LogoDIGINATION LOGO

Apple Dikabarkan Mau Bikin iPad Lipat, Gimana ya Bentuknya?

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 21 Oktober 2022 | 16:26 WIB
Share
Share

 

Bukan iPhone 15, Apple dikabarkan akan meluncurkan iPad dengan layar lipat pada proyek terbarunya di tahun 2024. Hal tersebut diketahui dari laporan dari firma analis CCS Insight. 

Dikutip dari CNBC, CCS Insight memperkirakan Apple segera mulai bereksperimen membuat iPad yang dapat dilipat dalam waktu dekat, ketimbang memulai dengan iPhone yang dapat dilipat. Ini bertentangan dengan merek Samsung yang telah meluncurkan smartphone lipat dulu daripada tablet.

"Saat ini tidak masuk akal bagi Apple untuk membuat iPhone yang dapat dilipat. Kami pikir mereka akan menghindari tren itu dan mungkin akan memulai dengan iPad yang dapat dilipat, "kata Kepala Penelitian di CCS Insight, Ben Wood, dikutip dari CNBC Indonesia.

Baca juga : Lebih Content Friendly, Berikut Fitur Baru iOS 16

Wood menambahkan, IPhone lipat akan menjadi risiko super tinggi bagi Apple dan membuat harga iPhone tersebut semakin mahal.

Analis mengatakan bahwa iPhone yang dapat dilipat kemungkinan akan membutuhkan biaya sekitar US$ 2500 (sekitar Rp38 juta). Sedangkan iPhone 14 Pro Max dengan penyimpanan terbesar, yang merupakan model termahal saat ini, berharga sekitar US$1599 (sekitar Rp24 juta)

Wood juga mengatakan, jika Apple memiliki masalah teknis dengan ponsel yang dapat dilipat, maka itu akan menjadi bumerang dan akan menuai kritik yang menyerang Apple.

Namun, demi mengikuti tren ke arah perangkat lipat yang kini sedang marak. Apple tidak ada pilihan untuk tetap berinovasi. Untuk itu Apple akan memulai perangkat lipat dengan tablet.

Baca juga : iPhone 14 Pro Tampil Beda dengan Poni Baru

 

Sebelumnya sejumlah rumor tentang niat Apple dengan produk layar lipat memang telah bermunculan sejak awal tahun. 

Awal tahun ini, firma riset pasar Display Supply Chain Consultants mengatakan Apple mungkin memasuki pasar ponsel lipat paling cepat 2025. Laporan CCS Insight ini tentu menguatkan rumor tersebut, sebagai potensi rilis Apple di masa depan.

iPad lipat ini diperkirakan memiliki layar 20-inci. Perangkat ini berpotensi memiliki kedua jenis keyboard. Layar dapat “dipasang ke keyboard fisik, atau hanya memiliki satu sisi tampilan yang berfungsi sebagai keyboard virtual.

Ini tampaknya sejalan dengan pernyataan yang dibuat Ross Young, analis DSCC yang menawarkan perangkat Apple menjadi “produk penggunaan ganda sejati” yang dapat menawarkan keyboard ukuran penuh saat dilipat.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE