LogoDIGINATION LOGO

Aplikasi Twitter di Ponsel Sudah Berubah Menjadi Logo X

author Oleh Dewi Shinta N Sabtu, 29 Juli 2023 | 10:05 WIB
Share
Share

 

Tahap rebranding Twitter menjadi X semakin dekat. Setelah mengganti logo dan nama Twitter di versi web, Elon Musk terlihat semakin mantap dengan keputusannya. Kini logo X sudah nampak di beberapa pengguna Android, Jumat (28/7/2023).

Terpantau di Google Play Store dan App Store logo burung biru masih muncul namun, di beberapa pengguna Twitter mengaku logo burung biru di aplikasi Twitter mereka sudah digantikan dengan logo dan merek "X".

Meski kini sudah menggunakan nama dan logo X, pengguna juga masih dapat menggunakan kata "Twitter" di kolom pencarian yang nantinya akan dirujuk ke laman aplikasi X.

Sebagai informasi, perubahan Twitter ke X ini merupakan bagian dari rencana bos Tesla dan SpaceX tersebut untuk melakukan rebranding Twitter. Namun tampaknya proses rebranding ini mungkin mengalami hambatan seiring dengan digulirkannya logo X. Pasalnya, Meta telah memegang hak merek atas X.

Baca juga : Elon Musk Bakal Ganti Logo Twitter jadi X

Dikutip dari Business Insider, Mark Zuckerberg sang pendiri Meta telah mendaftarkan merek X pada 2019. Logo dengan huruf biru-putih X berkaitan dengan layanan jejaring sosial online, dan jejaring sosial di bidang hiburan, game, dan pengembangan aplikasi. 

Sebenarnya bukan hanya Meta, Reuters menyebut bahwa Microsoft memiliki hak kekayaan intelektual atas X. Sudah sejak 2003 Microsoft memegang hak merek terkait komunikasi mengenai sistem video gim Xbox-nya.

Menyadur dari Business Insider, X sendiri dipakai luas dan dikutip dalam merek dagang, sehingga bisa jadi bahan untuk gugatan hukum. Twitter pun bisa menghadapi masalah dalam mempertahankan merek X di masa mendatang.

"Ada kemungkinan 100 persen bahwa Twitter akan digugat oleh seseorang," kata seorang pengacara merek dagang Josh Gerben.

Ia juga menyebut, ada hampir 900 pendaftaran merek dagang aktif AS yang sudah mencakup huruf X di berbagai industri. 

Baca juga : 5 Aplikasi Pesaing Twitter dan Threads

Lebih lanjut Josh Gerben menjelaskan, merek dagang alias trademark merupakan pengidentifikasi sumber, simbol atau merek yang diasosiasikan pelanggan dengan perusahaan. Untuk jadi logo perusahaan yang dikenal, sebuah logo harus unik dan berbeda agar bisa jadi merek dagang dan terdaftar di US Patent and Trademark Office.

Logo burung ikonik Twitter, Larry, yang selama ini telah dikenal oleh masyarakat umum, kini tak lagi burung biru dan berubah menjadi huruf “X”. Logo Twitter baru “X” yang menggantikan burung biru itu secara bertahap diterapkan di seluruh platform Twitter.

Perombakan yang dilakukan Elon Musk mengubah identitas Twitter menjadi serba X, seperti mengubah nama perusahaan dari Twitter Inc. menjadi X Corp. Lalu mengganti logo platform dari burung "Larry Bird" menjadi huruf "X", mengganti handle akun resmi dari @Twitter menjadi @X, serta menambahkan alamat situs X.com untuk membuka Twitter.com.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE