LogoDIGINATION LOGO

Tren Instagram 2023, Ini Konten Kesukaan Gen Z !

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 8 Desember 2022 | 15:50 WIB
Share
Share

 

Bagi seorang marketer dan content creator mungkin banyak yang mempertanyakan apa tren konten di tahun 2023. Generasi Z yang mendominasi membuat banyak yang mempertanyakan konten apa yang relevan untuk generasi Z. 

Melihat kebutuhan tersebut, baru-baru ini Instagram baru saja memprediksi konten lokal yang akan tetap relevan di tahun 2023, apa saja konten tersebut? 

Laporan bertajuk "Yang Dicintai Gen Z Indonesia di Instagram", merujuk pada data internal Instagram dan Populix, menyebut, Instagram memperkirakan ada tiga tren yang bersinar pada 2023, yaitu kuliner dan wisata, lagu dan tarian lokal dan web 3.

"Di Instagram, mereka memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan mengenai kultur-kultur yang tengah populer," kata Direktur Kemitraan Kreator Meta Indonesia dan Asia Tenggara Revie Sylviana.

Baca juga : Siap-siap Sukses di Tahun Depan, Berikut Tren Digital Marketing 2023

Instagram melihat konten soal kuliner dan wisata masih berjaya untuk 2023. Sebagian besar tanda pagar (tagar) terpopuler pada 2022 berkaitan dengan makanan dan wisata, seperti #Bali, #PesonaIndonesia dan #Kuliner. Sebanyak 40% Gen Z yang disurvei Populix mengatakan aktif menggunakan ketiga tagar itu.

Pada konten Reels, Instagram menemukan Gen Z lebih banyak menggunakan dan membagikan konten lokal, berupa lagu dan tarian, dibandingkan konten asing untuk Reels. 

Populix mendapati 1 dari 2 Gen Z pernah menggunakan lagu "Dunia Tipi-Tipu" dari Yura Yunita dan sepertiga dari mereka menyukai lagu "Ojo Dibandingke" yang dinyanyikan Farel Prayoga. Gen Z di Instagram juga menyukai lagu "Full Senyum Sayang" Evan Loss, "Hati-Hati di Jalan" oleh Tulus dan "I Love Mama Mantu" dari Bulan Sutena.

Gen Z di Indonesia juga tertarik dengan teknologi web 3 seperti NFT, avatar, augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Populix menemukan 65% Gen Z ingin melihat lebih banyak fitur VR di Instagram. Gen Z juga tertarik menggunakan fitur AR buatan kreator Indonesia yaitu "ID Flag" dan "Kasat Mata".

Baca juga : Whatsapp Rilis Fitur Baru! Pengguna Bisa Gunakan Avatar Agar Pesan Lebih Ekspresif

Topik yang diminati Gen Z Indonesia di Instagram tidak melulu soal hiburan, mereka juga tertarik dengan aksi sosial seperti lingkungan yang berkelanjutan, otentik dan menjadi diri sendiri, pemberdayaan perempuan, komunitas dan kesehatan mental.

Sepanjang 2022, Instagram mencatat Gen Z menyukai konten video yang ada di Reels dan Instagram Story. Kedua fitur itu menjadi tempat kesukaan mereka untuk menonton konten.

Untuk berinteraksi, Gen Z menggunakan fitur komentar dan pesan pribadi DM. Mereka juga gemar menggunakan fitur Sticker Add Yours di Reels dan Story. Instagram juga menemukan pengguna muda menyukai avatar, seperti Thumb Up, Blowing Kiss dan Winky.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE