LogoDIGINATION LOGO

Peringati Hari Pelanggan Nasional, Tokopedia Berdayakan Inovasi Self-service

author Oleh Claudia Tari Aplabatansa Kamis, 14 September 2023 | 18:12 WIB
Share
Share

Tepat pada tanggal 4 September kemarin, diperingati sebagai hari hari pelanggan nasional. Banyak pelaku industri yang memberikan “hadiah” kepada para pelanggan setia sebagai salah satu cara untuk mempertahankan loyalitas dan tentu dengan harapan industri akan lebih baik serta mengutamakan  sejahtera para costumer.

Salah satunya Tokopedia, dengan gesit ingin memberikan sesuatu spesial kepada para costumer setia untuk bersama bersinergi lebih baik terutama dalam penggunaan jasa belanja online.

Konferensi tersebut bertajuk “START CX FIRST Summit 2023”, yang mengulas tentang inovasi teknologi self-service experience dalam layanan pelanggan “Tokopedia Care”. Dihadari oleh pembicara Chairman of Customer Service Experience Association Indonesia (CSEAI), Rudyanto H.P. Manullang, Ph.D., M.P.H.menyampaikan pesan penting pada konferensi tersebut.

“Pelanggan kini memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap nilai tambah sebuah layanan. Kemampuan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan sangat penting dikuasai oleh pemberi layanan, termasuk perusahaan. Peran tim customer experience sangat diperhitungkan dan menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. START CX FIRST Summit 2023 dari Tokopedia sangat perlu diapresiasi karena inisiatif ini bisa membantu meningkatkan kualitas customer experience lintas industri,” ujar Rudyanto.

Inovasi Teknologi Tokopedia Care Berikan Self-Service Experience Bagi Customer

Baca juga: Aplikasi Bisatumbuh Resmi Rilis, UMKM Bisa Dapat Rekomendasi Bisnis

Sejalan dengan salah satu nilai perusahaan, yaitu focus on costumer. Tokopedia ingin mewujudkan keinginan costumer yang tidak hanya sekedar menginginkan barang atau jasa, melainkan juga pengalaman yang mengesankan.

Tokopedia Care yang 100% berbasis digital dan tersedia 24/7 sehingga pertanyaan pelanggan dapat dijawab secara cepat, akurat dan transparan. Di sisi lain memanfaatkan artificial intelligence (AI) termasuk machine learning untuk menyediakan self-service experience. Inovasi teknologi ini memungkinkan pelanggan bisa mendapatkan solusi dari pertanyaan secara mandiri dan lebih cepat, tanpa bantuan CFS (Customer First Squad; sebutan tim customer experience Tokopedia).

Tokopedia Care menggabungkan 3 elemen untuk memberikan experience terbaik bagi pelanggan, yakni:

  1. Human Touch lewat CFS
  2. Teknologi melalui pemanfaatan AI dan automasi serta pengembangan real-time customer engagement hub
  3. Voice of customer dengan mengoptimalkan umpan balik dari pelanggan

Penerapannya bisa dilakukan dengan mengklik tanda 3 strip dipojok kanan aplikasi Tokopedia, kemudian klik ‘mulai chat” dan pelanggan akan terhubung dengan Tanya, asisten virtual Tokopedia.

Tanya akan menyediakan layanan chatbot berteknologi AI yang memungkinkan pelanggan yang akan memilih sendiri pertanyaan yang diajukan dan mendapatkan jawaban dengan cepat dan akurat.

Baca juga: Buat Website Naik Secara Organik dengan Jasa Backlink dari Banyumedia

Self-Service Experience Dari Tokopedia Berdayakan Penjual Majukan Usaha

Tokopedia juga menghadirkan self-service experience untuk memberdayakan pelaku usaha dari berbagai skala agar bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam memajukan bisnis. Selain melalui halaman Bantuan Tokopedia Care, penjual bisa mendapatkan self-service experience melalui Seller Dashboard Tokopedia. 

Untuk menyediakan data komprehensif, seperti jenis produk atau kata kunci sedang paling banyak dicari pembeli di Tokopedia berdasarkan wilayah dan kategori, guna memaksimalkan bisnis.

Ada pula fitur terbaru ‘Penamaan Produk dan Kategori’ yang didukung oleh machine learning untuk memberikan smart recommendation bagi penjual dalam hal penamaan produk dan kategorisasi paling relevan sehingga produk bisa lebih mudah ditemukan pembeli. 

Penjual juga bisa mendapatkan self-service experience–seperti fitur Wawasan (kiri) hingga fitur Penamaan Produk dan Kategori (kanan) dan masih banyak lagi–melalui Seller Dashboard Tokopedia, untuk memaksimalkan penjualan.

Terdapat juga fitur Katalog yang mengusung machine learning untuk menyediakan katalog cerdas bagi penjual agar produk makin menonjol di tengah lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar di Tokopedia.

Gimana nih, penawaran yang menarik bukan dari Tokopedia? Inovasi teknologi yang disediakan melalui self-service experience baik bagi pelanggan dan juga penjual di Tokopedia akan menghadirkan pengalaman terbaik.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE