LogoDIGINATION LOGO

Donasi Digital Masih Jadi Pilihan, GoPay dan BAZNAS Ajak Masyarakat

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 3 April 2023 | 17:08 WIB
Share
Share

Tren donasi digital masih diminati masyarakat walaupun sejak tahun lalu aktivitas masyarakat mulai kembali normal. Sepanjang 2022, total donasi digital yang disalurkan melalui GoPay mencapai Rp 154 miliar, menunjukkan bahwa berdonasi secara digital masih menjadi pilihan masyarakat.

Animo tinggi masyarakat untuk berdonasi digital juga mengantarkan GoPay untuk kembali meraih penghargaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sebagai Mitra Pengumpulan Zakat melalui Fintech Terbaik. Penghargaan BAZNAS Award yang diberikan pada 23 Maret 2023 ini merupakan yang keempat kalinya diterima GoPay sejak 2019.

Budi Gandasoebrata, Managing Director GoPay, mengatakan, masyarakat mengadopsi kebiasaan baru pada masa pandemi, termasuk untuk berdonasi secara digital. Tahun lalu, walaupun aktivitas sudah berangsur normal, kami masih melihat animo masyarakat terhadap donasi digital masih sangat tinggi, terutama pada bulan Ramadhan.

“Sepanjang 2022, kami melihat BAZNAS merupakan salah satu lembaga amal zakat yang dipercaya dan paling banyak digunakan oleh pengguna GoPay unstuk berbagi kebaikan kepada sesama, melalui donasi, zakat, infaq, maupun sedekah,” imbuh Budi.

Baca juga : Agar Tidak Cepat Habis, Berikut Tips Mengelola Uang THR

Donasi digital memegang peranan penting dalam membantu masyarakat tanpa adanya batasan (seamless).Mendukung inovasi teknologi GoPay, BAZNAS sebagai satu-satunya lembaga yang diresmikan Pemerintah untuk melakukan pengelolaan zakat secara nasional, mendukung modernisasi dan digitalisasi pengelolaan zakat nasional. 

Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA mengatakan, "Kami mengucapkan terima kasih kepada para muzaki di seluruh Indonesia. Zakat, infak, dan sedekah mereka dinantikan oleh masyarakat yang membutuhkan. Bertepatan dengan momen Ramadan, mari kita bersama-sama meningkatkan zakat kita yang kini semakin dipermudah dengan keberadaan platform terpercaya seperti GoPay.”

Baca juga : Tukar Uang Baru Buat THR Lebaran Lewat Website PINTAR BI

Menurut Noor, selama pandemi COVID-19, peningkatan masyarakat berinfak dan bersedekah begitu luar biasa, sehingga angkanya melebihi 40 persen, dan mayoritas berasal dari kalangan anak-anak muda. Kedepannya, GoPay dan BAZNAS melalui Gerakan Cinta Zakat BAZNAS, optimis untuk terus membantu masyarakat mewujudkan kesejahteraan yang merata setelah masa pandemi dengan mengedukasi kemudahan donasi dan zakat digital.

Selain berdonasi, pengguna GoPay yang ingin membayar zakat dengan mudah di bulan Ramadan cukup membuka fitur GoTagihan yang terdapat di aplikasi Gojek, pilih menu “Zakat” lalu masukkan jumlah yang ingin dibayarkan. Masyarakat juga dapat menyalurkan zakatnya via GoPay melalui 400 yayasan yang bekerja sama dengan GoPay.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE