LOGO

Threads Rancang Perubahan Baru, Lebih Bebaskan Hak Pengguna

author Oleh Dewi Shinta N Rabu, 15 November 2023 | 11:10 WIB
Share
Share

 

Meta, baru-baru ini mengumumkan pembaruan signifikan pada aplikasi Threads. Pembaruan ini memungkinkan penggunanya untuk menghapus profil Threads mereka tanpa harus menghapus akun Instagram secara keseluruhan.

Meta memang sempat di protes oleh pengguna Threads karena keterikatan terkait profil Threads dan akun Instagram yang membuat pengguna Threads tidak leluasa menghapus akun mereka. Namun saat ini, nampaknya Meta merespon keluhan tersebut dengan menambahkan fitur “Delete or Deactivate Profile” pada menu pengaturan. Meta menegaskan bahwa fitur ini akan segera tersedia untuk semua pengguna.

“Kami menggelontorkan sebuah cara bagi Anda untuk menghapus profil Threads Anda secara terpisah dengan akun Instagram,” ungkap Adam Mosseri di akun Threads pribadinya dengan handle @mosseri, Selasa (14/11/2023).

Baca juga: Tingkatkan Campaign Bisnis Lewat Thread Twitter

Sebelum ada kemampuan menghapus akun, Mosseri menjelaskan bahwa pengguna bisa menggunakan alternatif lain, seperti menonaktifkan akun Threads sementara waktu. 

Menonaktifkan akun profil merupakan fitur yang bisa dipakai pengguna untuk rehat sejenak di media sosial. Selama masa hiatus, pengikut (followers) atau akun orang lain tidak dapat melihat linimasa (timeline) ataupun mencari akun. Beberapa informasi yang bisa dilihat, salah satunya adalah riwayat pesan yang dikirim melalui Direct Message (DM). Namun, akun dari pengirim hanya tertulis “Unknown Users” saja. 

Fitur menonaktifkan akun profil juga sifatnya lebih leluasa karena pemilik akun dimungkinkan untuk aktif kembali sesuka hati. Pengguna bisa memilih rehat di Instagram dalam jangka waktu yang panjang. Instagram pun masih akan tetap menyimpan informasi akun, termasuk daftar followers, foto yang sudah di-upload, dan sebagainya. 

Nah, bedanya dengan menghapus akun, pengguna benar-benar akan kehilangan semua data dan foto yang sudah pernah diunggah. Artinya, data pengguna benar-benar akan dihapus, tidak bisa dipulihkan kembali, atau login seperti fitur sebelumnya.

Baca juga: 5 Aplikasi Pesaing Twitter dan Threads

Selain itu, Meta juga mengumumkan opsi baru yang memberikan pengguna kemampuan untuk menghindari agar postingan Threads mereka tidak ditampilkan di Facebook dan Instagram. Pilihan ini bertujuan memberikan lebih banyak kontrol kepada pengguna atas konten yang mereka bagikan, menanggapi umpan balik dari komunitas pengguna.

Dengan hampir 100 juta pengguna aktif setiap bulannya, Threads terus berkembang, dan beberapa fitur baru mungkin akan segera diperkenalkan. 

Beberapa fitur yang akan datang termasuk penggunaan hashtag dan Direct Message (DM). Para pengguna juga masih menantikan dukungan untuk ActivityPub, sebuah fitur yang dijanjikan oleh Meta sebelumnya.

Melalui serangkaian pembaruan ini, Meta berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna di Threads dan memberikan lebih banyak pilihan serta kontrol kepada komunitas pengguna setianya. Perubahan-perubahan ini mencerminkan respons positif perusahaan terhadap kebutuhan dan umpan balik dari pengguna aplikasi Threads.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE