LogoDIGINATION LOGO

Lima Alasan Pentingnya Asuransi Mobil Untuk Mudik Lebaran

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 17 April 2023 | 11:25 WIB
Share
Share

Perjalanan mudik Lebaran pada peringatan Hari Raya Idulfitri menggunakan kendaraan pribadi masih menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat. Mendukung hal tersebut, penting untuk memperhatikan proteksi perjalanan mudik dengan memiliki asuransi mobil demi keamanan dan kenyamanan berkendara.

Asuransi mobil dapat meminimalisir segala kerugian yang terjadi saat berkendara. Mulai dari kerusakan pada mobil hingga kecelakaan yang menimbulkan kerugian, tidak hanya pada pengendara tetapi juga kendaraan karena tingginya arus lalu lintas saat mudik Lebaran, serta kejadian yang tidak dapat diprediksi seperti kecelakaan. 

“Asuransi mobil menjadi pilihan penting bagi pemilik kendaraan untuk memproteksi kendaraan dan meminimalisir kerugian jika terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, khususnya pada saat perjalanan mudik Lebaran. Jarak tempuh yang panjang membuat kendaraan bekerja lebih keras, sehingga banyak hal yang perlu diperhatikan lagi agar perjalanan aman dan nyaman sampai tiba di kampung halaman. Mulai dari memahami jenis perlindungan, manfaat dan jaminan pada kendaraan, serta pemilihan asuransi yang tepat untuk mobil Anda,” ujar VP of Insurance Cermati Protect, Juanri.

Baca juga : Awas Kena Ganjil Genap saat Mudik, Ini dia Aplikasi Buat Cek Contraflow dan OneWay

 

Sebagai bentuk antisipasi dan meminimalisir kerugian tersebut, ada baiknya pemilik kendaraan memahami pentingnya memiliki asuransi mobil sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran. 

Simak lima alasan pentingnya memiliki asuransi mobil untuk melindungi perjalanan selama mudik Lebaran berikut ini : 

  1. Jaminan Kecelakaan Mobil

Kecelakaan lalu lintas saat mudik Lebaran adalah kejadian tak terduga yang banyak dialami pengendara dan menimbulkan kerugian. Asuransi mobil dengan jenis  perlindungan All Risk mampu memberikan perlindungan menyeluruh untuk  kendaraan yang mengalami kerusakan ringan maupun berat akibat kecelakaan, hingga kehilangan kendaraan. 

 

  1. Jaminan Kehilangan Kendaraan 

Jaminan untuk kendaraan tidak melulu untuk melindungi mobil dari dampak kerusakan akibat kecelakaan atau bencana diluar kuasa manusia. Risiko kehilangan yang memungkinkan adanya pencurian kendaraan juga bisa dirasakan ketika pemilik meninggalkan mobil di area parkir atau parkir tidak pada tempatnya saat perjalanan mudik. 

 

Jenis perlindungan Total Loss Only menjadi salah satu jenis perlindungan dari asuransi mobil bisa  memberikan jaminan jika kendaraan hilang atau mengalami kerusakan berat mencapai 75 persen dari harga mobil. Tentunya untuk bisa menerima jaminan tersebut diperlukan beberapa persyaratan, seperti usia mobil maksimal 15 tahun dan kelengkapan dokumen kepemilikan kendaraan. 

  1. Perlindungan Mobil

Pemakaian mobil selama berkendara saat mudik perlu diperhatikan, seperti kekuatan mesin dengan jarak tempuh yang akan dijalani apakah sudah sesuai atau membutuhkan perawatan. Kesehatan mobil juga butuh pengecekan sebelum perjalanan dilakukan, agar tidak menimbulkan kerugiaan saat perjalanan akibat  kerusakan pada mesin.

Menempuh kendaraan jarak jauh perlu kesiapan mesin agar bisa berjalan optimal. Seperti memastikan bahan bakar cukup, pengecekan oli, aki dan menyiapkan ban cadangan juga toolkit dasar. Jika memiliki asuransi, pemilik mobil bisa memanfaatkannya dengan mendatangi bengkel rekanan untuk melakukan perawatan mesin.

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Harus Download MyPertamina Saat Mudik

  1. Tekan Anggaran Mudik

Keputusan mudik menggunakan mobil tentunya membutuhkan perencanaan anggaran yang matang dan tepat  agar tidak menimbulkan kerugian. Tak hanya untuk kebutuhan bensin, tol, dan parkir sesuai jangka waktu mudik, tapi juga untuk perawatan kendaraan, serta perhitungan tak terduga lainnya juga harus dipikirkan. 

Memiliki asuransi mobil dapat menekan anggaran mudik karena adanya jaminan untuk memanjakan kendaraan untuk perawatan dan memberikan jaminan  kerusakan ringan hingga berat dengan biaya yang sudah ditanggung terlebih dahulu via polis asuransi sehingga dapat menekan anggaran mudik.

  1. Perlindungan Perluasan 

Perlindungan ini merupakan jaminan tambahan dari tanggungan utama produk asuransi mobil. Jaminan ini dapat membantu pemilik mobil dari berbagai risiko tak terduga di luar perlindungan utama, seperti bencana alam banjir dan gempa bumi. Selain itu, perluasan perlindungan dapat memberikan memproteksi kendaraan dari kejadian kerusuhan dan aksi merugikan masyarakat lainnya yang mengakibatkan mobil rusak, penyok, atau terbakar. 

Tidak hanya pada kendaraan dan pengendara mobil, perluasan perlindungan juga bisa menanggung kerugian yang dialami penumpang atau korban tertabrak lain akibat kecelakaan dan banting setir. Perlindungan ini disebut sebagai Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TJHPK) karena asuransi mampu mengcover perlindungan untuk diluar tanggungan utama. 

 

Masyarakat Indonesia kini dipermudah untuk bisa menemukan asuransi mobil yang tepat via akses digital yang praktis. Pemilihan asuransi mobil pun dapat disesuaikan dengan jenis proteksi yang diinginkan dan anggaran yang dimiliki. 

Salah satu kemudahan ini bisa dirasakan dengan memanfaatkan layanan aggregator pencarian asuransi Cermati dengan mengakses cermati.com/asuransi-mobil, yang sudah memiliki banyak rekanan terpercaya dengan jaminan harga terbaik.

 

Dengan adanya pemahamanan akan pentingnya asuransi mobil ini, perjalanan mudik Lebaran bisa lebih tenang dan nyaman karena telah mengetahui proteksi yang tepat untuk kendaraan sebagai bentuk antisipasi dari kerugian di kemudian hari. 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE