LogoDIGINATION LOGO

Siap-siap Whatsapp Tidak Bisa di Buka di Ponsel Versi Ini!

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 7 September 2022 | 19:11 WIB
Share
Share

 

Bagi pengguna IOS dan Android lawas siap-siap tidak bisa membuka whatsapp di ponsel kalian. Lewat situs resminya, pihak WhatsApp mengumumkan bahwa aplikasi WhatsApp hanya akan bisa digunakan di iPhone berbasis iOS 12 dan sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean) terhitung mulai 24 Oktober mendatang. 

Artinya, WhatsApp tidak bisa lagi digunakan oleh pengguna yang masih menggunakan iPhone dengan sistem operasi iOS 10 dan iOS 11. Sementara, smartphone Android yang menjalankan OS Android 4.0.4 (Android Ice Cream Sandwich) atau versi lebih lama tidak bisa lagi mengakses WhatsApp mulai bulan depan. 

Baca juga : Ini Keunggulan Chip Apple M2 di Macbook Terbaru!

Bagi pengguna Iphone, saat ini ada segelintir iPhone yang masih mengandalkan kedua versi iOS lawas. Seperti iPhone 5 (2012), iPhone 5S (2013), iPhone 5C (2013), iPhone 6 (2014), dan iPhone 6S (2015).

Tidak bisa digunakan di iPhone 5 dan iPhone 5C Untuk bisa tetap menggunakan WhatsApp di iPhone, pengguna iPhone lawas keluaran 2012-2015 tadi wajib melakukan upgrade software ke iOS 12. 

Masalahnya, tidak semua model iPhone bisa melakukan upgrade lantaran perangkat sudah tidak mendukung. Dari kelima perangkat iPhone lawas tadi, hanya iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S saja yang masih bisa melakukan upgrade ke iOS 12 atau yang lebih baru. Sedangkan, iPhone 5 dan iPhone 5C tidak bisa lagi melakukan upgrade software ke versi yang lebih baru. 

Sementara untuk pengguna Android, wajib melakukan upgrade ke Android 4.1 atau versi yang lebih baru untuk tetap bisa menggunakan WhatsApp seperti biasanya. Sementara, smartphone Android yang menjalankan OS Android 4.0.4 (Android Ice Cream Sandwich) atau versi lebih lama tidak bisa lagi mengakses WhatsApp mulai bulan depan. 

Mendukung pembaruan ini, WhatsApp biasanya akan menghimbau untuk mengganti perangkat yang lebih baru. Mengingat WhatsApp biasa memberi pembaharuan bagi pengguna mereka untuk rutin menggelontorkan fitur-fitur baru yang kompatibel dengan versi sistem operasi lebih baru.

Baca juga : Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 Sudah Bisa di Pesan di Samsung Indonesia

Namun tidak ada salahnya untuk mengecek sistem operasi iOS dan Android secara mandiri, berikut caranya :

Mengecek dan upgrade iOS 

Cara cek versi iOS, pengguna iPhone dapat terlebih dahulu mengecek versi iOS yang digunakan. Cara cek versi iOS di iPhone adalah melalui menu "setting/pengaturan" > "general/umum". Informasi versi sistem operasi biasanya ada di bagian bawah.

Mengecek dan mengupgrade Android

Buka menu pengaturan. Gulir layar ke bawah, klik menu "tentang ponsel/about phone". Klik "informasi perangkat lunak/software information". Nantinya akan muncul informasi versi Android, sekaligus UI yang sedang digunakan.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE