LogoDIGINATION LOGO

Tesla Bangun Robot “Optimus”, Bisa Kirim Barang

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 4 Oktober 2022 | 19:04 WIB
Share
Share

Tesla produsen mobil listrik, memamerkan robot humanoid yang dinamakan “Optimus”. Robot mirip manusia ini baru saja dipamerkan dalam ajang Tesla AI Day 2022 yang digelar akhir September 2022.

Sebelumnya Tesla sudah memamerkan robot humanoid pada ajang Tesla AI Day 2021 lalu,Tesla memamerkan sebuah konsep robot mirip manusia (humanoid) yang bisa melakukan berbagai hal. Pada tahun ini akhirnya Elon Musk mampu memarkan robot humanoid yang lebih spektakuler.

Tak hanya mengumumkan robot Optimus, Elon Musk juga turut memamerkan desain dan kemampuan robot tersebut di atas panggung Tesla AI Day 2022. 

Baca juga : Elon Musk Ciptakan Robot Humanoid untuk Bantu Pekerjaan Manusia, Aman kah?

Dalam sesi demonstrasi, bisa dilihat bahwa robot Optimus bisa berjalan dengan bebas di atas panggung tanpa disambung dengan kabel. Selain itu, robot Optimus juga bisa menggerakkan semua jarinya dengan bebas, serta melambaikan tangannya kepada para tamu yang hadir.

"Tahun lalu kami menunjukkan orang berkostum yang memperagakan kemampuan robot kami. Namun kini kami akan menunjukkan sesuatu (robot betulan) yang tentunya bakal lebih mumpuni," ujar CEO Tesla, Elon Musk, dikutip KompasTekno dari Mashable, Selasa (4/10/2022).

Dalam sebuah video yang ditayangkan dalam acara, robot Optimus juga terlihat bisa melakukan beragam hal yang biasa dilakukan manusia sehari-hari. Di antaranya seperti mengantarkan paket, menyiram tanaman, membongkar suatu barang, dan lain sebagainya.

Tidak disebutkan kapan robot Optimus bakal dirilis ke publik. Yang jelas, dalam beberapa tahun ke depan, robot ini akan terus dikembangkan hingga nantinya bisa menjadi "teman" manusia dan melakukan berbagai hal dengan mulus. 

Baca juga : Alibaba Prediksi 10 Tren Teknologi Terdepan

Ketika sudah sempurna, robot ini, menurut Musk, lantas bakal diproduksi secara massal dan bakal dibanderol dengan harga puluhan ribu dolar AS. 

"Kami merancang Optimus supaya bisa diproduksi dalam jutaan unit. Prediksi saya, robot ini mungkin bakal dibanderol sekitar 20.000 dolar AS (sekitar Rp 305 juta)," pungkas Musk. Penasaran bagaimana aksi robot Optimus di atas panggung Tesla AI Day 2022? Anda bisa menyimak tayangan ulang ajang tahunan Tesla itu dalam video di tautan berikut ini.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

GoTo Umumkan PHK 1300 Karyawan

Perusahaan menegaskan bahwa karyawan yang terdampak akan memperoleh kompensasi sesuai dengan peraturan

Jumat, 18 November 2022 | 16:55 WIB