LogoDIGINATION LOGO

Mengenal Perbedaan Artificial Intelligence vs Machine Learning

author Oleh DQLab Jumat, 31 Maret 2023 | 11:46 WIB
Share
Share

 

Memasuki tahun 2023, dunia kian mulai bersiap dan beradaptasi dengan kehadirannya teknologi digital yang tanpa dipungkiri menjadi pola baru di industri.

Menurut laporan Statista 2020, para pemimpin bisnis dan tenaga kerja di seluruh dunia bahkan menggunakan AI untuk membantu pekerjaan mereka. Sebanyak 58% dari mereka mengklaim bahwa penggunaan AI dalam konteks ini membantu meningkatkan konsistensi dan kualitas, 26% merasa AI membantu pekerja meningkatkan produktivitas, dan 16% digunakan untuk meningkatkan wawasan.

Dengan kehebatan yang dimiliki oleh Artificial Intelligence tersebut, kini industri sudah mengaplikasikan ilmu AI dan ML untuk membantu inovasi sekaligus memberikan perspektif baru meningkatkan bisnis berdasarkan kumpulan analisis big data.

Yuk deep dive memahami perbedaan Artificial Intelligence dan Machine Learning melalui artikel DQLab ini!

Apa itu Machine Learning?
Pada dasarnya Machine Learning adalah studi yang membahas tentang algoritma dan model statistik  yang sangat berguna untuk membantu kinerja dari program komputer secara otomatis. Cara kerja dari Machine Learning ini yaitu mengumpulkan, memproses, membandingkan, mengevaluasi data, hingga membuat sebuah hasil prediksi serta menganalisis perbedaannya. 

Sebagian industri, sudah mengakui pentingnya Machine Learning dengan mengamati hasil yang impactful bagi bisnis. Industri-industri tersebut seperti layanan transportasi, perbankan, pemerintahan, layanan kesehatan, dsb.

Baca juga:  Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis

Mengenal Artificial Intelligence

Setelah mengenal Machine Learning, pada poin kedua kita akan membahas apa itu Artificial Intelligence atau dikenal dengan AI. Mungkin AI lebih terdengar familiar dibandingkan dengan Machine Learning, karena secara tidak sadar AI sudah menjadi bagian dari hidup kita lho contoh nyatanya yaitu adalah Google Search dan Siri. 

Secara definisi Artificial Intelligence adalah sebuah cabang ilmu komputer yang memungkinkan program dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia seperti berpikir, belajar dari pengalaman, hingga membuat keputusan sendiri. Meskipun AI dapat melakukan tugasnya dengan baik dan tepat, tetapi AI belum memiliki kemampuan tingkat secara emosional (layaknya manusia).

Fungsi Machine Learning vs Artificial Intelligence

Lalu apa yang membedakan keduanya? Secara fungsi untuk bisnis, Machine learning berfungsi memprediksi keberlangsungan bisnis mulai dari memprediksi karakteristik, perilaku, dan segmentasi pelanggan. Fungsi lainnya dari Machine Learning adalah sistem pinter yang otomatis, sehingga pekerjaan atau tugas-tugas yang dilakukan oleh Machine Learning ini akan bekerja secara otomatis tanpa campur tangan dari manusia langsung. Tujuan utama Machine Learning sendiri untuk memaksimalkan akurasi output yang didapatkan dan diprediksi bukan rasio keberhasilan.

Baca juga: Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis

Selanjutnya pada fungsi Artificial Intelligence (AI), berfungsi membantu menyederhanakan proses dalam bentuk apapun dan memberikan akses informasi dengan mudah. Fokus dari AI sendiri adalah mampu meningkatkan kemampuan belajar dan berpikir, sehingga tujuan utama AI yaitu membantu memaksimalkan peluang keberhasilan bukan akurasi. Adanya bantuan dari AI ini maka dapat memberikan berbagai macam pilihan langsung menuju ke intinya (tepat dan akurat).

Mengadopsi ilmu Machine Learning dan Artificial Intelligence bukanlah hal yang mudah dan hanya sekali dilakukan. Untuk mempersiapkan masa depan dan ekspansi bisnis secara data-driven, kamu bisa mulai belajar bersama DQLab menggunakan metode HERO! 

Melalui metode belajar HERO kamu akan mendapatkan kesempatan belajar menggunakan module sesuai real case industry dan langsung mempraktekannya. Yuk mulai bergabung belajar bersama DQLab atau kunjungi laman https://dqlab.id/ .

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB