LogoDIGINATION LOGO

Apple Segera Rilis iPhone 15, Berikut Peningkatan yang Ditawarkan

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 28 Agustus 2023 | 17:46 WIB
Share
Share

 

Setelah kagum dengan kecanggihan notch/ poni baru pada iPhone 14, perusahaan teknologi Apple bersiap untuk meluncurkan ponsel pintar generasi terbaru iPhone 15 series, pada 13 September 2023. 

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, iPhone 15 akan menggantikan notch/ poni dengan Dynamic Island, dan iPhone 15 Pro akan memiliki bezel yang jauh lebih tipis dari generasi-generasi sebelumnya.

Lantas apa saja peningkatan yang ditawarkan oleh iPhone 15 series, dibandingkan generasi sebelumnya? Mari kita ulik.

Baca juga: Hati-Hati! AI Bisa Tahu Password Lewat Suara Ketikan

Notch akan digantikan menjadi Dynamic Island

IPhone 15 dan iPhone 15 Plus dilaporkan akan memiliki Dynamic Island. Itu berarti, semua model terbaru akan menggantikan poni dengan potongan pill-shape interaktif yang menjadi poin utama pada perilisan Apple tahun lalu. 

Pengisian daya akan berubah menjadi USB-C

Selain poni, Gurman mengungkap jajaran iPhone 15 tidak akan dibekali port lightning seperti port charge pada generasi sebelumnya. Hal ini terjadi berkat peraturan Uni Eropa, yang meminta produsen ponsel pintar membangun port pengisian daya yang universal. Alhasil, pada perilisan nanti, Apple diyakini akan mengganti port lightning menjadi port USB-C. 

Bezel yang lebih tipis

Selain itu, iPhone 15 Pro tahun ini juga akan terlihat sangat berbeda dengan bezel yang tipis. Gurman mengungkap teknologi tampilan baru ini disebut low-injection pressure over-molding (LIPO) yang akan mengurangi batas hingga 1,5 milimeter dari 2,2 milimeter saat ini.

Baca juga: Apple Dikabarkan Mau Bikin iPad Lipat, Gimana ya Bentuknya?

Desain titanium

iPhone 15 Pro juga dikabarkan akan menggantikan desain stainless-steel dengan desain titanium, dan dilengkapi dengan chip 3-nanometer yang cepat.

Memiliki tombol seperti Apple Watch

Gurman, mengungkap tombol daya dan volume akan tetap sama, dan sebagai gantinya akan memberikan peningkatan pada sakelar bisu/dering. Tombol ini akan disesuaikan seperti yang ada di Apple Watch, di mana pengguna dapat menetapkan fungsi yang berbeda seperti bisu, mode Fokus, atau menyalakan senter.

Berikut beberapa peningkatan fitur yang ada di iPhone 15 nantinya. Sementara untuk kekuatan, IPhone 15 dikabarkan akan tetap hadir dengan chip A16 yang sama dengan iPhone 14 Pro.

Berdasarkan beberapa informasi, dengan peningkatan pada semua fitur dan bahan baru yang lebih canggih harga iPhone baru ini bisa naik hingga US$ 200 dibandingkan dengan generasi saat ini.

Jika Apple benar-benar mengumumkan iPhone terbaru pada 13 September, masa pra-pemesanan didiperkirakan berlangsung pada 15 September, dengan peluncuran resmi sepekan kemudian, yakni pada 22 September.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE