
Mengapa Belajar Data Analytics Itu Krusial di 2025
Kebutuhan talent data meningkati, apa yang perlu dipelajari generasi muda?
Rabu, 27 Agustus 2025 | 11:45 WIB
Tepat pada tanggal 4 September kemarin, diperingati sebagai hari hari pelanggan nasional. Banyak pelaku industri yang memberikan “hadiah” kepada para pelanggan setia sebagai salah satu cara untuk mempertahankan loyalitas dan tentu dengan harapan industri akan lebih baik serta mengutamakan sejahtera para costumer.
Salah satunya Tokopedia, dengan gesit ingin memberikan sesuatu spesial kepada para costumer setia untuk bersama bersinergi lebih baik terutama dalam penggunaan jasa belanja online.
Konferensi tersebut bertajuk “START CX FIRST Summit 2023”, yang mengulas tentang inovasi teknologi self-service experience dalam layanan pelanggan “Tokopedia Care”. Dihadari oleh pembicara Chairman of Customer Service Experience Association Indonesia (CSEAI), Rudyanto H.P. Manullang, Ph.D., M.P.H.menyampaikan pesan penting pada konferensi tersebut.
“Pelanggan kini memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap nilai tambah sebuah layanan. Kemampuan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan sangat penting dikuasai oleh pemberi layanan, termasuk perusahaan. Peran tim customer experience sangat diperhitungkan dan menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. START CX FIRST Summit 2023 dari Tokopedia sangat perlu diapresiasi karena inisiatif ini bisa membantu meningkatkan kualitas customer experience lintas industri,” ujar Rudyanto.
Inovasi Teknologi Tokopedia Care Berikan Self-Service Experience Bagi Customer
Baca juga: Aplikasi Bisatumbuh Resmi Rilis, UMKM Bisa Dapat Rekomendasi Bisnis
Sejalan dengan salah satu nilai perusahaan, yaitu focus on costumer. Tokopedia ingin mewujudkan keinginan costumer yang tidak hanya sekedar menginginkan barang atau jasa, melainkan juga pengalaman yang mengesankan.
Tokopedia Care yang 100% berbasis digital dan tersedia 24/7 sehingga pertanyaan pelanggan dapat dijawab secara cepat, akurat dan transparan. Di sisi lain memanfaatkan artificial intelligence (AI) termasuk machine learning untuk menyediakan self-service experience. Inovasi teknologi ini memungkinkan pelanggan bisa mendapatkan solusi dari pertanyaan secara mandiri dan lebih cepat, tanpa bantuan CFS (Customer First Squad; sebutan tim customer experience Tokopedia).
Tokopedia Care menggabungkan 3 elemen untuk memberikan experience terbaik bagi pelanggan, yakni:
Penerapannya bisa dilakukan dengan mengklik tanda 3 strip dipojok kanan aplikasi Tokopedia, kemudian klik ‘mulai chat” dan pelanggan akan terhubung dengan Tanya, asisten virtual Tokopedia.
Tanya akan menyediakan layanan chatbot berteknologi AI yang memungkinkan pelanggan yang akan memilih sendiri pertanyaan yang diajukan dan mendapatkan jawaban dengan cepat dan akurat.
Baca juga: Buat Website Naik Secara Organik dengan Jasa Backlink dari Banyumedia
Self-Service Experience Dari Tokopedia Berdayakan Penjual Majukan Usaha
Tokopedia juga menghadirkan self-service experience untuk memberdayakan pelaku usaha dari berbagai skala agar bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam memajukan bisnis. Selain melalui halaman Bantuan Tokopedia Care, penjual bisa mendapatkan self-service experience melalui Seller Dashboard Tokopedia.
Untuk menyediakan data komprehensif, seperti jenis produk atau kata kunci sedang paling banyak dicari pembeli di Tokopedia berdasarkan wilayah dan kategori, guna memaksimalkan bisnis.
