LogoDIGINATION LOGO

Microsoft Pensiunkan Wordpad, Setelah Hampir 30 tahun Bersama

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 4 September 2023 | 18:05 WIB
Share
Share

 

Microsoft secara resmi pensiunkan WordPad, perangkat lunak perangkat lunak pengeditan teks yang sudah hampir 30 tahun bersama Microsoft pada Jumat, 1 September 2023. 

Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan WordPad dari Sistem Operasi (OS) Widows, yang menandakan perangkat lunak ini tidak akan diperbarui dan akan dihapus di versi Windows yang akan datang. 

Pada keterangannya tersebut, Windows juga menyarankan untuk menggunakan Microsoft Word dan Windows Notepad untuk pengalaman membuka dan mengetik teks kedepannya.

"WordPad tidak lagi diperbarui dan akan dihapus di rilis Windows mendatang. Kami merekomendasikan Microsoft Word untuk ragam dokumen teks seperti .doc dan .rtf dan Windows Notepad untuk dokumen teks biasa seperti .txt.," mengutip dari The Verge yang diambil dari data informasi Microsoft.

Baca juga: Apple Segera Rilis iPhone 15, Berikut Peningkatan yang Ditawarkan

WordPad hadir pada Windows sejak 1995 dan termasuk fitur utama yang otomatis terinstal ketika kita mengaplikasikan sistem operasi Windows. Namun pada tahun 2020 fitur ini diberi label sebagai fitur opsional, yang berarti pengguna dapat menghapusnya.

WordPad memang sudah lama tidak mendapat pembaruan besar dari Microsoft. Aplikasi pengolah kata ini diperbarui dengan antarmuka Ribbon UI Windows 7 pada 2007. Pembaruan ini menampilkan tujuh tab baru meliputi Home, Insert, Page layout, References, Mailing, Review, dan View. Di Windows 8 yang dirilis pada 2012, WordPad kembali mendapatkan sedikit perombakan desain. 

WordPad pada dasarnya memiliki tampilan dan fitur mirip Microsoft Word. Perbedaan utamanya, WordPad memungkinkan pengguna melihat dokumen teks dalam berbagai format umum dan melakukan pengeditan dasar. Sementara Microsoft Word memiliki lebih banyak fungsi pengeditan dan pencetakan teks tambahan dibandingkan Wordpad yang jauh lebih sederhana.

Baca juga: Hati-Hati! AI Bisa Tahu Password Lewat Suara Ketikan

Tidak hanya WordPad, sebenarnya NotePad juga terbilang sudah lama tidak mendapatkan pembaruan besar dari Microsoft. Microsoft memperbarui aplikasi Windows Notepad pada tahun 2018 untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun dan melanjutkan untuk menambahkan tab ke versi Windows 11.

Namun, kenyatanyaan, mengutip dari The Verge, berita tentang penghapusan WordPad datang hanya sehari setelah Microsoft mengungkapkan bahwa mereka meningkatkan Notepad dengan fitur seperti penyimpanan otomatis dan restoral otomatis tab. Hingga pada September 2023 ini, Microsoft memilih untuk menghapus WordPad dari Windows.

Namun dengan begitu, apliaksi WordPad masih bisa ditemukan dan digunakan di Windows 11 versi OS build 22621.2134.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE