LogoDIGINATION LOGO

Apple Siap Pasarkan Earphone TWS untuk Pengguna Android 

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:16 WIB
Share
Share

   

Apple tampaknya akan segera pasarkan Earphone true wireless stereo (TWS) Beats Studio Buds untuk pengguna Android di Indonesia. Hal ini terlihat karena munculnya produk ini di laman sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo.

Adapun kedua perangkat Beats Studio Buds masing-masing memiliki nomor model "A2512" dan "A2513". Berdasarkan penelusuran KompasTekno dari sejumlah sumber di internet, A2512 adalah nomor model untuk Beats Studio Buds varian warna Black (hitam), sedangkan A2513 adalah nomor model untuk Beats Studio Buds varian warna White (putih). 

Earphone TWS Beats Studio Buds sebenarnya sudah dirilis sejak Juni 2021 di pasar Amerika Serikat. Salah satu nilai jual Studio Buds adalah kompatibilitas yang lebih luas untuk perangkat di luar ekosistem produk Apple. 

Baca juga : Lebih Content Friendly, Berikut Fitur Baru iOS 16

Jika sebelumnya Earphone TWS ini hanya support lightning untuk mengisi daya, namun pada Earphone TWS Beats Studio Buds sudah dilengkapi konektor USB yang ramah untuk pengguna Android.

Selain itu, Studio Buds turut didampingi aplikasi Beats yang bisa diunduh oleh pengguna Android dari Google Play Store.

Pengguna Android pun bisa melihat informasi soal sisa baterai pada Studio Buds dan casing pengisi dayanya, di samping menambahkan kendali tambahan seperti memanggil Google Assistant. 

Sebenarnya, lini earphone AirPods juga bisa digunakan pada ponsel Android. Namun, bila AirPods digunakan di luar produk ekosistem Apple (iPhone, Mac, iPad), menurut laman Support Apple, fitur pada AirPods mungkin akan dibatasi.

Baca juga : iPhone 14 Pro Tampil Beda dengan Poni Baru

Untuk spesifikasinya, TWS ini yang memiliki bobot 58 gram ini telah dibekali dengan fitur peredam bising aktif (Active Noise Cancelling).  Studio Buds juga sudah mengantongi sertifikat IPX4 untuk ketahan terhadap air dan keringat. 

Apple mengklaim Studio Buds ini dapat menemani pengguna hingga 8 jam, bila menggunakan fitur transparansi alias fitur ANC tidak aktif. Pengguna juga akan mendapatkan tambahan daya hingga 16 jam, berkat casing pengisi daya Studio Buds. Jadi totalnya, earphone wireless ini dapat menemani pengguna hingga 24 jam, atau 15 jam jika ANC aktif. 

Fitur lain yang dibawa oleh Studio Buds ini termasuk tiga ukuran eartip silikon bawaan dalam setiap pembelian aksesori.

Dari segi harga, di laman resmi Apple AS, earphone TWS Studio Buds dibanderol seharga 149,9 dollar AS atau setara dengan Rp 2,1 juta, sedikit lebih murah dari AirPods generasi kedua yang dijual seharga 159 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 juta.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

GoTo Umumkan PHK 1300 Karyawan

Perusahaan menegaskan bahwa karyawan yang terdampak akan memperoleh kompensasi sesuai dengan peraturan

Jumat, 18 November 2022 | 16:55 WIB