Ada pula fitur terbaru ‘Penamaan Produk dan Kategori’ yang didukung oleh machine learning untuk memberikan smart recommendation bagi penjual dalam hal penamaan produk dan kategorisasi paling relevan sehingga produk bisa lebih mudah ditemukan pembeli.
Penjual juga bisa mendapatkan self-service experience–seperti fitur Wawasan (kiri) hingga fitur Penamaan Produk dan Kategori (kanan) dan masih banyak lagi–melalui Seller Dashboard Tokopedia, untuk memaksimalkan penjualan.
Terdapat juga fitur Katalog yang mengusung machine learning untuk menyediakan katalog cerdas bagi penjual agar produk makin menonjol di tengah lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar di Tokopedia.
Gimana nih, penawaran yang menarik bukan dari Tokopedia? Inovasi teknologi yang disediakan melalui self-service experience baik bagi pelanggan dan juga penjual di Tokopedia akan menghadirkan pengalaman terbaik.
Kebutuhan talent data meningkati, apa yang perlu dipelajari generasi muda?
Rabu, 27 Agustus 2025 | 11:45 WIBPassword ternyata menjadi titik lemah terbesar karena mudah dicuri lewat halaman login palsu. Google mengeluarkan peringatan serius untuk ganti password secara rutin.
Selasa, 26 Agustus 2025 | 18:23 WIBPojok Belajar merupakan inisiatif edukasi intensif yang digagas oleh GoFood lewat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). Program ini diperluas ke 24 kota di Indonesia.
Selasa, 12 Agustus 2025 | 10:49 WIBMeta mengumumkan fitur baru, yaitu Instagram Map, yang membuat pengguna bisa mengaktifkan location sharing secara real-time kepada follower. Benarkah fitur ini tidak aman?
Senin, 11 Agustus 2025 | 17:21 WIBAI menjadi standar baru dalam berkarya di industri kreatif. AI bahkan makin bisa diandalkan di kursi sutradara, baik di dunia film, visual, hingga fashion.
Kamis, 31 Juli 2025 | 10:00 WIBCara Mengelola Keuangan: Milenial Lebih Terstruktur, Gen Z Lebih Fleksibel
Sabtu, 26 Juli 2025 | 10:00 WIBInsiden kiss cam antara Andy Byron dan Kristin Cabot menyebabkan konsekuensi bagi semua pihak yang terlibat. Namun ada satu orang yang mendapatkan keuntungan dari peristiwa itu.
Selasa, 22 Juli 2025 | 17:31 WIBYuk ketahui fitur utama dari pembaruan ini!
Jumat, 18 Juli 2025 | 18:19 WIBMicrosoft resmi mengumumkan pada karyawan divisi gaming bahwa akan dilakukan pengurangan karyawan sebesar 10%, atau sekitar 200 orang.
Senin, 7 Juli 2025 | 10:00 WIBInilah tren baru di kalangan founder startup yang datang dari Gen Z. Untuk membuat pengumuman pendanaan, mereka tidak lagi membuat siaran pers resmi.
Minggu, 29 Juni 2025 | 13:26 WIBApa Itu Google Search Live?
Jumat, 27 Juni 2025 | 11:00 WIBMengapa Pelatihan Data Penting?
Kamis, 26 Juni 2025 | 22:47 WIBSejak Threads diluncurkan pada Juli 2023, banyak pengguna merasa ada satu fitur penting yang kurang, yaitu direct message. Kini, Meta luncurkan fitur DM di Threads.
Kamis, 12 Juni 2025 | 15:23 WIBGoogle DeepMind, pusat penelitian AI dari Google, saat ini sedang menggarap “next-generation email”. Apa saja kemampuan email generasi baru ini?
Rabu, 4 Juni 2025 | 10:00 WIBDengan teknik rekayasa sosial yang canggih, pengguna dibujuk untuk mengunduh dan memasang aplikasi palsu
Selasa, 3 Juni 2025 | 11:42 WIB