LogoDIGINATION LOGO

Elon Musk Bakal Ganti Logo Twitter jadi X

author Oleh Dewi Shinta N Kamis, 27 Juli 2023 | 15:34 WIB
Share
Share

Pemilik Twitter Elon Musk dikabarkan akan mengganti logo Twitter menjadi huruf “X”. Diketahui Musk, mulai memerkan logo X di profile picture-nya pada Senin (24/7) siang.

Logo burung biru Twitter yang bertahun-tahun mendampingi warganet terlihat telah digusur oleh huruf X. Bahkan logo ini pun sudah terlihat ketika pengguna login di web.

CEO Twitter Linda Yaccarino mengatakan, penggantian logo ini merupakan bagian dari rebranding dan memperkenalkan poros utama untuk platform microblogging. Menurut dia, ini akan menjadi pasar untuk barang, layanan, dan peluang yang didukung oleh kecerdasan buatan. 

"Twitter membuat satu kesan besar dan mengubah cara kita berkomunikasi. Sekarang, X akan melangkah lebih jauh, mengubah alun-alun kota global," ujarnya, dikutip dari NBC News.

Baca juga : 5 Aplikasi Pesaing Twitter dan Threads

Namun, pengamat menilai pergantian logo ini lebih merupakan cara Musk untuk menonjolkan diri di perusahaan.

"Pergantian nama dan logo Twitter tidak ada hubungannya dengan masalah pengguna, pengiklan, atau pasar. Itu simbol bahwa Twitter adalah milik pribadi Elon Musk," kata Tom Morton, kepala strategi global di biro iklan R/GA, dikutip dari Reuters.

Fernando Machado, yang pernah menjabat sebagai chief marketing officer di Activision Blizzard, Restaurant Brands International, dan Burger King, mengatakan perubahan merek biasanya membutuhkan waktu untuk meresap.

"Secara pribadi, menurut saya pendekatan baru terasa agak dingin dan impersonal," ungkap Machado.

Baca juga : Masa Depan Twitter Sulit Diprediksi: Antara Inovasi dan Tantangan

Pergantian logo itu pun disesali desainer aslinya, Martin Grasser. Desain yang ia buat sebenarnya dianggap berkelas dunia dengan memakai teknik penciptaan dengan memanfaatkan lingkaran dalam berbagai bentuk.

Karena pergantian logo ini pun tagar #GoodbyeTwitter sempat ramai di platform tersebut sebagai bentuk kekecewaan pengguna atas keputusan Musk. 

Huruf "X" memang sudah dikenal di hampir semua perusahaan yang digarap Musk selama dua dekade terakhir. Contohnya, X.com, yang merupakan nama asli Paypal, yang didirikan 1999. Domain X.com kini sudah redirect ke twitter.com. Selain itu ada perusahaan antariksa SpaceX; dan salah satu Tesla SUV, yakni Model X.

Sejak mengambil alih Twitter pada Oktober tahun lalu, Musk mengatakan dia membayangkan "X, aplikasi segalanya" yang juga menawarkan berbagai layanan di luar media sosial.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE