LogoDIGINATION LOGO

Minat Belanja Online Meningkat, Pembayaran Digital Makin Jadi Pilihan

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 16 Desember 2022 | 16:16 WIB
Share
Share

Midtrans, penyedia layanan payment gateway dari GoTo Financial, mencatat tren peningkatan transaksi online yang diproses melalui platform Midtrans di periode khusus seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Pada tahun 2022, transaksi online Midtrans tercatat meningkat hingga 3 kali lipat pada tanggal promosi khusus, seperti Harbolnas. Ini terlihat dari aktivitas belanja di berbagai merchant Midtrans yang menggunakan platform digital, mulai dari marketplace besar hingga UMKM yang berjualan lewat website.

Menjelang akhir tahun, minat belanja online masyarakat Indonesia semakin mengalami peningkatan. Hadirnya berbagai festival belanja online yang diselenggarakan berbagai e-commerce juga menjadi faktor pendorong minat belanja konsumen. 

Dea Deviana, Head of Merchant Payment Strategy GoTo Financial mengatakan “Kecenderungan masyarakat berbelanja menjelang akhir tahun dapat dijadikan kesempatan bagi para pelaku usaha atau merchant untuk memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada konsumen. Antusiasme konsumen memilih transaksi di platform digital dapat diselaraskan dengan memberikan pengalaman belanja yang baik, sehingga merchant dapat terus menjadi pilihan pelanggan.” 

Berikut tren transaksi digital lainnya yang tercatat oleh Midtrans di tahun 2022:

1. Tak Hanya Harbolnas, Transaksi Online Meningkat Pada Momen Gajian

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan Rp1,26 juta per bulan untuk konsumsi. Momen Harbolnas dan festival belanja online serupa menjadi ajang yang menarik bagi konsumen untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan lewat platform digital.

Baca juga : LinkAja Berikan Promo BBM Lewat MyPertamina untuk Rayakan Libur Akhir Tahun

Selain itu, momen gajian juga berkontribusi dalam kenaikan transaksi belanja online di platform digital. Pembayaran online yang dilakukan di hari gajian dan diproses oleh payment gateway Midtrans lebih tinggi 1,2 kali lipat dibandingkan hari-hari lainnya. 

Hal ini menunjukan minat belanja masyarakat yang tinggi pada momen-momen tertentu sehingga para pelaku usaha dapat menyiapkan strategi yang tepat untuk memfasilitasi kenaikan volume transaksi di waktu tersebut. Midtrans melalui sistem pembayaran yang terintegrasi langsung dengan toko online secara real time menjadikan proses transaksi jadi jauh lebih cepat dan efisien sehingga pelaku usaha dapat mengelola banyak transaksi dengan mudah.

2. Metode Pembayaran Digital Menjadi Favorit

Seiring dengan meningkatnya minat belanja online, metode pembayaran digital dalam bertransaksi semakin menjadi pilihan pelanggan. Tiga metode pembayaran yang jadi favorit untuk berbelanja di  merchant Midtrans adalah GoPay, kartu kredit, dan transfer bank.

Metode pembayaran dengan Quick Responses Indonesian Standard (QRIS) melalui GoPay banyak disukai oleh konsumen dan merchant karena kemudahan dan tingkat keberhasilan penerimaan (acceptance rate) yang tinggi.

Dea mengatakan, teknologi Midtrans memungkinkan jutaan transaksi dapat diproses dalam hitungan detik, dengan tingkat uptime atau waktu aktif server hingga 99,99%. Ini merupakan standar optimal dalam industri payment gateway.

2. Kemudahan Checkout Dorong Konversi Penjualan Merchant

Inovasi fitur halaman pembayaran (checkout) dari Midtrans memungkinkan informasi transaksi dapat diakses dengan lengkap dan mudah dalam satu halaman, sehingga konsumen bisa menghemat waktu untuk melakukan pembayaran di website atau aplikasi merchant. Hal ini dapat berpotensi mendorong konversi penjualan lebih banyak di sisi merchant.

Baca juga : AFPI dan PEFINDO Luncurkan IdFintechScore, Sekaligus Business Matching bersama BNI

Dalam lima tahun terakhir, Dea mengatakan Midtrans telah mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembayaran online hingga 70%. Payment gateway atau gerbang pembayaran merupakan layanan elektronik yang menghubungkan penyedia layanan pembayaran seperti bank dengan merchant atau pelaku usaha.

Sebagai penyelenggara payment gateway yang berizin dan diawasi Bank Indonesia, Midtrans tak hanya memberikan layanan pembayaran yang komprehensif, tetapi juga terus mendorong perkembangan bisnis dari berbagai skala.

“Data dan tren ini menunjukkan peran payment gateway sebagai tulang punggung di balik pertumbuhan industri digital melalui layanan pembayaran yang diandalkan untuk kebutuhan pelaku usaha Indonesia. ” tutup Dea.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE